Beranda Kesehatan 5 Makanan Terbaik Untuk Yang Kurang Tidur

5 Makanan Terbaik Untuk Yang Kurang Tidur

0
Makanan Terbaik Untuk Yang Kurang Tidur

MATAWANITA.COM – 5 Makanan Terbaik Untuk Yang Kurang Tidur Dengan pola hidup yang serba cepat dan tinggi tuntutan tentu tidak setiap hari kamu bisa menikmati tidur sekurangnya tujuh jam, sementara membolos kerja tentu saja bukan pilihan. Selain power nap inilah yang harus kamu konsumsi dan hindari untuk menyegarkan tubuh saat kekurangan tidur. Nah, bagi kalian yang memang kurang tidur silahkan konsumsi Makanan Terbaik Untuk Yang Kurang Tidur berikut.

Makanan Terbaik Untuk Yang Kurang Tidur dipastikan sangat rekomended terutama bagi kalian yang selama ini sering kerja sampai larut malam. Dengan mengkonsumsi beberapa makanan atau minuman ini, maka kalian akan kembali fit dan tetap terjaga untuk kesehatan.

Makanan Terbaik Untuk Yang Kurang Tidur

Lalu apa saja makanan rekomended bagi si tukang begadang? maka silahkan membaca penjelasan kami berikut ini.

Kafein

Walaupun konsumsi kafein berlebihan memang dapat merusak kecantikan kulitmu tapi kafein sebenarnya memiliki sejumlah manfaat yang tetap dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat kafein yang tentu diketahui semua orang adalah menyegarkan tubuh, terutama jika kamu sedang kekurangan istirahat. Tidak biasa minum kopi atau memiliki toleransi kafein yang rendah? Seduh segelas kopi dengan air mendidih dan hirup aromanya untuk memberi stimulus yang diberikan otak.

Walaupun kamu tidak tidur tadi malam namun ingat selalu untuk membatasi konsumsi kopimu sebanyak hanya dua gelas per hari. Pembatasan ini perlu dilakukan karena terlalu banyak konsumsi kafein dapat berdampak buruk bagi sistem saraf sehingga kamu justru akan merasa tegang, cemas dan mudah marah.

Air minum

Dalam keadaan normal kamu membutuhkan 1,9 liter air per hari. Jumlah ini dapat bertambah ketika kamu kurang tidur yang menyebabkan tubuh mudah lelah dan konsentrasi menurun. Minum air akan membantumu menyegarkan tubuh sekaligus meningkatkan konsentrasi.

Manfaat lainnya? Minum cukup air setelah begadang akan membantumu merehidrasi kulit yang akan tampak kering dan lesu akibat kurang tidur tadi malam, sekaligus membantu menyamarkan kantung mata.

Karbohidrat kompleks untuk sarapan

Sebagai seorang Sahabat Gracia kamu tentu sudah tahu bahwa untuk mendapatkan berat badan ideal kamu perlu mengisi ulang nutrisi tubuh yang hilang dalam proses metabolisme saat bangun tidur dengan menu sarapan sehat. Nah, ternyata sarapan juga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh agar tetap segar setelah kamu begadang.

Sarapan yang sehat untuk kamu yang memiliki jadwal ekstra padat sehingga terpaksa mengurangi waktu tidurmu adalah makanan yang kaya serat dan tinggi kandungan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks merupakan sumber tenaga yang mampu mendukung aktivitasmu tanpa membuatmu bertambah mengantuk. Kelebihan lain karbohidrat kompleks adalah pemecahan karbohidrat yang lebih lambat sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga kamu terhindar dari nafsu ngemil.

Makan siang yang ringan

Jika kamu berencana makan besar untuk makan siang sementara kamu baru saja begadang sebaiknya kamu membatalkan rencana itu. Begadang terbukti dapat membuat orang lebih mudah merasa lapar dan tertarik untuk mengkonsumsi makanan dan cemilan tinggi kalori.

Makanan tinggi kalori akan membuatmu semakin mudah mengantuk karena cepat terbakar dalam tubuh sehingga kamu akan cepat lemas kembali, apalagi jika malam sebelumnya kamu melewatkan waktu tidur.

Bahaya lain makanan tinggi kalori, terutama cemilan adalah kadar sodium dan gula yang juga tinggi sehingga dapat membahayakan kesehatan tubuh. Makanan seperti ini juga biasanya rendah serat dan memberikan pelepasan kalori yang cepat sehingga kamu akan terdorong untuk makan terus menerus.

Menu makan siang apa yang tepat untuk dikonsumsi saat kurang tidur? Pilih menu yang ringan namun tinggi serat seperti salad dan buah-buahan. Tambahkan roti pita untuk memberikan kalori tambahan.

Hindari minuman penambah stamina

Saat kamu lemas dan sulit berkonsentrasi akibat begadang kamu mungkin akan tergoda untuk mencoba minuman penambah stamina, namun sebenarnya minuman penambah stamina memiliki kadar kafein yang rendah. Minuman penambah stamina juga umumnya mengandung sejumlah zat aditif yang dapat membahayakan kesehatan organ-organ tubuhmu.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version