Petunjuk Penggunaan Rice Cooker yang Mudah dan Tepat

0
31
Rice Cooker
Rice Cooker

Penanak nasi atau sering dikenal sebagai rie cooker merupakan barang yang wajib Anda miliki di rumah. Hingga saat ini, banyak pilihan rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan dilengkapi oleh berbagai macam fitur yang sangat membantu. Misalnya terdapat pengatur waktu ketika nasi sudah matang dan juga dilengkapi dengan fitur penghangat untuk menjaga nasi tetap hangat setelah matang. Berikut ini merupakan petunjuk penggunaan rice cooker yang mudah dan tepat.

Urutan Petunjuk Penggunaan Rice Cooker

Pada era ini banyak orang yang telah menggunakan rice cooker untuk mempermudah dalam memasak terutama memasak nasi. Rice cooker sendiri tidak seenaknya dalam penggunaannya agar rice cooker tersebut tidak mudah rusak dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Adapun urutan petunjuk tersebut antara lain:

  • Menyiapkan Beras

Takar terlebih dahulu beras yang ingin dimasak. Biasanya setiap rice cooker telah memberi takaran gelas plastik 180 ml yang dapat Anda gunakan. Cuci bersih beras tersebut dengan air dan bilas hingga 3x. Sisakan cukup ruang untuk nasi agar mengembang ketika proses memasak. Berikan sedikit air hingga 1 ruas jari. Anda dapat menggunakan air matang agar lebih bersih dan nikmat.

  • Masukkan Beras ke Dalam Rice Cooker

Sebelum memasukkan wadah atau panci ke dalam rice cooker, wadah atau panci yang berisi beras tersebut dibersihkan dahulu hingga kering dan tidak ada air yang tersisa sedikitpun. Buka penutup rice cooker lalu masukkan wadah atau panci tersebut ke dalam rice cooker. Tutup kembali rice cooker agar nasi cepat matang.

  • Proses Memasak Nasi Di Rice Cooker

Langkah selanjutnya yaitu tancapkan kabel rice cooker ke stop kontak listrik. Lalu tekan tombol rice cooker hingga berbunyi “klik”. Tekan ke arah tulisan memasak atau “cook”. Tunggu selama 25 hingga 35 menit hingga nasi matang merata. Jangan buka penutup rice cooker selama proses memasak. Jika penutup rice cooker dibuka dan uapnya keluar akan mengakibatkan nasi tidak matang dengan sempurna sehingga kualitas nasinya menurun.

  • Diamkan Nasi Sebelum Diangkat

Sebelum nasi diangkat dan dipindahkan, cabut terlebih dahulu kabel yang tertancap pada stop kontak listrik. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Hal ini dimaksudkan untuk memutus aliran listrik yang mengalir ke rice cooker sehingga lebih aman ketika Anda mengambil wadah atau panci rice cooker.

  • Angkat Nasi dari Rice Cooker

Setelah 10 hingga 15 menit berlalu, aduk dan angkat nasi yang berada dalam rice cooker. Mengaduk nasi tersebut dimaksudkan agar tidak ada gumpalan nasi serta uap yang berada di bagian bawah dapat keluar sehingga nasi tidak menjadi terlalu matang.

  • Nasi Siap Dihidangkan

Petunjuk penggunaan rice cooker yang terakhir yaitu menghidangkan nasi. Pindahkan nasi ke wadah nasi yang telah disiapkan. Hidangkan nasi tersebut untuk makan bersama dengan lauk pauk. Setelah semua nasi di angkat, cuci bersih wadah atau panci rice cooker tersebut. Sebelum dicuci, rendam panci atau wadah rice cooker dengan air agar nasi yang menempel dapat terangkat dan mudah dibersihkan.

Itulah petunjuk penggunaan rice cooker yang mudah dan tepat untuk Anda yang baru menggunakan rice cooker. Jangan lupa mencuci bersih wadah atau panci yang digunakan agar tetap terjaga kualitas dari rice cooker tersebut sehingga nasi yang akan dimasak menjadi lebih nikmat dan sehat. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda khususnya bagi pemula dalam menggunakan rice cooker.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini