Tahapan Cara Membuat Patung dari Plastisin Mulai dari Nol

0
104
Cara Membuat Patung Dari Plastisin
Cara Membuat Patung Dari Plastisin. Sumber: Brainly.co.id

Seiring dengan perkembangan jaman, produsen mainan plastisin membuat terobosan yaitu set mainan plastisin lengkap dengan cetakan. Jadi, tak perlu susah-susah  untuk membentuk sendiri berbagai bentuk dari plastisin. Tapi, membuat sesuatu dari plastisin dengan cetakan rasanya kurang memuaskan dibanding dengan membentuk sendiri. Berikut cara membuat patung dari plastisin mulai dari nol. Misalnya membuat patung manusia. 

Tahapan cara membuat patung manusia dari plastisin

Siapkan plastisin

Cara membuat patung dari plastisin yang pertama adalah tentunya menyiapkan plastisin. Plastisin tersedia dalam berbagai merk dan berbagai harga, mulai dari yang termurah hingga plastisin dengan merk tertentu dengan harga yang cukup tinggi. Tentunya kualitas plastisin yang murah dan mahal akan berbeda, terutama dari segi kelenturan.

Selain itu, platisin juga memiliki berbagai warna yang menarik yang bisa Anda pilih. Silakan tentukan warna apa saja yang akan Anda gunakan untuk membuat patung. Semakin berwarna-warni, hasil akhir patung akan semakin menarik dan cantik.

Cari referensi atau buat sketsa

Sebelum membuat patung, cari referensi foto atau gambar, bisa juga membuat sketsa sendiri untuk patung yang akan Anda buat.  Misalnya jika Anda ingin membuat patung manusia, cari foto referensi  masing-masing bagian tubuh, ekspresi, dan  pose manusia yang akan Anda tiru.

Lunakkan plastisin

Sebelum membentuk plastisin menjadi sebuah patung, ada baiknya untuk memijat-mijat plastisin selama beberapa detik. Hal ini bertujuan agar plastisin lebih lunak dan elastis sehingga lebih mudah di atur dan dibentuk.

Jika kebetulan Anda menggunakan plastisin bekas yang sudah agak kering, Anda bisa memberi sedikit air pada plastisin dan kemudian menguleninya atau memijat-mijatnya hingga plastisin terasa lembab dan lentur kembali.

Buat bagian-bagian tubuh

Menggunakan foto referensi atau gambar sketsa Anda, mulailah membentuk setiap bagian tubuh patung satu persatu. Anda juga bisa menggunakan bagian tubuh Anda sendiri untuk referensi model yang lebih nyata.

Anda bisa memulai dengan membuat bulatan-bulatan terlebih dahulu lalu mulai menekan-nekan dan memijat bulatan tersebut membentuk anggota badan yang diinginkan. Dengan memisah-misahkan plastisin menjadi bulatan-bulatan sesuai jumlah anggota badan, maka Anda dapat mengira-ngira seberapa banyak plastisin yang Anda butuhkan untuk membuat satu patung utuh.

Untuk memotong-motong plastisin agar lebih rapi, Anda bisa menggunakan bantuan pisau cutter, silet, atau penggaris.

Sempurnakan bagian-bagian tubuh

Memberikan detil pada patung plastisin Anda tentu akan membuatnya lebih sempurna. Jika semua anggota tubuh plastisin sudah lengkap, Anda bisa memberikan detil kepada plastisin tersebut dengan bantuan beberapa alat,misalnya tusuk gigi, garpu, benang, kawat, dll.

Misalnya untuk membuat helaian rambut, Anda bisa memberi efek garis-garis menggunakan tusuk gigi. Membuat cekungan mata dan telinga menggunakan ujung pulpen yang sudah habis tintanya. Anda bebas berkreasi menggunakan bahan di sekitar Anda.

Satukan bagian-bagian tubuh

Selanjutnya, langkah penting pada cara membuat patung dari plastisin yang harus dilakukan dengan hati-hati adalah menyatukan semua bagian-bagian tubuh. Pijat dengan lembut dan hati-hati saat menyatukan agar tidak merusak bentuk bagian tubuh yang Anda buat tadi.

Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan potongan-potongan tusuk gigi atau lidi untuk menghubungkan masing-masing bagian. Tapi pastikan tusuk gigi atau lidi tersebut tertanam di dalam plastisin agar tidak merusak keindahan patung.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara membuat patung dari plastisin mulai dari nol. Dengan ketelitian dan kesabaran, patung dari plastisin Anda pasti akan indah dan menarik untuk dipandang. Tidak perlu lagi menggunakan cetakan plastik dari pabrik jika Anda sudah mahir memainkan plastisin kan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini