Selain Gigi, Berikut 8 Manfaat Vitamin D Lainnya Untuk Kesehatan

0
98
Selain Gigi, Berikut 8 Manfaat Vitamin D Lainnya Untuk Kesehatan
8 Manfaat Vitamin D Lainnya Untuk Kesehatan

Vitamin D adalah sekelompok sekosteroid yang larut dalam lemak dan bertanggung jawab untuk meningkatkan penyerapan kalsium, magnesium, dan fosfat usus, sembari mendukung berbagai macam efek biologis tubuh lainnya. Pada tubuh manusia, senyawa yang paling penting dalam kelompok ini berjenis vitamin D3 dan vitamin D2.

Dikarenakan vitamin D juga bisa anda dapatkan melalui paparan sinar matahari, maka nutrisi ini pun memiliki nama kecil yang disebut “vitamin mentari”. Beberapa menit setelah kulit anda terkena sinar alami dari matahari tersebut, maka tubuh anda akan membakar kolesterol yang kemudian diubah menjadi vitamin D dan siap untuk digunakan.

Namun anda pun masih bisa mendapatkannya melalui asupan makanan, terutama kudapan yang telah diperkaya. Dengan mendapatkan asupan nutrisi ini secara cukup, maka tubuh anda pun akan mendapatkan sejumlah khasiat yang mungkin tidak anda sadari sama sekali.

Dimulai dari tulang hingga kanker, berikut adalah manfaat dari vitamin D yang harus anda penuhi kadarnya setiap hari.

  1. Menguatkan Tulang

Vitamin D sangatlah dikenal akan kemampuannya dalam membangun dan memperkuat tulang. Jackie Newgent, RDN, seorang ahli gizi kuliner dan penulis The Clean & Simple Diabetes Cookbook mengatakan bahwa vitamin D mampu meningkatkan penyerapan kalsium di usus seseorang, yang pada akhirnya memungkinkan memineralisasi tulang secara normal.

Vitamin D sangatlah memainkan peran penting dalam menjaga tulang-tulang anda agar tetap sehat, sekaligus membantu tubuh menyerap kalsium dan mendukung otot yang kuat agar tubuh anda tidak mudah terjatuh.

Anak-anak sangatlah membutuhkan asupan vitamin D yang cukup setiap harinya mengingat usia mereka yang masih dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan.

Begitupun dengan orang yang lebih tua agar terhindar dari osteoporosis. Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa asupan kalsium dan vitamin D secara bersama-sama mampu membangun tulang yang lebih kuat pada wanita setelah memasuki masa menopause. Penyakit tertentu seperti rakhitis juga mampu diatasi dengan baik.

  1. Menguatkan Otot

Seiring dengan kemampuannya dalam membangun tulang anda, vitamin D juga sangatlah berpengaruh terhadap penguatan otot-otot di tubuh. Menurut seorang ahli gizi klinis dari UNC Health bernama Lana Narsallah, MPH, RD, mengatakan bahwa kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan resiko otot menjadi lemah.

Sementara pada penelitian lainnya menunjukkan bahwa asupan suplemen vitamin D telah terbukti mampu meningkatkan kekuatan otot, terutama pada orang yang mengalami defisiensi vitamin mentari tersebut. Kadar serum vitamin D yang lebih tinggi pun tentunya dikaitkan dengan penurunan tingkat cedera sekaligus meningkatnya kinerja olahraga.

Berkat kemampuannya tersebut, maka nutrisi ini sangatlah dibutuhkan oleh para atlet yang berguna dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit setelah berolahraga. Protein otot, serat otot tipe 2, dan VO2 max juga cenderung meningkat.

VO2 max sendiri merupakan tingkat konsumsi oksigen maksimum yang diukur selama latihan tambahan berlangsung, atau latihan dengan intensitas yang ditingkatkan. Istilah ini berasal dari V untuk volume, O2 untuk oksigen, dan max untuk maksimum.

Vitamin D tersebut dan reseptornya sangatlah penting untuk perkembangan otot rangka yang normal sekaligus mengoptimalkan kekuatan dan kinerja otot anda. Jadi, ini merupakan bukti yang sangat kuat bahwa nutrisi ini sangatlah dibutuhkan oleh berbagai macam kalangan dan usia.

  1. Mendukung Sistem Imunitas

Dr. Nasrallah kemudian menambahkan bahwa vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang yang berguna dalam melawan bakteri dan virus. Perannya ini pun mampu mencegah infeksi covid-19 yang masih mewabah hingga artikel ini dibuat.

Vitamin D dapat memodulasi respon imun bawaan dan adaptif dengan cara memberikan efek langsung terhadap aktivasi sel T, fenotipe, dan fungsi sel penyaji antigen. Sementara kekurangan asupannya malah bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit autoimun serta kerentanan terhadap infeksi yang berbahaya.

Dengan meningkatkan kembali asupannya, maka anda pun bisa mengatasi penyakit autoimun yang mungkin tengah anda alami saat ini, sembari meningkatkan fungsi kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi yang mengancam kesehatan tubuh anda setiap harinya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Sebagai jenis nutrisi yang berperan dalam menyerap kalsium di tubuh, maka vitamin D pun memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung kesehatan mulut, menurunkan kerusakan gigi, dan mencegah penyakit gusi.

Secara khusus, ia memiliki peran sebagai anti radang dan anti bakteri pada rongga mulut anda. Efek anti-inflamasinya tersebut adalah sebagai hasil dari banyaknya interaksi yang berbeda termasuk aktivasi imunitas baik secara adaptif maupun bawaan.

Jadi tak heran jika kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan anda terkena karies gigi, gigi lemah, dan gigi rapuh yang mudah patah atau retak. Dengan meningkatkan kembali asupannya melalui suplemen, maka resiko gigi berlubang pun bisa dikurangi hingga 47% pada anak-anak.

  1. Mencegah Diabetes

Terdapat dua macam jenis diabetes yang menyerang manusia, yaitu tipe-1 yang membuat tubuh tidak mampu memproduksi insulin, dan tipe-2 yang membuat tubuh tidak mampu merespon terhadap insulin sebagaimana mestinya.

Menariknya, vitamin D ternyata mampu mencegah anda terkena kedua jenis penyakit kronis tersebut. Tetapi menurut Diabetes Care menyebutkan bahwa asupan vitamin D haruslah mencapai di atas 800 IU per harinya yang digabungkan dengan asupan kalsium sebanyak 1.200 mg.

Rata-rata orang dewasa haruslah mendapatkan sekitar 600 IU vitamin D (usia 1 sampai 70 tahun) dan batasan harian kalsium sebanyak 2.000 mg per hari (usia 19-50 tahun).

Jadi, jumlah kedua nutrisi tersebut masih belum dikatakan berlebihan dan bisa anda dapatkan demi mencegah penyakit terkait insulin dan gula darah tersebut.

  1. Mengatasi Hipertensi

Menurut sebuah ulasan di tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Current Protein & Peptide Science menunjukkan bahwa vitamin D dapat berperan dalam pengobatan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu penanda penyakit kardiovaskular yang mematikan.

Hasil analisis lainnya pada sub-kelompok dari meta-analisis Wei Zhen yang diterbitkan di tahun 2017 menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D3 secara oral dapat menurunkan tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik pada para penderita hipertensi esensial. Sementara pada orang normal tidak akan terpengaruh sama sekali.

Efek tersebut tentunya sangatlah menguntungkan karena orang normal yang mengonsumsi vitamin D setiap hari tidak akan mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi.

  1. Membantu Melawan Depresi

Pernah mendengar bahwa sinar matahari dapat menghalau hati yang kelabu? Teori ini bukanlah mitos belaka, karena alasan dibalik efek tersebut ternyata datang dari vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh setelah terkena paparan sinar mentari.

Bahkan di musim penghujan atau musim dingin (jika anda tinggal di luar negeri) yang jam malamnya lebih panjang dibandingkan waktu siang, dengan mendapatkan asupan suplemen vitamin D saja sudah sudah bisa mengatasi gejala depresi hanya dalam kurun waktu 12 minggu saja.

  1. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Kanker termasuk ke dalam jenis penyakit mematikan yang bisa berujung pada kematian. Penyakit ini terjadi akibat tumbuhnya sel-sel abnormal yang disebut tumor di dalam tubuh seseorang.

Untungnya, vitamin D bisa anda gunakan untuk memperlambat atau mencegah perkembangan kanker yang berbahaya tersebut dengan cara meningkatkan diferensiasi sel, mengurangi pertumbuhan sel kanker, merangsang kematian sel (apoptosis), dan mengurangi tumor pembentukan pembuluh darah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini