Tingkatkan Kesuburan! Cobalah 8 Makanan Untuk Cepat Hamil Berikut Ini!

0
128
Tingkatkan Kesuburan! Cobalah 8 Makanan Untuk Cepat Hamil Berikut Ini!
Tingkatkan Kesuburan! Cobalah 8 Makanan Untuk Cepat Hamil Berikut Ini!

Hubungan antara tingkat kesuburan seseorang dan pola makan tertentu masih menjadi topik hangat hingga saat ini. Dimulai dari mitos hingga ilmu kedokteran, seringkali orang akan meningkatkan makanan tertentu agar keinginan untuk cepat hamil bisa tercapai.

Meskipun tidak adanya makanan yang secara khusus mampu meningkatkan peluang anda untuk dapat hamil, pola makan tinggi nutrisi dan seimbang bisa membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi baik bagi pria maupun wanita.

Tetapi perlu diingat bahwa terdapat beberapa masalah kesehatan yang memang menjadi penyebab anda kehilangan peluang untuk bisa hamil. Misalnya, ketika saluran tuba anda tertutup sehingga menyebabkan sperma tidak mampu mencapai sel telur, maka kondisi ini tidak bisa diatasi dengan perubahan pola makan saja.

Berbeda dengan anda yang tengah sehat atau tidak memiliki masalah kondisi tertentu yang berhubungan dengan sistem reproduksi, maka peluang anda hamil tentunya bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang telah kami susun di bawah ini secara lengkap.

Kwaci

Biji bunga matahari atau kwaci yang dipanggang tanpa garam sangatlah kaya akan vitamin E, yaitu sejenis nutrisi penting yang telah terbukti mampu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma pada beberapa orang. Selain itu, terdapat pula mineral selenium dan folat yang penting bagi kesuburan pria dan wanita.

Menurut seorang kepala penasihat medis untuk suplemen MegaFood bernama Dr. Tierraona Low Dog mengatakan bahwa mendapatkan asupan folat sebelum konsepsi telah dikaitkan dengan peluang yang lebih besar agar mendapatkan kehamilan, sekaligus menjaga proses kehamilan itu sendiri dengan cara mengurangi resiko cacat tabung saraf pada bayi.

Cacat tabung saraf tersebut merupakan suatu kondisi yang harus anda hindari dengan cara mendapatkan asupan 400 mikogram asam folat setiap harinya. Penyakit ini akan membuat bayi terlahir dengan cacat yang begitu parah dan mempengaruhi otak serta tulang belakang mereka.

Keju Tua atau Matang

Keju tua atau matang seperti cheddar, parmesan, dan manchego dapat meningkatkan kesehatan sperma seorang pria. Hal ini karena keju ini mengandung poliamina dengan kadar tinggi.

Poliamina tersebut memanglah sudah tercipta dalam tubuh manusia secara alami, tetapi alangkah baiknya anda meningkatkan asupannya melalui makanan jika ingin memiliki tingkat kesuburan yang lebih besar. Protein poliamina sendiri merupakan pengatur sel dan ekspresi gen, yang mana keduanya terlibat dalam mitsosis dan meiosis.

Sebuah penelitin sendiri telah menemukan bahwa dua jenis kandungan dalam keju tua bernama putresin dan poliamina memainkan peran penting terhadap sistem reproduksi seseorang. Poliamina akan mendukung kesehatan sperma, sementara putresin meningkatkan kesehatan telur terutama pada wanita berusia 35 tahun ke atas.

Susu Tinggi Lemak

Produk susu berlemak tinggi juga merupakan pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kesuburan dan kemungkinan hamil, selama anda tidak intoleransi terhadap laktosa.

Jika anda mampu mengonsumsinya secara teratur, maka produk susu siap memberikan anda sejumlah lemak jenuh yang sangat bermanfaat bagi kesuburan anda. Beberapa jenis nutrisi lainnya juga turut hadir termasuk vitamin A, E, D, K, dan K2.

Dengan mendapatkan asupan produk susu tinggi lemak seperti mentega, es krim, keju, atau susu cair itu sendiri setidaknya sebanyak sehari sekali, maka akan mengurangi resiko kemandulan hingga 25%.

Jeroan Hati

Selain perannya sebagai sumber utama vitamin A alami, jeroan hati juga mengandung sejumlah zat besi yang sangat mudah diserap oleh tubuh, sehingga membantu mencegah keguguran dan anemia ibu. Vitamin B12 yang dimilikinya juga diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan DNA yang sehat.

Zat besi sangatlah penting untuk persiapan anda sebelum hamil agar terhindar dari anemia defisiensi besi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di European Journal of Endocrinology yang dikutip oleh MedicalNewsToday menyebutkan bahwa penyait ini sudah menempatkan sepertiga wanita hamil pada resiko komplikasi, seperti keguguran atau kelahiran prematur.

Sejumlah nutrisi penting lainnya yang sangat penting bagi kemungkinan anda hamil diantaranya kolin, asam lemak omega-3, dan folat. Ketiga nutrisi ini tentunya hadir dalam jeroan hati dengan kadar yang lumayan tinggi, sehingga menjadikannya salah satu jenis makanan yang berguna untuk meningkatkan kesuburan.

Asparagus

Meskipun memiliki badan yang ramping, tetapi kandungan nutrisinya tidak boleh anda sepelekan, karena nilai gizi asparagus juga bisa meningkatkan kemungkinan anda hamil. Dalam satu gelas porsi saja anda sudah bisa mendapatkan asupan harian vitamin K secara penuh, 60% folat, dan 20% gabungan nutrisi termasuk vitamin A, vitamin C, dan vitamin B.

Bahkan setelah anda berhasil hamil, vitamin K dapat mencegah pendarahan serius karena peran utamanya untuk membekukan darah. Bayi yang tidak mampu mendapatkan asupan vitamin K secara cukup saat kehamilan berlangsung cenderung lebih beresiko terkena sebuah kelainan langka yang disebut dengan “pendarahan defisiensi vitamin K (VKDB)”.

VKDB sendiri merupakan kondisi dimana bayi tidak mampu menghentikan pendarahan karena tidak memiliki kadar vitamin K yang cukup dalam darahnya untuk mendukung penggumpalan. Pendarahan tersebut bisa terjadi di mana saja di dalam atau di luar tubuh dan sangatlah membahayakan.

Kerang

Kabar gembira bagi para pecinta makanan laut, kerang juga termasuk ke dalam daftar makanan yang harus anda dapatkan jika ingin segera hamil. Makanan laut ini dikemas dengan nutrisi peningkat kesuburan bersama dengan 139 kalori di dalamnya.

Adapun vitamin penting yang anda dapatkan dari kerang itu sendiri diantaranya:

  • 408% vitamin B12
  • 188% zinc
  • 187% selenium
  • 43% zat besi

Ditambah lagi, kerang telah dikenal sebagai kudapan yang mampu meningkatkan libido anda, bersama zinc yang berperan penting terhadap produksi telur berkualitas baik dan mempercepat datangnya kehamilan.

Nanas

Ada banyak alasan kenapa anda harus menikmati buah nanas yang menyegarkan jika ingin segera mendapatkan kehamilan. Pertama-tama, nanas adalah sumber vitamin C yang sangat baik, sementara kekurangan vitamin C telah terkait dengan sindrom ovarium polikistik yang dapat menyebabkan kemandulan secara nyata.

Nutrisi lainnya yang bisa anda dapatkan adalah bromelain, yaitu enzim natural yang telah terbukti memiliki efek anti radang dan antikoagulasi (pengencer darah). Bromelain akan mendorong sistem kekebalan agar tubuh terhindar dari peradangan.

Kondisi ini tentunya sangatlah menguntungkan, karena peradangan cenderung dapat mendorong tubuh untuk menekan ovulasi sehingga menyulitkan anda untuk bisa hamil.

Dalam jangka panjang, tubuh pun beresiko terkena resistensi insulin yang bisa membuat anda terkena berbagai macam kondisi kesehatan kronis terkait kemandulan termasuk endometriosis, PCOS, kegagalan implantasi, dan keguguran berulang.

Kayu Manis

Kayu manis bisa tersedia dalam bentuk rempah utuh maupun suplemen. Jika anda ingin mengonsumsinya secara teratur dan lebih mudah saat ditelan, asupan melalui suplemen tentunya lebih disarankan.

Dengan melakukan kebiasaan tersebut, maka dapat membantu mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur, terutama bagi wanita yang menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS), yang merupakan penyebab umum munculnya kemandulan pada wanita.

Dalam sebuah penelitian kecil sendiri telah melaporkan bahwa wanita penderita PCOS cenderung mampu memiliki siklus menstruasi yang teratur setelah mengonsumsi suplemen kayu manis setiap hari. Sementara siklus menstruasi yang tepat bisa meningkatkan kemungkinan anda untuk segera hamil secara sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini