Pentingnya Syarat-syarat Menjadi Polwan

0
118
Polwan
Ilustrasi: Polwan

Memiliki pekerjaan yang tepat sesuai dengan kemampuan juga hobi memang menjadi dambaan banyak orang. Tidak sedikit pula yang mengincar pekerjaan dengan gaji ‘tebal’. Salah satu profesi yang banyak didambakan adalah menjadi anggota kepolisian. Bahkan tidak hanya pria, para wanitapun juga ikut ambil bagian untuk bisa menjadi polwan. Meski begitu tetap ada syarat-syarat menjadi polwan yang harus dipenuhi. Lalu, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi seseorang yang ingin menjadi polwan? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Syarat-syarat Menjadi Polwan yang Wajib dipenuhi

Berbicara mengenai profesi kepolisian, Negara Indonesia selalu membuka lebar kesempatan untuk setiap orang menjadi agen keamanan negara. Bahkan kesempatan ini dibuka setiap tahun untuk para anggota baru yang ingin bergabung. Peminatnya pun jumlahnya mencapai ratusan peserta. Dari berbagai posisi di kepolisian, ada beberapa yang bisa dipilih. Mulai dari TAMTAMA, Bintara, Akpol, dan sebagainya.

Untuk mencapai profesi tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para calon anggota. Setiap tahun, kualifikasi untuk menjadi polwan boleh jadi mengalami perubahan. Namun ada beberapa syarat yang sudah harus dimiliki oleh calon anggota kepolisian. Berbagai syarat tersebut adalah sebagai berikut;

Warga Negara Indonesia

Syarat pertama untuk menjadi anggota kepolisian adalah berposisi sebagai warga Negara Indonesia. Karena berkenaan dengan keamanan dan kedisiplinan masyarakat Indonesia, tentunya orang tersebut haruslah asli WNI. Syarat ini sudah menjadi paten dan tidak dapat berubah.

Untuk itu bagi yang tertarik menjadi seorang polwan, pastikan Anda teridentifikasi sebagai warga negara asli Indonesia. Selain itu, seorang polwan harus memiliki kualifikasi tertentu. Mulai dari tinggi badan, fisik, juga berbagai syarat lainnya.

Ketentuan tinggi badan

Syarat-syarat menjadi polwan selanjutnya adalah memiliki tinggi badan tidak kurang dari 163 cm. Selain syarat mengenai WNI, seorang polisi wanita haruslah memiliki tinggi dan berat badan ideal. Kualifikasi tersebut tentunya untuk memaksimalkan kinerjanya ketika berada di lapangan. Untuk itu, peserta dengan tinggi kurang dari 163 cm, akan sulit untuk menjadi polwan.

Secara fisik seorang calon polwan akan menjalani proses pendidikan, baik itu pengetahuan hingga latihan fisik. Apalagi berkenaan dengan tugas keamanan negara yang harus diembannya. Tidak heran tinggi dan berat badan perlu dipertimbangkan. Untuk berat badan sendiri, Anda haruslah memiliki bobot sekitar 53 kg.

Ketajaman penglihatan

Ada banyak sekali syarat untuk menjadi anggota kepolisian, salah satunya adalah memiliki penglihatan sempurna. Kata sempurna di sini berarti tidak minus maupun buta warna. Jadi, tidak hanya badan proporsional saja yang masuk dalam pertimbangan, tapi juga kejelian melihat objek.

Bukan hanya itu, syarat fisik yang tidak kalah penting untuk menjadi seorang polwan adalah memiliki gigi yang rapi. Jumlah gigi haruslah 28, dengan gigi depan yang sempurna jumlahnya.

Menjalani tes fisik dan mental

Tes fisik dan mental sepertinya sudah menjadi syarat yang tidak boleh diabaikan untuk calon polwan sekalipun. Bertugas sebagai anggota kepolisian yang terkadang harus terjun ke lapangan, membuat profesi ini harus dibekali dengan tes fisik. Tidak hanya itu, mental juga akan diuji.

Apabila syarat fisik sudah terpenuhi maka Anda juga harus lulus latihan ketangkasan dan cara berpikir.

Nah, itu tadi berbagai syarat-syarat menjadi polwan yang harus dipenuhi. Tentunya semua syarat tidak boleh ada yang kurang jika ingin lolos menjadi seorang polwan. Semangat untuk para pejuang negara.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini