Tinggi Akan Antioksidan, Berikut 8 Manfaat Makan Daun Kemangi Bagi Kesehatan

0
102
Tinggi Akan Antioksidan, Berikut 8 Manfaat Makan Daun Kemangi Bagi Kesehatan
Tinggi Akan Antioksidan, Berikut 8 Manfaat Makan Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Sebagai salah satu jenis ramuan herbal tertua yang diketahui oleh umat manusia, daun kemangi telah digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam kondisi kesehatan sekaligus memiliki khasiat menyehatkan jika dikonsumsi dari waktu ke waktu.

Kelebihannya adalah cenderung lebih mudah untuk dikonsumsi, bahkan seringkali dijadikan sebagai lalapan. Pola makan seperti ini tentunya bisa mendukung tubuh anda menjadi lebih sehat lagi.

Aroma dan rasa dari daun kemangi sendiri sangatlah bervariasi, tergantung dari konsentrasi dari masing-masing minyak atsiri yang dimilikinya. Dikarenakan kandungannya tersebut pulalah, anda pun bisa menemukan tanaman herbal ini dalam bentuk minyak.

Tetapi apapun jenisnya, daun herbal kemangi tersebut tetap menjadi salah satu bahan obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam kondisi kesehatan seperti yang sudah kami paparkan di bawah ini secara lengkap.

  1. Baik Untuk Pencernaan

Saat masuk ke dalam perut anda, pertama kali yang mendapatkan efek positif dari daun kemangi tentunya saluran pencernaan anda. Kandungan eugenol dalam daun ini memiliki sifat anti radang yang dapat mendukung kesehatan saluran perut anda.

Secara khusus, kemangi tersebut akan membantu mengembalikan tingkat pH tubuh sembari menyeimbangkan jumlah asam di saat yang bersamaan.

Ditambah lagi, tanaman herbal ini bisa menstimulasi perut anda dengan cara memproduksi lebih banyak lendir sehingga memberikan pengobatan terhadap kondisi heartburn dan mual, yang mana seringkali disebabkan oleh tingkat keasaman tinggi di perut. Cobalah mengunyah 2 hingga 3 lembar daun kemangi untuk mengurangi asam lambung anda.

  1. Mengatasi Peradangan

Minyak esensial dalam daun kemangi seperti eugenol, linalool, dan citronellol mampu melawan peradangan yang tengah terjadi di dalam tubuh anda. Efek anti radang yang dimilikinya tersebut tentunya bisa mengurangi berbagai macam jenis penyakit terkait inflamasi seperti arthritis, penyakit jantung, dan saluran pencernaan.

Sebut saja eugenol yang memiliki efek anti-radang pada cedera paru akut yang diinduksi lipopolisakarida (LPS). Perawatan awal dengan eugenol terlihat mampu menghambat respon inflamasi sekaligus merekrut leukosit ke dalam jaringan paru-paru dengan cara menurunkan regulasi ekspresi sitokin proinflamasi (IL-6 dan TNF-α) serta pensinyalan NF-kB.

Linalool juga merupakan senyawa alami dari minyak atsiri pada beberapa spesies tumbuhan aromatik. Ia dikemas dengan anti radang, antinociceptive, dan sifat bioaktif lainnya yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

  1. Membersihkan Radikal Bebas

Menurut sebuah buku berjudul “Healing Foods” menjelaskan bahwa daun kemangi juga mengandung efek antioksidan alami yang dapat membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bagi anda yang belum tahu, radikal bebas merupakan atom yang tidak stabil dan bisa menjadi akar dari berbagai macam masalah dan penyakit mematikan. Agar bisa kembali stabil, mereka harus mengambil eletron dari atom lain dan membentuk rantai.

Rantai radikal bebas inilah yang menjadi penyebab stres oksidasi pada tubuh dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada sel-sel anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus menambah asupan antioksidan yang salah satunya bisa didapatkan dari ramuan herbal yang satu ini.

Kemangi sendiri mengandung dua jenis flavonoid penting yang larut dalam air, yang dikenal dengan orientin dan viceninare. Kedua jenis antioksidan ini dapat memperkuat sistem kekebalan, melindungi strukstur sel, DNA, dan menunda efek penuaan kulit.

  1. Menyehatkan Kulit

Sebagai tumbuhan yang mengandung sifat anti-bakteri dan anti-radang, kemangi tentunya bisa membantu mencegah jerawat.

Tumbuhan herbal ini termasuk ke dalam pembersih pori-pori alami yang sangat baik dikarenakan kandungan minyak alami yang dimilikinya, sehingga mampu menghilangkan minyak dan kotoran berlebih di kulit. Rasa nyeri dan kulit bengkak yang disebabkan oleh jerawat pun bisa diatasi dengan mudah.

Ketika digabungkan dengan minyak pembawa (seperti minyak jojoba, almond manis, atau alpukat), maka campuran minyak esensial tersebut bisa langsung dioleskan ke kulit atau ditambahkan ke bak mandi anda.

Minyak esensial ini juga bisa anda hirup setelah diteteskan ke kain atau tisu untuk digunakan sebagai aromateri.

  1. Melawan Depresi

Menurut Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyebutkan bahwa daun kemangi juga memiliki sifat antidepresan dan anti kecemasan yang sebanding dengan obat diazepam dan jenis obat depresi lainnya.

Tanaman herbal ini dipercaya dapat merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang bertanggung jawab untuk mendorong kebahagiaan dan energi, sekaligus menjadi adaptogen yang ampuh dalam melawan stres. Sifat anti radang yang dimilikinya juga berguna dalam mengelola stres yang mungkin tengah anda alami saat ini.

Depresi sendiri bukanlah sesuatu hal yang harus anda abaikan begitu saja, karena akan mengefek pada kehidupan sehari-hari. Pada banyak kasus bahkan memperlihatkan bahwa depresi telah menjadi penyebab seseorang mengambil tindakan bunuh diri.

  1. Mengelola Diabetes

Jika saat ini anda sudah mengidap pradiabetes atau bahkan diabetes tipe-2, maka semua bagian tumbuhan kemangi dapat membantu menurunkan kadar gula berlebih di dalam peradaran darah anda.

Penelitian pada hewan dan manusia menjelaskan bahwa tanaman ini membantu mengelola diabetes anda dengan mencegah gejalanya, termasuk penambahan berat badan, hiperinsulinemia, kolesterol tinggi, resistensi insulin, dan hipertensi.

Selain boleh dikonsumsi secara langsung, anda pun bisa menambahkan beberapa lembar daun ke dalam air mendidih. Setelah sekitar dua atau tiga menit, saring airnya dan minum satu gelas setiap hari.

  1. Meningkatkan Fungsi Hati

Selain dimakan langsung atau dibuat teh, daun kemangi juga bisa anda temukan dalam bentuk ekstrak dan suplemen. Bentuk ini bahkan sudah dijadikan sebagai bahan utama penelitian dan mempelajari efeknya terhadap hati seseorang.

Hasil penelitian tersebut pun menegaskan bahwa ekstrak daun kemangi mampu berperan sebagai pelindung dari efek antioksidannya. Selain itu, hasil yang diperoleh mengklarifikasi bahwa ektrak herbal ini termasuk ke dalam terapi alami pelindung potensial terhadap fibrosis hati yang disebabkan oleh paparan thioacetamide.

Tetapi hati-hati mengonsumsinya terlalu berlebihan, karena daun ini masih memiliki efek samping terhadap organ hati anda tersebut. Terdapat minyak yang disebut sebagai estragole di dalamnya yang sekaligus menjadi senyawa dalam meningkatkan resiko seseorang terkena kanker hati.

Bahkan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa orang yang tengah menjalani pengobatan menggunakan acetaminofen (pereda nyeri) memiliki resiko terkena kerusakan hati jika dibarengi dengan asupan daun kemangi dalam bentuk apapun.

Maka dari itulah, hindari asupannya terlalu berlebihan dan pastikan berbicara terlebih dahulu dengan dokter jika anda tengah menjalani pengobatan tertentu.

  1. Meningkatkan Kesehatan Flora Usus

Selain mampu mengembalikan tingkat pH tubuh dan mengurangi asam lambung, daun kemangi pun turut serta dalam memberi makan bakteri sehat di dalam mikroflora usus anda. Semakin sehat bakteri baik tersebut, maka semakin meningkat pula sistem kekebalan tubuh anda.

Bakteri baik dalam usus kita sangatlah memainkan peran penting terhadap berbagai macam penyakit yang datang, terutama jika gangguan kesehatan tersebut disebabkan karena adanya infeksi patogen luar seperti jamur, virus, dan bakteri.

Secara sederhananya, jika tubuh anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi, maka infeksi apapun bisa dihalau dengan mudah. Maka dari itulah muncul istilah “mengobati segala macam penyakit”.

Jadi sebenarnya, tubuh kita pun sudah memiliki obat alami atau pasukan elit yang siap menjaga tubuh dari berbagai macam masalah kesehatan. Tinggal kitanya yang harus menjaganya agar tetap kuat melalui pola makan dan gaya hidup sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini