Tanda-tanda Seorang Ibu Akan Melahirkan Anak Kedua

0
89
Tanda Tanda Seorang Ibu Akan Melahirkan Anak Kedua
Tanda Tanda Seorang Ibu Akan Melahirkan Anak Kedua

Melahirkan seorang anak sudah menjadi impian bagi seorang Ibu. Tidak heran setelahnya berhasil melahirkan anak pertama, kembali melanjutkan program hamil untuk anak kedua. Meski keduanya sama-sama berjuang mengeluarkan sang bayi saat persalinan, siapa sangka tandanya akan berbeda. Berikut sedikit tanda-tanda akan melahirkan anak kedua. 

Tanda Kelahiran Anak Kedua yang Jauh Berbeda Dengan Kelahiran Anak Pertama

1Menjelang Waktu Persalinan, Kontraksi Akan Lebih Teratur

Jika saat mengandung anak pertama, konstraksi yang dialami Ibu hamil akan sangat spontan, serta kadang terjadi secara tiba-tiba. Hal ini tidak jarang membuat Ibu hamil sedikit shock karena rasa pertama kali yang mereka alami sangat mendadak, mengingat itu merupakan kehamilan pertama. Namun, di kehamilan kedua konstraksi akan berbeda.

Berkat kehamilan pertama, biasanya Ibu sudah sangat paham mengenai hal tersebut. Rasa kontraksi tetap ada, namun waktunya akan jauh lebih teratur setiap beberapa detik.

2Serviks Ibu Hamil Menjadi Lebih Lebar

Biasanya saat hendak melahirkan anak kedua, waktu persalinan bisa lebih mudah. Hal ini dikarenakan jalan lahir akan menjadi lebih lebar berkat meregangnya otot rahim di persalinan anak pertama. Hal ini menyebabkan otot perut dan otot rahim akan jauh lebih rileks ketika hendak melahirkan anak nomor dua, setelah yang pertama.

Dengan peregangan kedua otot tersebut, Ibu tidak perlu mendorong bayi terlalu keras. Waktu persalinan pun juga akan sedikit menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan melahirkan anak pertama.

3Kondisi Perut Sedikit Turun

Tanda-tanda melahirkan anak kedua selanjutnya adalah posisi perut yang akan lebih turun sedikit. Menjelang persalinan dan saat bayi sudah memasuki panggul, perut akan menjadi turun. Ini akan meredakan tekanan yang dirasakan Ibu hamil. Bahkan bisa jadi semua rasa tidak nyaman di kehamilan anak pertama, akan jauh lebih mereda.

Ini juga menimbulkan rasa jauh lebih mudah saat bernapas. Tidak akan terlalu memberi tekanan saat mengandung buah hati yang pertama. Untuk efek yang dirasakan dari penurunan perut ini tidak jauh berbeda, yakni sang Ibu bisa saja menjadi lebih sering buang air kecil, sedikit sakit punggung, atau nyeri panggul di waktu tertentu.

4Sumbat Lendir Luruh Lebih Cepat

Sumbat lendir merupakan sebuah lendir yang akan luruh dari rahim menjelang waktu persalinan. Fungsinya sendiri untuk melindungi janin, serta menghalangi bakteri yang kemungkinan bisa masuk ke dalam rahim. Umumnya sumbat lendir atau yang biasa disebut dengan mucus plug ini berwarna bening, serta sedikit ada darah.

Karena kerja otot rahim yang sudah menurun akibat melahirkan anak pertama, lendir pelindung ini akan luruh lebih cepat, bahkan sebelum persalinan dimulai. Hal ini juga akan bersamaan dengan penipisan rahim, serta pelebaran yang cepat. Itulah yang menjadi pengaruh otot rahim mengalami kinerja yang menurun saat persalinan anak kedua.

 

5Waktu Persalinan Memakan Waktu Singkat

Karena tubuh seorang Ibu hamil di kehamilan kedua tidak setegang saat kehamilan pertama, tentu memberi efek tubuh sudah jauh lebih terlatih dan paham pada apa yang harus dilakukan. Dengan kesiagaan tersebut, biasanya persalinan anak kedua akan memakan waktu yang jauh lebih singkat jika dibanding dengan kelahiran anak pertama.

Tanda-tanda melahirkan anak kedua di atas dapat dijadikan referensi para Ibu yang sedang mengandung buah hati nomor dua. Proses persalinan akan jauh lebih santai dan rileks jika dibandingkan dengan persalinan anak pertama. Dijamin Ibu akan lebih siap dan baik-baik saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini