Persiapan : 5- 15 min
Memasak: 30 hr 120 min
Siap dalam: 2 hr 50 min

Terdapat banyak ide Resep yang dapat Anda buat di rumah sebagai kemilan, jamuan atau bahkan untuk dijual. Kali ini, kita hendak coba untuk Resep Ketan Duren Endesss yang dipastikan tidak ruwet dan juga mudah sekali dibikin.

Bahan bahan yang Anda perlu sediakan pun bisa Kamu dapatkan dengan begitu mudah. Berikut keterangan selengkapnya perihal Resep Ketan Duren Endesss yang mesti Anda tahu. Cek selengkapnya di bawah ini!

Kali ini MataWanita akan membagikan resep Resep Ketan Duren Endesss.

Bahan-bahan Ketan Duren Endesss

  1. Bahan Ketan :
  2. 1 liter beras ketan
  3. 200 ml santan instan
  4. 700 ml air
  5. 1 sdt garam
  6. 3 lembar daun pandan, ikat simpul
  7. Bahan kolak durian :
  8. 12 biji durian (tentu biji yg masih penuh daging yaa)
  9. 250 gram gula merah, sisir halus
  10. secukupnya garam
  11. 1 liter air
  12. 130 ml santan instan
  13. 3 lembar pandan, ikat simpul
  14. 2 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air agar cair tanpa gumpalan
  15. Bahan tambahan : secukupnya roti rawar, potong dadu

Cara membuat Ketan Duren Endesss

  1. Ketan : panaskan kukusan. cuci bersih beras ketan kemudian kukus selama 15 menit. Setelah itu angkat dan tuang dalam wadah. Masukkan santan instan, air, garam, dan daun pandan. Aduk rata dan biarkan sejenak agar air meresap dan menjadi aron. Lalu kukus kembali selama 30 menit atau sampai matang. Lalu angkat dan sisihkan.

    Ketan Duren Endesss langkah memasak 1 foto Ketan Duren Endesss langkah memasak 1 foto
  2. Kolak durian : dalam panci masukkan gula jawa, garam, pandan, air, santan dan 5 biji durian. Masak hingga mendidih dan meletup letup. Jangan lupa sesekali diaduk yaa.. setelah itu cek rasa. Manis gurihnya. Jika sudah pas masukkan sisa durian.

    Ketan Duren Endesss langkah memasak 2 foto Ketan Duren Endesss langkah memasak 2 foto
  3. Kenapa ada 2 tahap, karena durian pertama biarkan hancur menyatu dengan kuah agar rasa lebih endol. Durian kedua biar gag terlalu hancur. Terakhir masukkan larutan tepung maizena. Aduk cepat hingga luah agak kental. Biarkan hingga meletup letup. Angkat. Sisihkan.

    Ketan Duren Endesss langkah memasak 3 foto
  4. Penyelesaian : dalam piring saji, sajikan ketan lalu beri roti tawar dan siram kuah durian. Ketan durian siap di nikmati.

    Ketan Duren Endesss langkah memasak 4 foto
  5. You wanna try guys ! Note : sebenarnya beras ketan harus di rendam selama minimal 3 jam yaa.. tadi karena aku cepet cepet mau obix. Ya aku gag rendam. Tapi hasilnya okey kok.. layak coba..

Resep ini pertama kali dipublish di Cookpad pada 2018-12-03 03:57:04 oleh Devi Dirgaa

Sumber : Cookpad.com

Demikian resep jempolan membikin Resep Ketan Duren Endesss, mari dipraktekkan dirumah kamu dengan memperhatikan seluruhnya bahan bahan beserta tahap detail.

Ingat untuk dibookmark blog MataWanita.com ini maka kamu bisa dengan mudah balik kesini ketika terselip yang terlupa atau kepingin mencari tulisan resep menarik yang serupa. Atau tinggalkan email kamu, supaya dapat berkelanjutan membaca update resep teranyar melalui kami.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini