Tahu Lebih Banyak Tentang Apa Itu Beauty Advisor

0
260
Beauty Advisor
Beauty Advisor

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah beauty blogger maupun beauty advisor. Lalu, sebenarnya apa itu beauty advisor? Perlu diketahui bahwa beauty advisor adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mengenai kecantikan. Entah itu tentang sebuah produk, kebutuhan kulit, hingga cara memilih shade yang tepat untuk warna kulit Anda. Beauty advisor atau juga biasa disebut beauty assistan sangat dibutuhkan oleh setiap brand kosmetik untuk mencapai target pemasaran.

Apa Itu Beauty Advisor dan Tugasnya

Beauty advisor adalah orang yang memberikan pengetahuan mengenai manfaat sebuah produk tertentu kepada customer. Karena profesi ini begitu penting tidak heran banyak pelamar yang ingin berada di posisi tersebut. Berbicara mengenai kosmetik, tidak heran sebagian besar BA adalah seorang wanita.

Tugas beauty advisor tidak hanya mengenalkan produk ke customer, tapi juga menggaet pelanggan agar target penjualan terpenuhi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu beauty advisor, berikut beberapa tugas yang diemban:

Melayani pelanggan

Tugas utama dari seorang beauty advisor adalah melayani pelanggan atau yang biasa disebut dengan customer. Inilah yang menjadi inti dari seorang BA. Ia bertugas untuk mengetahui apa keluhan yang dialami oleh customer. Berikutnya membantu mereka memilih produk yang tepat.

Untuk itu seorang beauty advisor haruslah tahu menahu mengenai produk yang sedang dipasarkan. Mulai dari bahan, fungsi hingga efek samping yang akan didapatkan oleh pengguna. Produk yang dimaksud tentunya berkenaan dengan sebuah brand tertentu.

Melakukan promosi

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama. Pekerjaan menjadi beauty advisor tidak hanya melayani pelanggan. Tidak pula hanya menjadi konsultan dadakan. Tugas beauty advisor juga berkenaan dengan promosi sebuah produk. Yang terpenting adalah bagaimana produk tersebut dapat terjual.

Sehingga beauty advisor akan mendapatkan reward. Semakin banyak pelanggan semakin banyak pula reward yang akan didapatkan. Baik itu kenaikan gaji maupun posisi.

Skill komunikasi yang mumpuni

Berada di posisi paling terdepan dalam hal promosi, seorang beauty advisor haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Saat wawancara pekerjaan, HRD akan menilai berapa poin yang Anda dapatkan berkenaan dengan skill tersebut.

Edukasi yang diberikan kepada pelanggan juga harus menggunakan tatanan bahasa yang mudah dimengerti. Sehingga customer tidak akan kesulitan memilih produk sesuai dengan kebutuhan kulitnya. Selain itu, BA juga dituntut untuk berpenampilan menarik, sehingga citra perusahaan pun juga turut terkena imbasnya.

Product knowledge

Beauty advisor adalah garda terdepan untuk men-guide pelanggan. Untuk itu tugas beauty advisor adalah paham mengenai produk yang hendak dijualnya. Sehingga pembeli pun merasa terbantu setelah melakukan konsultasi singkat mengenai keluhannya.

Tugas ini haruslah dilakukan sebaik mungkin untuk meminimalisir komplain dari pembeli. Ketidaktepatan pemberian produk akan merugikan diri sendiri juga perusahaan. Dengan pemilihan produk yang tepat, boleh jadi customer tersebut akan menjadi pelanggan tetap dari produk Anda. Pelayanan yang memuaskan juga turut menjadi tugas penting dari BA.

Membuat laporan

Tidak hanya bekerja layaknya sales produk kecantikan, beauty advisor juga diharapkan untuk teliti. Di mana salah satunya adalah melaporkan produk mana saja yang sekiranya sudah tidak layak pakai. Entah itu sudah memasuki tanggal expired ataupun kemasan yang rusak.

Nah, itu tadi beberapa hal mengenai apa itu beauty advisor beserta tugas-tugasnya. BagiĀ  yang tertarik menjalani profesi tersebut, pastikan Anda memiliki pengetahuan tentang kecantikan juga kemampuan komunikasi yang baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini