Mengenal Jenis Tanaman Janda Bolong dan Keunikannya

0
83
Jenis Tanaman Janda Bolong
Jenis Tanaman Janda Bolong

Tanaman janda bolong semakin populer seiring naiknya tren tanaman hias di kalangan masyarakat. Ada beberapa jenis tanaman janda bolong yang dijual di pasaran. Beberapa jenis janda bolong bahkan dijual dengan harga fantastis. Tanaman hias janda bolong yang paling populer adalah dari spesies monstera seperti beberapa jenis berikut.  

Jenis Tanaman Janda Bolong dan Keunikannya 

  1. Monstera Variegata

Variegata bisa dikatakan sebagai jenis tanaman hias janda bolong versi mahal. Selain karena jarang dijual di pasaran, keunikan bentuk dan warna daun membuat tanaman ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis monstera lainnya. Ciri khas dari Variegata adalah corak dan warna daunnya yang memiliki kombinasi antara hijau dan putih.

  1. Monstera Adansonii

Tanaman hias janda bolong yang paling banyak dijual di pasaran adalah dari jenis Monstera Adansonii. Harganya pun bervariasi mulai dari ratusan ribu Rupiah tergantung kualitas dan keunikan tanamannya. Umumnya seluruh permukaan daun monstera ini memiliki bolong-bolong yang tidak sapai sobek ke pinggir daunnya. Warna daun hijau tua dan corak hijau muda yang semakin mempercantik tampilannya.

  1. Monstera Obliqua

Jenis tanaman hias inilah yang sering disebut janda bolong. Lubang-lubang pada permukaan daunnya hanya berada di tengah seperti Adansonii. Namun untuk ukuran lubang daunnya, Obliqua memiliki bolong-bolong yang lebih besar. Memiliki batang yang sangat tipis dengan tekstur daun yang lembut.

  1. Monstera Deliciosa

Deliciosa merupakan salah satu tanaman hias janda bolong yang sering dicari untuk interior rumah. Tanaman yang dapat tumbuh subur di suhu ruangan ini memiliki bentuk bolong di seluruh permukaan daun sampai ke bagian tepi. Warna daunnya hijau tua yang akan semakin pekat warnanya saat tanaman sudah tua.

  1. Monstera Borsigiana

Borsigiana merupakan salah satu jenis tanaman janda bolong yang mirip Deliciosa, namun dengan ukuran daun yang lebih kecil. Ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat tanaman hias ini cocok untuk ditanam di pot.  Tanaman hias dengan batang bulat dan lunak ini sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung.

  1. Monstera Punctulata

Daun yang bolong dan terkadang sampai ke bagian tepi merupakan karakteristik dari tanaman hias yang satu ini. Bentuk daunnya pipih dengan warna hijau segar. Warna hijau daunnya akan berubah menjadi kecokelatan saat tanaman ini sudah tua.

  1. Monstera Epipremnoides

Tanaman hias dengan daun bolong ini termasuk salah satu yang mudah didapatkan di pasaran. Di kalangan pecinta tanaman hias dikenal sebagai Swiss cheese plant karena bentuk lubang pada daunnya yang mirip dengan rongga-rongga pada keju swiss. Namun setelah tua, bolong-bolong pada daun tanaman ini akan menghilang.

  1. Monstera Acuminata

Acuminata muda memiliki bentuk daun bundar hati, tebal, dan tidak berlubang. Setelah tanaman hias ini sudah dewasa, bentuk daunnya berubah seperti Deliciosa dengan lubang-lubang di bagian tengah. Termasuk jenis tanaman rambat yang tumbuh secara horizontal dengan batang yang dapat mencapai 20 meter.

  1. Mini Monstera

Tanaman hias ini memiliki karakteristik daun dengan lubang besar hingga ke bagian tepi. Walaupun bukan termasuk tanaman monstera, banyak yang menyebut tanaman Rhapidophora tetrasperma ini dengan mini monster karena bentuk daunnya.  Warnanya lebih dominan hijau tua dengan ukuran daun yang relatif lebih kecil dibanding tanaman janda bolong lainnya.

Itulah beberapa jenis tanaman janda bolong yang bisa dijadikan koleksi tanaman hias di taman atau bahkan di dalam rumah Anda. Kenali jenis-jenisnya agar Anda tidak tertipu saat akan membeli tanaman janda bolong.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini