Melestarikan Budaya dengan Jajanan Tradisional

0
115
Melestarikan Budaya Dengan Jajanan Tradisional Min
Melestarikan Budaya Dengan Jajanan Tradisional . Sumber: kebudayaan.kemendikbud.go.id

Melestarikan dan menjaga budaya peninggalan nenek moyang di era sekarang ini merupakan suatu hal yang harus ditumbuh kembangkan lagi seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Ditambah dengan menjamurnya persebaran budaya asing di era globalisasi yang sulit dibendung. Usaha usaha yang dilakukan untuk menjaga budaya dan tradisi turun temurun makin sulit tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi tanggung jawab kita semua dalam melestarikan budaya dan tradisi. Walaupun tidak semua masyarakat Indonesia mempunyai rasa memiliki dan rasa tanggung jawab untuk menjaganya. Rasa ingin tahu dan mengerti akan akar budaya sendiri makin lama makin luntur. Nilai-nilai budaya tradisi bangsa yang sangat kental dengan toleransi dan keramahtamahan makin hilang digerus oleh budaya dan tradisi import. Namun ketika budaya kita diakui oleh negarah lain barulah kita merasa memiliki dan kehilangan.

Dengan beberapa kasus pengakuan budaya kita oleh Negara lainĀ  tentunya merupakan tanggung jawab kita generasi sekarang untuk melestarikan budaya warisan leluhur kita. Jangan ada lagi kasus-kasus pengakuan budaya kita oleh Negara lain dikemudian hari. Oleh karena itu tugas kita, mulai dari diri kita sendiri untuk menggali, menjaga dan mencintai warisan budaya dan tradisi turun temurun nenek moyang kita, bangsa Indonesia.

Dengan banyaknya ragam dan variasi jajanan tradisional di Indonesia dari berbagai daerah adalah tugas kita untuk mengenalinya, bisa dimulai dari sini wisata kuliner jajanan tradisional. Kuliner bisa menjadi sebagai wadah yang tepat untuk mengenali budaya kita sendiri. Indonesia sebagai Negara kepulauan dengan kurang lebih 17.000 pulau, dengan keunikannya sendiri terutama dibidang kuliner yang sangat beragam dan bervariasi. Dengan mengenal dan menikmati keragaman kuliner kita saja, bisa menjadi wadah kita untuk memperkenalkan keragaman kuliner kita kepada dunia. Apalagi dengan era social media saat ini kuliner merupakan suatu topic yang populer dan efektif untuk memperkenalkan budaya.

Memasak adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu makanan sangat erat dengan budaya turun temurun. Kebudyaan suatu daerah berjalan beriringan dengan kuliner.

Memang, bukan hal yang mudah intuk melestarikan budaya. Tapi kalau ada niat dan usaha yang tulus dalam menjaganya membuat nya menjadi lebih mudah. Dengan dukungan kita semua dan pemerintah dalam melestarikan budaya membuat kekayaan budaya dan identitas Negara kita kita makin kuat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini