Tips Biaya Nikah Sederhana 10 Juta dengan Konsep Minimalis

0
108
Nikah Sederhana
Nikah Sederhana

Menikah dengan pasangan tercinta merupakan impian setiap orang. Namun terkadang ada beberapa hal yang menghambat untuk bisa menghalalkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Ketidaksiapan budget untuk persiapan menikah menjadi salah satu faktor penghambatnya. Padahal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dengan biaya nikah sederhana 10 juta agar hubungan dapat segera sah.

Inilah Beberapa Tips Biaya Nikah Sederhana 10 Juta

Tidak ada pasangan yang tidak menginginkan hubungannya segera sah di mata hukum dan agama. Bahkan, hanya dengan budget 10 juta, Anda pun bisa mewujudkan impian untuk menikah dengan pasangan. Tidak perlu mewah, konsep minimalis dan sederhana pun bisa dipilih dengan menerapkan tips-tips berikut.

Make up

Ketika menikah, semua wanita ingin terlihat cantik dan mempesona. Dengan budget yang tidak begitu banyak, Anda bisa meminta tolong bantuan teman yang jago make up atau merias wajah sendiri dengan bermodalkan menonton video tutorial rias wajah di youtube. Anda bisa meminjam peralatan make up ke teman atau saudara jika merasa alat make up kurang lengkap.

Undangan pernikahan

Di era modern seperti ini, undangan pernikahan pun bisa menggunakan undangan online. Tentunya undangan online akan lebih menghemat biaya daripada harus membuat undangan cetak. Bahkan, kini banyak sekali jasa pembuatan undangan online yang kreatif. Anda bisa request untuk dibuatkan undangan dengan warna, tema, tulisan, dan lain-lain sesuai keinginan.

Souvenir

Jika Anda ahli dalam membuat kerajinan tangan seperti gantungan kunci, tas koin rajut, atau pernak-pernik lainnya, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian sendiri untuk membuat souvenir. Anda bisa meminta bantuan saudara atau tetangga untuk turut membantu Anda dalam pembuatan souvenir ini. Selain menekan budget, hasil karya Anda pun akan diapresiasi.

Pakaian pengantin

Dengan biaya nikah sederhana 10 juta, Anda tidak perlu menyewa baju pengantin yang glamour dan mewah. Jika ibu Anda masih menyimpan baju pengantin yang beliau kenakan saat menikah dahulu dan masih bagus, Anda bisa memakainya. Atau Anda bisa melakukan sedikit permak pada dress yang Anda miliki di rumah agar terlihat lebih mempesona di hari H.

Untuk pengantin laki-laki, Anda bisa menggunakan kemeja putih yang Anda miliki di rumah dan dipadupadankan dengan jas hitam serta sepatu pantofel yang biasa Anda gunakan ketika bekerja. Agar terlihat mengkilap, Anda bisa oleskan shoe polish berbagai merk. Untuk dasi pun juga bisa menggunakan dasi yang ada di rumah atau meminjam saudara, ayah, atau tetangga.

Dokumentasi

Apabila Anda mempunyai teman atau saudara yang jago memotret dan memiliki kamera bagus, Anda bisa gunakan kesempatan tersebut untuk meminta bantuannya melakukan dokumentasi di hari pernikahan Anda. Untuk biayanya, Anda bisa nego supaya mendapatkan harga miring. Jika ingin memajang hasil fotonya, Anda bisa mencetaknya sendiri belakangan.

Hidangan untuk tamu

Supaya lebih menghemat budget, Anda bisa menyuguhkan hidangan untuk para tamu dengan masak sendiri dibantu oleh saudara maupun tetangga. Untuk minumannya, Anda bisa menyuguhkan teh hangat dan air putih. Selain itu, Anda bisa meminta remaja karang taruna di RT/RW Anda untuk membantu mengantarkan makanan dan minuman kepada para tamu.

Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan jika ingin menikah dengan budget yang tidak terlalu banyak. Dengan biaya nikah sederhana 10 juta pun Anda bisa mewujudkan impian untuk menikah bersama pasangan tercinta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini