Rambut Berminyak Siapa Takut, Ini Dia Solusi Mengatasinya…!

0
5966
Rambut Berminyak
Rambut Berminyak

MataWanita.com – Sebagaimana diketahui bahwa ada beberapa jenis rambut, diantaranya jenis rambut berminyak, rambut kering, atau kombinasi berminyak dan kering dan rambut normal.

Kali ini kita akan berbicara khusus tentang rambut yang berminyak. Mengapa disebut rambut berminyak? Karena aktivitas kelenjar sebasea pada kulit kepala yang bisa dipengaruhi oleh makanan seperti asupan karbohidrat dan lemak.

Semakin sedikit karbohidrat dan lemak yang masuk ke tubuh maka akan semakin sedikit minyak yang dihasilkan oleh kelenjar kulit kepala itu. Disamping itu hormon seksual pada wanita dan pria yang muncul karena penggunaan alat kontrasepsi misalnya dapat mengaktifkan kelenjar sebasea ini.

Rambut jenis ini berbeda dengan rambut normal maupun jenis rambut kering. Tampilannya selalu mengkilap dan basah meski sudah dicuci pada hari sebelumnya.

Dulu ada anggapan bahwa rambut berminyak jangan terlalu sering dicuci agar tidak mengiritasi kelenjar sebasea itu. Namun ternyata itu adalah mitos, pakar perawatan rambut justru menyarankan agar mencuci rambut ketika rambut kotor yang artinya setiap hari bagi pemilik rambut berminyak.

Rambut tidak harus dicuci dengan air yang terlalu panas. Suhu yang optimal yaitu 40-45 derajat celcius. Pilih shampo khusus dan banyak mengandung herbal.

Rambut berminyak dapat dikeramas dua kali seminggu dengan masing-masing selama 3-5 menit agar shampo bisa membersihkan lemak. Pijat-pijat kulit kepala untuk memperkuat kinerja kelenjar sebasea dan produksi minyak yang baru.

Jangan gunakan kondisioner atau pelembab rambut lainnya, karena hanya akan memperburuk kondisi rambut. Jika memiliki type rambut campuran yaitu kering di rambut dan berminyak diakar rambut makan kondisioner hanya digunakan pada ujung rambut, tidak sampai akarnya.
Apabila dimungkinkan biarkan rambut mengering dengan sendirinya, lebih alami. Tapi kesibukan di pagi hari terkadang mengeringkan dengan hairdryer adalah pilihan utama.
Namun udara panas dari pengering rambut adalah stimulus yang kuar untuk kelenjar sebasea. Jadi sebaiknya tidak terlalu panas, hangat lebih baik.

Gunakan sikat lembut untuk mengangkat rambut hingga kena kulit kepala atau akarnya, dengan demikian maka rambut lebih mengembang. Atau keringkan rambut dalam arah yang berlawanan dari pertumbuhan rambut seperti membungkuk dan rambut menggantung ke bawah.

Untuk menata rambut berminyak disarankan untuk menggunakan sarana yang kuat untuk menata rambut. Seperti semprotan anti-greas sebelum ditata, dan alat konvesional untuk pemodelan rambut. Pemilik rambut berminyak membutuhkan waktu berjam-jam untuk menata rambut mereka. Alasannya adalah karena minyak membuat rambut sulit ditata.
Penggunaan gel dan busa tidak memberi dampak berarti untuk rambut berminyak.[in/yb]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini