Macam Macam Bentuk Mata yang Wanita wajib Tahu

0
316
Macam Macam Bentuk Mata
Macam Macam Bentuk Mata

Mengetahui bentuk mata ternyata sangat penting terutama bagi wanita yang sangat berguna bagi makeup. Sebagai organ vital yang penting karena funsinya untuk melihat, mata ternyata terdiri dari beragam bentuk. Ada 6 bentuk yang umum yakni, Bulat (round), Monolid, Bertudung (hooded), Turun (downturned), Terbalik (upturned) dan Almond.

Dalam hal makeup, tiap-tiap bentuk mata tentunya berbeda dalam penggunaan eyeliner dan eyshadow. Pemakaian makeup untuk mata Almond belum tentu bagus untuk mata Bulat, begitupun sebaliknya.

Yuk kita kenali jenis-jenis mata lebuh rinci.

1Mata Almond

Mata Almond
Mata Almond

Sesuai dengan namanya, menyerupai kacang almond yang simetris, berbentuk bundar besar dengan sedikit menaik di bagian outer corner dan memiliki kelopak mata yang lebih kecil. Bagian luar kornea pada umumnya sering tersembunyi di bawah kelopak mata atas dan bawah. Pada sebagian orang, lipatan terlihat jelas. dalam al makeup type mata ini cocok dengan berbagai riasan jadi sangat beruntung yang memiliki type mata ini.

2Mata Bulat (Rounded Eye)

Rounded Eye
Rounded Eye. Sumber Medium.com

Sering disebut mata kucing (Puppy Eyes) dengan mata bulat, besar dan menonjol. Bagian putihnya terlihat lebih menonjol dengan kornea mata yang bulat. Mempunyai sudut mata bundar dibulatkan baik luar dan dalam. Dalam hal makeup, type innocent dan fairly look sangat cocok dengan type mata ini.

3Monolid

Monolid Eyes Makeup
Monolid Eyes Makeup. Sumber Realsimple.com

Bentuk mata yang identik dengan orang Asia, mata monolid umunya memiliki lipatan yang tidak terlalu terlihat, dengan permukaan kelopak mata yang rata. Jenis mata ini populer seiring dengan populernya artis-artis Korea. Type akeup look yang fierce dengan eyeliner tajam paling cocok dengan mata Monolid.

4Bertudung (hooded)

Hooded Eyes
Hooded Eyes. Sumber: Revelist.com

Type mata yang boleh dibilang hampir ama dengan mata Monolid tapi ada sedikit perbedaan terutama mata berkerudung lebih menunjol dengan tulang alisnya yang tebal dengan lipatan mata yang dalam. Kelopak mata berkerudung hampir tidak terlihat karena lapisan kulit yang menutupinya dan crease nya yang tersembunyi. Seiring dengan pertambahan usia, ruang kelopak mata bertudung akan berkurang yang membuat kelopak mata tampak seperti tudung.

5Turun (downturned)

Downturned Eyes
Downturned Eyes. Sumber ; Makepartistspro.com

Bentuk mata yang “menurun” karena bagian outer corner mata yang lebih cenderung turun ke bawah dari sudut dalam mata, menyiratkan kesan innocent. Dikenal juga dengan nama “kelopak mata turun”, karena memiliki kelopak atas yang tampak turun dan memenuhi garis bulu mata bawah. Type Makeup yang cocok adalah model cat eye. Tapi mesti hati-hati dalam merias type mata Downturned, karena mata Downtuned rentan terlihat kuyu karena bentuknya yang menurun. Kombinasi dengan makeup cerah yang membuat wajah terlihat segar adalah salah satu solusinya.

6Terbalik (upturned)

Upturned Eyes
Upturned Eyes

Bentuk mata yang menyiratkan ketegasan, keras dan berkarakter seorang pemimpin. Sering disangka galak. memiliki kemiripan dengan Almond Eyes namun berkebalikan dengan mata Downturned karena matanya yang terlihat menengadah atau melihat keatas yang memberikan tampilan eksotis.

Sering disangka galak? Wajar sih karena bentuk mata kamu yang sama seperti Olivia Wilde ini menyiratkan orang yang tegas, keras, dan memimpin. Mirip dengan almond eyes, namun kam memiliki outer corner yang lebih naik. Bagian lower lidnya lebih terlihat dan lebih panjang dari top lid.

Itulam macam bentuk mata yang umum. Type mata manakah yang sesuai dengan mata kamu? Apakah kamu sudah tepat mengaplikasikan make up terhadap mata kamu? semoga ulasan diatas bisa membantu. Terima Kasih.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini