Panduan Cara Menghitamkan Celana Jeans Tanpa Wantex dengan Mudah

0
693
Cara Menghitamkan Celana Jeans Tanpa Wantex
Cara Menghitamkan Celana Jeans Tanpa Wantex

Celana jeans berwarna hitam pasti dimiliki oleh semua orang karena cocok untuk dijadikan padu padan pakaian warna apapun. Warna celana jeans hitam menjadi warna yang ‘aman’ untuk dikombinasikan dengan semua warna pakaian tanpa takut norak atau aneh saat dilihat. Namun kekurangannya, semakin lama celana jeans berwarna hitam akan memudar warnanya dan tidak sehitam saat membelinya pertama kali. Oleh karena itu, begini cara menghitamkan celana jeans tanpa wantex.

Cara Menghitamkan Celana Jeans Tanpa Wantex dengan Mudah

Menghitamkan celana jeans yang warnanya sudah memudar dan terlihat blawus bisa menggunakan bahan alami yaitu kopi. Tanpa menggunakan wantex, kopi terbukti bisa digunakan untuk pewarna alami untuk celana jeans. Kopi sangat mudah dicari dan dianggap lebih ramah lingkungan daripada wantex. Kopi tidak hanya enak diminum saja, namun ternyata juga bermanfaat untuk menghitamkan celana jeans. Berikut cara menghitamkan celana jeans dengan menggunakan kopi.

Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses menghitamkan celana jeans dengan kopi, kamu harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah kopi, kain, air, sendok kayu, panci atau wadah besar, detergen ringan, karet gelang, container penyimpan, botol peras, sarung tangan karet, serta kantong bersegel ziplock.

Mencuci celana jeans sebelum direndam

Celana jeans yang akan direndam di dalam kopi harus dicuci serta dikeringkan terlebih dahulu sehinga celana jeans bebas dari minyak dan kotoran yang bisa menghalangi penyerapan kopi. Proses mencuci dan mengeringkan celana jeans dilakukan seperti biasa, tidak ada teknik khusus untuk proses mencuci dan mengeringkan ini.

Menyeduh kopi

Kopi yang diseduh disesuaikan dengan tingkat kegelapan celana jeans yang diinginkan. Jika kamu ingin warna celana jeans menjadi lebih gelap, maka kamu bisa menggunakan dark roast (sangraian gelap) atau memperbanyak jumlah kopi. Karena jumlah kopi yang banyak akan menghasilkan warna hitam yang pekat dan kuat.

Memanaskan air di dalam panci

Setelah menyeduh kopi, proses cara menghitamkan celana jeans tanpa wantex selanjutnya adalah memanaskan air di dalam panci. Ukuran panci disesuaikan dengan jumlah celana jeans yang akan diwarnai. Agar semua celana jeans dapat terendam, kamu bisa gunakan panci yang berukuran cukup besar.

Merendam celana jeans ke dalam panci

Kopi yang telah diseduh bisa kamu masukkan ke dalam panci yang berisi air yang sudah dipanaskan. Proses perendaman celana jeans bisa disesuaikan dengan waktu perendamannya. Semakin lama celana jeans direndam di dalam kopi, maka warnanya akan semakin gelap. Untuk memperoleh hasil yang bagus, lebih baik perendaman ditunggu selama satu jam. Jika ingin lebih gelap lagi, maka kamu bisa menunggu lebih lama lagi.

Mencuci dan mengeringkan celana jeans

Setelah celana jeans direndam di dalam kopi, selanjutnya celana jeans direndam dengan air dingin yang sudah ditambah dengan cuka. Setelah itu dibiarkan selama 10 menit agar kopi menetap di kain. Setelah itu, cuci dan keringkanlah celana jeans menggunakan detergen ringan dan air dingin seperti biasa.

Cara menghitamkan celana jeans tanpa wantex dengan menggunakan kopi akan membuat warna celana jeans kamu menjadi hitam. Namun karena kopi merupakan bahan alami, maka warna kopi pada celana jeans tidak bisa bertahan lama dan hanya bersifat sementara saja. Karena warna kopi bisa memudar setiap kali dicuci.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini