Perbedaan Sunblock dan Sunscreen Wardah

0
53
Sunblock Dan Sunscreen Wardah
Sunblock Dan Sunscreen Wardah. Image: Bukalapak.com

Perlindungan kulit kita dari teriknya cahaya matahari tentunya yang terpikirkan oleh kita adalah dengan krim tabir surya seperti wardah. Namun apakah sunblock atau sunscreen Wardah? Bingung kan? Apakah perbedaan keduanya? Kapan dan diamana seharusnya kita menggunakan Sunblock atau sunscreen? Yuk kita bahas.

Penggunaan krim tabir surya tentunya berhubungan dengan cahaya matahari yang mengakibatkan kulit terbakar, menjadi gosong dan hitam (UVB). Selain itu ternyata menghasilkan sinar ultraviolet (UVA) yang bisa menyebabkan penuaaan dini dengan timbulnya garis keriput dan flek-flek hitam pada wajah, dan jika berlebihan bisa mengakibatkan kanker kulit.

Dari pemaparan diatas bisa kita dapat perbedaan sunblock dan sunscreen. Sunblock memiliki kemampuan untuk menangkal baik sinar UVA maupun UVB. Sedangkan sunscreen biasanya hanya memberikan perlindungan ringan saja terhadap UVB. Cara kerja sunscreen adalah dengan membentuk lapisan pada kulit yang berfungsi melindungi kulit dari sinar ultraviolet maupun UVB dengan cara menyerap sebagian dan ada yang ditolak. Sunscreen popular bagi  penggunaan wajah tanpa makeup. Sedangkan sunblock identik dengan berjemur di pantai,dan kegiatan luar ruangan dengan paparan siar matahari yang ekstrim.  Sunblock bekerja dengan cara menangkal UVA dan UVB yang menuju kulit.

Ada juga dua tipe yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Physical sunscreen biasanya mengandung mineral aktif seperti titanium dioksida dan zinc oksida, yang cara kerjanya dengan menghalangi dan memantulkan sinar matahari yang kemudian disebut sunblock.

Chemical Sunscreen mengandung Aminobenzoic acid, Avobenzone, Cinoxate, Dioxybenzone yang bisa menyaring dan menyerap sinar matahari den mengkonversinya menjadi energy panas.

Karena berfungsi menyerap sinar matahari, maka pemakaian sunscreen harus bisa terserap kulit terlebih dahulu 10-20 menit sebelum terpapar cahaya matahari supaya fungsinya bisa maksimal.

Untuk pemilihan mana yang lebih baik sebaikmya dengan melihat kandungan SPF apa saja yang terkandung di dalamnya dan apa saja aktifitas kita. Jika tidak terlalu terpapar sinar matahari, sunscreen tentunya cukup. Tetapi jika aktifitas kita terpapar sinar matahari dengan waktu yang lama tentunya kita menggunakan sunblock. Pastikan penggunaan sunblock aaupun sunscreen secara konsisten agar bisa maksimal dalam melindungi kulit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini