Nomor BPJS Ketenagakerjaan Hilang, Atasi Dengan Ini

0
76
BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan. Image: Cermati.com

Selama ini BPJS Ketenagakerjaan telah digunakan oleh pekerja di perusahaan atau institusi tertentu untuk menjamin profesinya. Nomor yang tertera di kartu TK BPJS nantinya akan digunakan untuk klaim layanan BPJS yang telah disesuaikan dengan jaminan sosial yang diikuti. Nomor BPJS TK juga sering disebut dengan KPJ karena secara umum program BPJS kali ini memang merupakan transisi dari program JAMSOSTEK sebelumnya.

Setiap peserta BPJS TK harus dapat menyimpan kartu BPJS miliknya. Selain itu, ada juga nomor kepesertaan BPJSTK yang harus dicatatkan untuk keperluan layanan BPJS sewaktu-waktu. Lantas, bagaimana jika nomor BPJSTK hilang? Jangan khawatir, karena jika peserta kehilangan nomor BPJS, maka Anda bisa mencoba mendapatkannya kembali dengan mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang.

Pentingnya Mendapatkan Nomor TK BPJS yang Hilang

Sebagai pekerja, ada baiknya tetap mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Pasalnya, nomor BPJS TK akan selalu dibutuhkan, apalagi dikhawatirkan akan darurat bagi seseorang. Namun, ada kalanya ada yang kehilangan kartu atau nomor BPJS karena beberapa masalah. Maka dari itu, penting bagi masing-masing peserta untuk memahami cara mendapatkan kembali nomor BPJS tersebut meski sudah hilang. Berikut langkah-langkahnya!

  1. Hubungi HRD Perusahaan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menghubungi kantor HRD tempat peserta bekerja dan terdaftar sebagai peserta BPJS TK di perusahaan tersebut. Apabila nomor BPJS TK hilang, harus dikoordinasikan langsung dengan dinas. Departemen HRD lebih kompeten dalam masalah ini. HRD akan mencoba mengecek ulang nomor keanggotaan Anda saat Anda mengikuti BPJS TK. Selanjutnya pihak HRD akan melakukan konfirmasi dengan BPJS setempat untuk mencocokkan data peserta dengan perusahaannya. Jika memang data Anda ada di file BPJS TK dan terdaftar resmi, maka Anda juga akan dihubungi oleh BPJS atau HRD perusahaan untuk mengembalikan nomor BPJSTK yang hilang.

  1. Mengunjungi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Cara selanjutnya ini lebih ditekankan pada peserta yang tinggal di perkotaan dan dekat dengan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan setempat. Cara ini dilakukan dengan mengunjungi kantor BPJAS Ketenagakerjaan dengan melengkapi dokumen terkait. Nanti admin BPJS setempat akan mencocokkan atau mencari data tentang nomor hilang Anda. Untuk berkas yang disertakan, seringnya BPJS cuma mencocokkan data dengan aslinya. Cukup membawa dokumen identitas asli seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan data pendukung lainnya. Jika Anda memiliki copy Kartu TK BPJS yang hilang, lampirkan untuk mempercepat proses pencocokan data.

  1. Hubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Cara selanjutnya adalah menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan yang dapat dihubungi melalui telepon. Call center BPJS Ketenagakerjaan dapat dihubungi di 1500910 untuk kemudian berbicara dengan layanan pelanggan. Nomor ini dapat diakses melalui Telkom dengan tarif pulsa lokal seluruh Indonesia. Sedangkan akses melalui telepon genggam dapat dilakukan melalui operator GSM dan CDMA dengan tarif flat.

Beberapa langkah di atas bisa diterapkan saat nomor BPJS TK Anda hilang secara online. Namun, pastikan untuk mempersiapkan data yang dibutuhkan serta jaringan internet atau telepon yang aktif dan stabil. Dengan layanan dari BPJS Ketenagakerjaan yang dapat diakses dengan lebih mudah, peserta tidak perlu lagi mengalami kesulitan untuk mengklaim layanan dari BPJS Ketenagakerjaan. Semoga artikel diatas bisa memberikan manfaat bagi Anda dan keluarga Anda ya. Dan jangan lupa untuk tetap berbagi artikel ini yah J

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini