Luruskan Rambut Pakai Minyak Jarak

0
321
Rambut Lurus
Rambut Lurus. Image: Tokopedia.com

Pastі kalіan baru mendengar yang namanya mіnyak Katsor? Sebenarnya mіnyak іnі hampіr sama dengan mіnyak jarak, akan tetapі ada beberapa bagіan yang dіsebut dengan katsor. Oleh karena itu, selain berguna untuk kesehatan, minyak jarak ini juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya dalam hal meluruskan rambut secara alami.

Cara meluruskan rambut dengan minyak jarak

  • Pertama, Panaskan minyak jarak secukupnya.
  • Kedua, ketika masih hangat, Anda bisa menggunakanya secara merata ke seluruh kulit kepala.
  • Ketiga, Anda bisa memberikan pijatan relaksasi, bahkan sekitar 5 menit.
  • Keempat setelah itu Anda bisa membalut kepala menggunakan handuk hangat, yang sebelumnya sudah dibasahi air panas.
  • Kelima, setelah 30 menit, Anda bisa berkumur dengan keramas seperti biasa.

Tidak bisa dipungkiri jika minyak jarak ini sangat ampuh untuk meluruskan rambut secara alami. Karenanya tidak ada senyawa negatif yang dapat merusak rambut Anda.
Selain untuk rambut, minyak jarak juga memiliki manfaat, antara lain:

Mengatasi sembelit

Minyak jarak dipercaya dapat mengobati seseorang yang mengalami sembelit dengan mengkonsumsi minyak jarak. Saat dikonsumsi, minyak ini akan terurai menjadi usus halus dan menghasilkan asam risinoleat. Setelah asam lemak ini diserap oleh usus, efek pencahar mulai berlaku. Namun tetap harus hati-hati, konsumsi minyak jarak dengan takaran yang pas. Jangan mengonsumsi minyak jarak secara berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping seperti kram, mual, diare, dan muntah. Dan perlu diperhatikan, jangan gunakan minyak jarak sebagai pengobatan utama untuk sembelit.

Melembabkan kulit

Minyak jarak mengandung asam ricinoleic yang sangat berguna untuk melembabkan kulit. Ini karena kandungan asam risinoleat bisa mencegah hilangnya air dari bagian luar kulit. Karena Kondisi bahan yang kental, maka dianjurkan untuk mencampurkan minyak jarak dengan minyak almond, minyak zaitun atau minyak kelapa. Ingat, meski dianggap aman mengoleskan minyak jarak ke kulit, beberapa orang mengalami reaksi alergi.

Mengatasi jerawat

Kandungan asam risinoleat dalam minyak jarak merupakan senyawa kimia yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah. Selain itu, kandungan minyak jarak diduga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan peradangan, sehingga jerawat bisa diobati.

Mencegah kerutan

Keriput merupakan tanda penuaan yang bisa dialami semua orang. Namun, ternyata penuaan bisa diatasi dengan minyak jarak. Ini karena minyak jarak dapat diserap ke dalam kulit dan merangsang produksi kolagen. Kolagen juga dapat menghaluskan dan melembabkan kulit sehingga tampak awet muda.

Rambut dan kulit kepala yang sehat

Minyak jarak ternyata bisa menyehatkan kulit kepala dan rambut. Ini karena minyak jarak mengandung asam lemak omega-6 dan asam risinoleat. Saat dioleskan ke kulit kepala, minyak ini bisa membuat aliran darah lebih lancar sehingga merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak jarak dipercaya dapat melembabkan dan memperbaiki tekstur rambut kering.

Menyembuhkan luka

Jika anda mempunyai luka cukup oleskan minyak jarak ini ke area luka anda, dapat membantu proses penyembuhan. Karenanya, minyak jarak mampu melembabkan area kulit yang terluka dan mencegah luka mengering. Minyak jarak juga dapat merangsang pertumbuhan jaringan yang dapat mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, minyak jarak juga ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel kulit mati yang bisa memperlambat proses penyembuhan luka.

Menghilangkan jamur

Candida albicans merupakan jamur berbahaya yang dapat menyebabkan masalah mulut seperti infeksi gusi. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan minyak jarak yang memiliki kemampuan membasmi jamur seperti Candida albicans. Selain itu, minyak jarak dapat mengobati stomatitis atau sariawan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini