Resep Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak

0
37

Salah satu sajian favorite yang sudah bukan main populer di Negara Kita adalah Resep Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak.

Bahan bahan yang Anda perlu siapkan pun bisa Kalian temui dengan begitu mudah. Selanjutnya keterangan selengkapnya perihal Resep Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak yang harus Anda tahu. Tinjau selengkapnya di bawah ini!

Kali ini MataWanita akan membagikan resep Resep Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak.

Bahan-bahan Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak

  1. Bahan2 Nasi Ayam:
  2. 4 cup beras, cuci bersih
  3. 8-10 siung bawang putih, geprek
  4. 2 jempol jahe, kupas, iris
  5. 3 sdm saus tiram
  6. 3 sdm kecap asin (tergantung jenis kecapnya ya)
  7. Secukupnya lada, minyak wijen
  8. Secukupnya garam (bubuhkan jika kecap asin nya msh kurang asin)
  9. Secukupnya Air/kuah rebusan ayam
  10. 5 sdm minyak goreng
  11. Bahan2 Ayam Rebus:
  12. 1 ekor ayam kampung, belah 2, lumuri garam
  13. Secukupnya air utk mendidihkan ayam pertama kali
  14. Secukupnya air utk mendidhkan ayam kedua kali
  15. Bahan Racikan minyak bawang putih utk ayam rebus:
  16. Buat dulu minyak bawang putih:
  17. 10-20 siung bawang putih, cincang
  18. Secukupnya minyak utk menggoreng
  19. Goreng cincangan bawang putih dgn minyak hingga keemasan
  20. Pisahkan bawang putih goreng, dan ambil minyak bawangnya
  21. Bahan campuran minyak utk diguyur keatas ayam rebus:
  22. 1 sdm minyak bawang putih
  23. 1 sdm minyak wijen
  24. 2 sdm kecap asin
  25. Campur semua bahan tsb jadi satu
  26. Bahan Pelengkap lainnya:
  27. 1-2 ikat daun wansui/daun ketumbar/cilantro

Cara membuat Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak

  1. Ayam rebus: didihkan air, masukkan ayam hingga keluar kotorannya (air rebusan keruh). Angkat ayam, buang airnya. Bilas bersih ayam. Rebus kembali ayam di air rebusan yang baru, air menutupi seluruh ayam, biarkan hingga mendidih, tutup panci, matikan apikompor. Diamkan selama 15 menit. Nyalakan api kembali, hingga mendidih, matikan kembali dan diamkan lagi 15 menit. Setelah itu angkat ayam. Air rebusan digunakan utk masak nasi ayam

  2. Langkah No. 2-4 utk membuat Nasi ayam: tumis jahe dengan sedikit minyak hingga keluar aroma harum, masukkan bawang putih, tumis terus hingga harum.

  3. Masukkan beras, saus tiram, kecap asin, garam, lada, minyak wijen, aduk rata, tp jangan sampai gosong

  4. Pindahkan ke rice cooker, tambahkan air rebusan ayam sesuai takaran memasak nasi biasa. Kalau airnya kurang, tambahkan air biasa n garam, aduk rata. Masak sampai matang di rice cooker. Setelah matang, hidangkan

    Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak langkah memasak 4 foto Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak langkah memasak 4 foto
  5. Penyelesaian: * utk ayam rebus, setelah matang, angkat, potong2 (boleh juga daging dilepaskan dari semua tulangnya), taruh di piring saji. Guyur dengan campuran minyak utk ayam rebus, yaitu: minyak bawang putih, minyak wijen dan kecap asin. Taburi ayam dengan bawang putih goreng, dan daun wansui

  6. Hidangkan ayam rebus bersama nasi hainam. yummy dimakan selagi hangat

  7. Catatan: bisa menggunakan ayam negri, asal ayamnya diberi 1-2 sendok cuka seluruhnya (atau air jeruk nipis), diamkan 3-5 menit, bilas beberapa kali di air mengalir hingga ayam bersih dan kesat, baru diolah seperti biasa. Cara ini supaya ayam tidak amis, dan lendir dibersihkan/keluar semua.

  8. Yang mau sambal, saya tambahkan resepnya sedikit: siapkan 1 siung bawang putih, rawit merah (jumlah sesuaikan selera), rebus 5 menit, tiriskan, kemudian blender dengan garam, gula, sedikit air. Setelah jadi, beri perasan jeruk kunci/sonkit supaya seger. Kalau kurang manis atau asin tambahkan/sesuaikan lagi garam gulanya. Kalau tidak ada jeruk kunci/sonkit, pakai cuka sedikit asal ada asam segarnya aja, tambahkan sedikit air matang. Aduk rata.

Resep ini pertama kali dipublish di Cookpad pada 2018-12-06 10:27:45 oleh Finny Puspitasari Muwarman

Sumber : Cookpad.com

Itulah resep jempolan membuat Resep Nasi Ayam Hainam Komplit, Simple & Enak, ayo dipraktekkan dirumah kamu dengan memperhatikan keseluruhan bahan bahan dan juga tahapan detail.

Ingat untuk disimpan web MataWanita.com ini maka anda dapat dengan mudah kembali kesini jika terdapat yang terlupa maupun perlu mencari inspirasi resep menarik yang serupa. Maupun tinggalkan email kamu, supaya dapat berkelanjutan mendapatkan pembaharuan resep teranyar melalui saya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini