Lidah Buaya
Lidah Buaya

Lidah Buaya (Latin: Aloe Milleer) merupakan tanaman mirip kaktus yang banyak ditemukan di kawasan beriklim kering dan tropis seperti Afrika dan Amerika Selatan. Tanaman lidah buaya dapat dikenali dari daunnya yang tebal berduri serta adanya lapisan seperti gel yang terdapat di dalam daunnya. Lidah buaya kini banyak dimanfaatkan oleh industri kimia modern karena beragam manfaatnya.

Sepertinya memang tidak berlebihan jika tanaman lidah buaya disebut memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya ternyata kaya akan kandungan vitamin, mineral, asam amino, serta beberapa senyawa kimia penting lain. Lidah buaya kini juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetika, obat-obatan, serta makanan sehat.

Daging lidah buaya yang tersimpan di dalam daunnya sebenarnya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, seperti untuk mencegah diabetes, sebagai anti kanker, mencegah hipertensi, serta untuk perawatan kulit dan rambut. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai manfaat tanaman lidah buaya bagi kesehatan rambut.

Cara Mengolah Lidah Buaya

Daging (isi) lidah buaya dapat dibuat sebagai jus untuk diminum atau bisa juga dimanfaatkan untuk perawatan luar. Khusus merawat rambut, lidah buaya biasanya digunakan sebagai shampo untuk merawat rambut dari luar, caranya:

  • Siapkan 2-3 pelepah daun lidah buaya yang masih segar lalu cuci bersih.
  • Kupas kulit lidah buaya yang berwarna hijau untuk diambil dagingnya yang berbentuk seperti gel.
  • Tumbuk daging lidah buaya lalu gunakan untuk keramas.
  • Anda juga bisa menggunakan handuk hangat untuk membungkus kepala agar lidah buaya bisa lebih meresap.
  • Setelah semua proses selesai, segera bilas rambut dengan air sampai bersih.

 

Manfaat Daging Lidah Buaya Bagi Rambut

Gunakan daging lidah buaya seperti cara diatas setiap satu bulan sekali untuk melakukan perawatan terhadap masalah-masalah rambut dibawah ini.

1Sebagai Penyubur Rambut.

Lidah buaya memiliki kandungan asam amino serta hampir semua jenis vitamin. Vitamin sendiri merupakan salah satu asupan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan rambut. Oleskan ekstrak daging lidah buaya pada kulit kepala jika anda memiliki masalah dengan dengan kerontokan dan ingin membuat rambut anda menjadi lebih lebat.

2Mengatasi Rambut Berminyak

Minyak yang diproduksi oleh kulit kepala sebenarnya memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban rambut. Namun, jika diproduksi secara berlebihan, minyak justru akan membuat kotoran menjadi lebih mudah menempel pada rambut. Lidah buaya berfungsi untuk menyerap minyak berlebihan pada kulit kepala serta membersihkannya dari kotoran sehingga kerusakan rambut dapat dihindari.

3Memperkuat Rambut

Ekstrak lidah buaya memiliki kemampuan untuk mempercepat regenerasi folikel rambut sehingga akar serta serat-serat rambut akan menjadi lebih kuat. Rambut yang kuat sangat penting untuk mencegah rambut rontok dan patah.

4Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering terjadi karena kurangnya kelembaban pada rambut yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Lidah buaya mengandung banyak sekali nutrisi untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan lembab.

5Mengatasi Jerawat Kulit Kepala

Jerawat timbul karena tertutupnya pori-pori kulit oleh kotoran serta karena minyak berlebihan pada kulit kepala. Memakai lidah buaya untuk keramas akan membantu menyerap minyak berlebih serta membersihkan kotoran penyumbat pori-pori sehingga kulit kepala akan terbebas dari jerawat.

6Mengatasi Ketombe

Keramas menggunakan ekstrak daging lidah buaya berfungsi untuk melembabkan serta menutrisi kulit kepala sehingga kulit kepala tidak mudah mengelupas. Jika kulit kepala sehat dan tidak mudah mengelupas, maka kemunculan ketombe akan dapat dicegah.

7Sebagai Kondisioner Alami Rambut

Lidah buaya memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban rambut serta memberikan rambut nutrisi tambahan. Memakai daging lidah buaya sebagai kondisioner akan membuat rambut anda terasa segar sepanjang hari.

Selain yang sudah disebutkan diatas, daging lidah buaya sebenarnya masih memiliki banyak khasiat lain bagi rambut, seperti untuk menghitamkan rambut, mencegah kerontokan, serta untuk mencegah kebotakan. Untuk itu, jangan ragu lagi untuk menggunakan lidah buaya untuk melakukan perawatan bagi kesehatan rambut anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini