Kegunaan Olahraga Malam Bagi Tubuh

0
556
Oahraga Malam
Oahraga Malam. Image Scr Sehatq.com

 

Olahraga malam banyak dilakukan oleh mereka yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu di pagi hari. Meski dilakukan pada malam hari, Anda tidak perlu takut mengganggu waktu tidur Anda. Jika kita berolahraga di malam hari, kita bisa mengunjungi fitness center setelah bekerja, jogging di jogging track dan lain sebagainya.

Manfaat Olahraga Malam

Adapun beberapa manfaat berolahraga malam yang kita dapatkan yaitu:

Tidur lebih baik

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang olahraga angkat beban pada malam hari memiliki kualitas tidur dan durasi tidur yang lebih baik dibandingkan mereka yang berolahraga pada pagi dan sore hari. Jadi dengan melakukan olah raga pada malam hari akan membantu kita untuk bisa istirahat dengan lebih baik. Karena istirahat yang baik tidak hanya untuk membangun otot saja tetapi bisa membuat kita merasa lebih baik dan segar di pagi hari.

Dapatkan sesi latihan yang bagus

Selain membuat tidur lebih nyenyak, manfaat olahraga di malam hari juga bisa meningkatkan kekencangan otot dan daya tahan tubuh secara signifikan.

Darah rendah

Dalam buku Journal of Strength Conditioning Research ditemukan bahwa orang yang berolahraga di malam hari menurunkan tekanan darahnya hingga 15 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang berolahraga di pagi hari.

Akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat

Dengan melakukan olahraga pada malam hari intensitasnya akan lebih tinggi lebih cepat dan durasinya sekitar 20 persen lebih lama. Ini biasanya berarti banyak kalori yang dibakar di malam hari, ditambah dengan manfaat yang meliputi kaki lebih kencang, lebih kuat, perut lebih ramping, dan hidup lebih sehat.

Tubuh akan siap berolahraga

Dengan berolahraga di malam hari akan membantu membakar lebih banyak kalori. Pada malam hari kadar testosteron akan meningkat hal ini menyebabkan pertumbuhan otot semakin cepat. Sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Efek Buruk Olahraga Malam

Meski olahraga malam memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun jangan terlalu sering dilakukan. Karena hal ini akan mendapatkan beberapa dampak buruk dari olah raga malam yaitu:

 

Resistensi tubuh berkurang

Dengan melakukan olahraga malam berpotensi menurunkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kita menjalankan aktivitas tanpa henti setelah seharian beraktivitas di kantor. Apalagi jika intensitas olahraganya berat. Misalnya angkat beban dan lari maraton. Kekebalan tubuh yang lemah akan membuat kita mudah terserang penyakit.

Sulit untuk bernafas

Pada malam hari, kadar oksigen lebih sedikit dibandingkan pada pagi atau siang hari. Karenanya melakukan olahraga pada malam hari dengan oksigen tipis akan membuat kita mudah merasa lelah. Kegiatan olahraga malam juga membutuhkan oksigen lebih banyak agar pernapasan dan aliran darah ke jantung menjadi lancar. Jadi jika kekurangan oksigen bisa menyebabkan sesak nafas.

Jadi dengan melihat beberapa efeknya, olahraga malam harus lebih memperhatikan ritme dan mengurangi intensitasnya. Sehingga tubuh menjadi lebih mudah mengatur pernapasan, detak jantung dan kadar hormon pun akan normal. Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Karena kita melakukan pemanasan dapat mengendurkan otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Dan yang terakhir adalah mendinginkan agar kerja jantung menjadi stabil kembali.

Olahraga Intensitas Rendah Pada Malam Hari

Ada banyak pilihan olah raga yang memiliki intensitas rendah dan cocok digunakan pada malam hari. Berikut ini adalah opsi olahraga:

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang aman dilakukan pada malam hari. Dengan yoga akan melancarkan peredaran darah, membuat pikiran tenang dan bisa membantu melatih pernafasan. Gerakan dalam yoga dilakukan secara perlahan dan sangat efektif untuk membakar kalori. Bahkan diakhir kegiatan yoga kita akan melakukan cooling off yaitu savasana. Savasana adalah mendinginkan diri dengan tidur beberapa menit.

Tai Chi

Olah raga malam berikutnya yang direkomendasikan adalah melakukan Tai Chi. Tai Chi adalah olah raga bela diri tetapi dilakukan dengan pelan dan tenang mengikuti aliran air. Tidaklah mengherankan jika latihan ini mirip dengan meditasi. Dengan melakukan olahraga yang tenang maka akan membantu melancarkan peredaran darah ke otak dan rileks.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini