Persiapan : 5- 15 min
Memasak: 3 hr 120 min
Siap dalam: 2 hr 50 min

Salah satu santapan favorit yang sudah bukan main hit di Tanah Air Kita adalah Resep Roti Kasur.

Bahan bahan yang Anda perlu siapkan pula dapat Kalian temui dengan begitu mudah. Berikut keterangan selengkapnya mengenai Resep Roti Kasur yang mesti Bunda tahu. Tinjau selengkapnya di bawah ini!

Kali ini MataWanita akan membagikan resep Resep Roti Kasur.

Bahan-bahan Roti Kasur

  1. BAHAN A :
  2. 50 ml air hangat
  3. 1 bungkus ragi instant
  4. 1 sdt gula pasir
  5. ** Aduk rata, tunggu hingga berbuih, kurleb 5-8 menit, siap digunakan. Jika tidak berbuih/ragi tidak aktif jgn digunakan, karena roti akan bantat nantinya
  6. BAHAN B :
  7. 500 gr tepung terigu protein tinggi (saya pakai cakra kembar *Indry)
  8. 50 gr tepung maizena
  9. 100-150 gr gula pasir (jika suka manis boleh ditambah)
  10. 2 sdm susu bubuk
  11. 4 kuning telur ayam
  12. 200 ml air hangat (saya ga pakai semua, sampai dirasa cukup kalis aja)
  13. 1/2 sdt vanili bubuk
  14. Catatan Penting ! : Untuk takaran air sesuaikan dengam kebutuhan bahan, bisa dikurangi atau dilebihkan. Karena kandungan air dari bahan yg kita pakai kadang berbeda. Tapi selisihnya tidak terlalu banyak dari takaran di resep ya.
  15. BAHAN C :
  16. 1 sdm munjung margarine
  17. Sejumput garam

Cara membuat Roti Kasur

  1. Campur rata semua bahan B, lalu tuang bahan A yang sudah aktif (berbuih), uleni hingga setengah kalis (saya menguleni manual pakai tangan, jika masih terasa lengket bisa ditambahkan terigu sedikit sedikit hingga terasa tidak begitu lengket *Indry)

  2. Tambahkan bahan C, uleni hingga kalis elastis (kurleb 10-15 menit, tanda adonan sudah kalis elastis jika ditekan dengan jari akan kembali kebentuk semula *Indry)

  3. Adonan yang telah kalis bulatkan, simpan didalam wadah, lalu tutup dengan plastic wrap atau kain lap basah yg bersih (saya pakai plastic wrap dan saya oles dasar juga dinding wadah dengan sedikit minyak sayur, begitupula permukaan adonannya *Indry)

  4. Simpan ditempat yg hangat, biarkan kurleb 30 menit atau hingga mengembang 2x lipat. Setelah mengembang, kempeskan adonan dengan meninju, adonan siap digunakan. Bentuk dan isi sesuai selera. Setelah dibentuk dan diisi diatas loyang (saya pakai pyrex dioles sedikit minyak sayur) diamkan agar kembali mengembang 2x lipat

  5. Setelah mengembang, oles permukaannya dengan kuning telur/madu/susu kental manis (saya oles dengan campuran kuning telur dan sedikit susu UHT plain), beri topping jika suka

    Roti Kasur langkah memasak 5 foto
  6. Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan terlebih dahulu hingga matang kuning keemasan (lama pemanggangan tergantung oven masing-masing ya, saya tadi pakai otang, kurleb 40-45 menit dengan api sedang, setiap 15 menit tukar posisi supaya matang merata)

    Roti Kasur langkah memasak 6 foto
  7. Siap disajikan sebagai teman minum teh

    Roti Kasur langkah memasak 7 foto
  8. Seratnya halus dan lembut

    Roti Kasur langkah memasak 8 foto

Resep ini pertama kali dipublish di Cookpad pada 2016-01-19 12:41:26 oleh Indry Hapsari

Sumber : Cookpad.com

Demikian resep terbaru membikin Resep Roti Kasur, mari dipraktekkan dirumah kamu dengan memperhatikan semua bahan-bahan beserta langkah secara terperinci.

Ingat untuk dibookmark web MataWanita.com ini sehingga kamu dapat dengan simpel balik kesini ketika terdapat yang terlupa atau ingin mencari inspirasi resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, biar bisa selalu mendapatkan pembaharuan resep teranyar melalui saya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini