Beranda Travel Kungur Ice Cave – Gua indah yang dipenuhi tetesan es

Kungur Ice Cave – Gua indah yang dipenuhi tetesan es

0
Kungur Ice Cave
Kungur Ice Cave. Sumber: jtconcierge.mc

Terletak di Ural, berdekatan dengan kota Kungur di Perm Krai, Rusia di tepi Sungai Sylva Gua Es Kungur atau sering disebut Kungur Ice Cave merupakan sebuah gua karst dengan panjang yang telah dieksplorasi kurang lebih 5 km, merupakan salah satu gua karst terpanjang di rusia dan menjadi satu-satunya gua di Negara ini yang memiliki fasilitas untuk wisata yang lengkap.

Gua Karst terbentuk dari batuan lunak yang dihancurkan oleh air hujan selama ribuan tahun kemudian terbentuklah sistem ruang bawah tanah yang luas dengan batu-batu yang berbentuk aneh. Lelehan-lelehan salju yang menetes melalui bebatuan berpori disertai dinginnya gua membentuk es stalaktit yang tergantung di langit-langit gua menjadi bentuk-bentuk yang unik dengan berbagai macam ukuran. Bebrapa es stalaktit dengan ukuran besar telah mencapai lantai dan membentuk kolom es spektakuler menyerupai jam pasir raksasa.

Diamond Grotto

Di dekat pintu masuk gua terdapat salah satu tempat yang paling indah yang dinamakan Diamond Grotto. Ditambah dengan lampu sorot, lapisan es di ruangan ini menjadi lebih indah, terlihat seperti air terjun beku. Didekatnya terdapat tempat yang dinamakan Polar Grotto yang sering dijadikan tempat untuk mengamati stalaktit dan stalakmit es. Ada juga tempat bernama Pompeii Ruins Grotto dimana pengunjung bisa melihat beberapa batuan dengan bentuk yang aneh, beberapa diantaranya ada yang menyerupai hewan dan karakter aneh fantastis lainnya, tentunya ditambah dengan pencahayaan khusus.

Kungur Ice Cave 2

Gua Kungur secara keseluruhan memiliki 48 anak gua yang masing-masing memiliki cerita mereka sendiri dan mempunyai nama yang unik. Ada yang dinamakan “ruang bawah laut dank koral”, gua yang dihiasi batu renda yang telah terkikis air selama kurang lebih 12.000 tahun. Ada juga yang bernama “Ruang Meteoroit” dimana pengunjung seolah olah melihat ilusi objek ruang angkasa besar yang tergelaetak di bawah bumi.

Ekspedisi pertama kali ke gua Kungur terjadi pada tahun 1703 setelah Peter Agung menunjuk Simeon Remezov seorang ahli geografi terkenal. Dengan gambar Remezov, Stralenbege yang merupakan salah satu anggota ekspedisi Messershmidt Siberia membuat salah satu skema pertama dari gua yang bertahan sampai sekarang.

Timofeevich Hlebnikov yang merupakan cucu lelaki dari peneliti Amerika – Rusia K.T Hlebnikov melakukan kunjungan regular pertama dimulai pada tahun 1914 dengan menyewanya dari masyarakat sekitar. Hlebnikov kemudian mulai mengatur kunjungan regular berbayar bagi penduduk Kungur dan pengunjung kota. Dengan ketekunannya, keindahan gua es Kungur yang luar biasa mulai tersebar sampai ke seluruh dunia. Saat ini gua Kungur dikunjungi ratusan ribu wisatawan per tahun.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version