Persiapan : 5- 15 min
Memasak: 30 hr 120 min
Siap dalam: 2 hr 50 min

Salah satu santapan favorit yang sudah sangat hit di Negara Kita adalah Resep Kunyit Asam Pekat.

Bahan bahan yang Anda perlu sediakan pun bisa Anda temukan dengan begitu mudah. Berikut penjelasan selengkapnya tentang Resep Kunyit Asam Pekat yang wajib Bunda tahu. Tinjau selengkapnya di bawah ini!

Kali ini MataWanita akan membagikan resep Resep Kunyit Asam Pekat.

Bahan-bahan Kunyit Asam Pekat

  1. 1 bonggol besar kunyit
  2. Secukupnya asam (saya pakai yang sudah matang tanpa biji, produk warga NTT)
  3. 200 gram gula merah
  4. 2,5 liter air

Cara membuat Kunyit Asam Pekat

  1. Kupas kunyit, potong tipis lalu geprek. Masukkan dalam panci bersama air. Panaskan dengan api sedang bersama asam. Setelah agak tercampur, kecilkan api dan masukkan gula merah.

    Kunyit Asam Pekat langkah memasak 1 foto Kunyit Asam Pekat langkah memasak 1 foto
  2. Saran: aduk sesekali saat memasak sambil dicoba. Sesuaikan dengan selera. Kalau dirasa sudah agak terlalu asam, angkat dan keluarkan asam. Demikian pula sebaliknya kalau dirasa kurang bisa ditambahkan. Untuk gula saya sengaja bikin agak banyak agar saat diminum dengan es batu tidak terlalu encer.

  3. Angkat saat sudah matang dan rasa sudah dirasa pas. Saya tadi dari air 2,5 liter jadinya 1,5 liter saja. Saring, masukkan botol kaca, dan dinginkan. Masukkan kulkas ketika botol sudah dingin. Sedap dinikmati hangat di musim hujan begini bersama Pisang Keju Teflon (resep ditulis persis setelah resep ini)

    Kunyit Asam Pekat langkah memasak 3 foto

Resep ini pertama kali dipublish di Cookpad pada 2018-12-03 06:32:29 oleh Karina (Anyi)

Sumber : Cookpad.com

Begitulah resep terupdate membikin Resep Kunyit Asam Pekat, mari dipraktekkan dirumah anda dengan memperhatikan keseluruhan bahan-bahan bersama tahap detail.

Ingat untuk disimpan blog MataWanita.com ini maka anda bisa dengan simpel kembali kesini andaikata terdapat yang terlupa maupun ingin mencari inspirasi resep menarik yang serupa. Atau tinggalkan email anda, supaya dapat kerap mendapati update resep teranyar melalui kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini