Gambar Kampanye Di Media Sosial Dengan Sosial Media Marketing
Gambar Kampanye Di Media Sosial Dengan Sosial Media Marketing

Kampanye di media sosial sekarang menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan simpati dari audiens untuk mendapatkan berbagai tujuan pengiklanan atau pemasaran. Dalam menjalankan kampanye di Media Sosial kita akan membutuhkan sosial media marketing.

Setiap strategi sosial media marketing tidak bisa digunakan di semua kampanye di media sosial. Karena di setiap media sosial memiliki karakteristik audiens yang berbeda-beda. Sehingga sebelum menjalankan kampanye di media sosial dan menerapkan social media marketing, kamu harus mengetahui beberapa tahapan melakukan social media campaign yang terbaik.

Tahapan Kampanye di Media Sosial Yang Efektif

1. ToFu (top of the funnel)

Tahapan dalam menerapkan strategi kampanye media sosial kita akan membentuk corong atau funnel. Dalam funnel ini akan dibagi menjadi 3 bagian bawah, tengah dan atas. Setiap bagian menggambarkan tahapan secara berurutan, bagian atas dengan corong terlebar adalah bagian Top Of The Funnel.

Di bagian ini kita harus menemukan audiens yang tertarik dengan membangun kesadaran merek atau awareness terhadap apa produk atau brand kamu miliki.

Tahapan ini kamu harus membangun edukasi atau informasi tentang produk, bisnis atau layanan kepada audiens. Sehingga mereka yang belum mengenal brand mu sama sekali bisa mengetahui brand yang kamu miliki.

Di tahap ini kamu jangan harap audiens akan melakukan pembelian, ditahap ini adalah tahap audiens mengenal produk atau layanan yang kamu miliki.

2. MoFu (middle of the funnel)

Tahapan selanjutnya adalah bagian tengah yang disebut dengan MoFu (middle of the funnel). Pada tahap strategi kampanye di media sosial bagian ini audiens akan berkurang, tetapi audiens yang masuk dalam tahap ini mereka ingin mencari solusi atas apa yang kamu perkenalkan atau informasikan pada tahap ToFu.

Di tahapan ini kamu harus memperkenalkan produk dan layanan kamu miliki lebih baik dari yang lain. Sehingga kamu harus meyakinkan audiens bahwa brand mu lebih unggul dibandingkan pesaing.

3. BoFu (bottom of the funnel)

Tahap strategi kampanye di media sosial terakhir adalah BoFu (bottom of the funnel). Pada tahap ini leads atau audiens akan lebih spesifik. Karena mereka telah mempertimbangkan brand mu untuk bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Lead yang berada di tahap ini adalah mereka yang sudah mengenal fitur dan keunggulan produk yang kamu miliki. Dan di tahap inilah kamu harus meyakinkan mereka untuk memilih brand kamu miliki.

Kamu bisa menerapkan strategi demo penggunaan produk, free trial, promo dan strategi lainnya. Yang bisa membuat leads lebih yakin dengan produk kamu tawarkan dan lead akan melakukan pembelian.

Setelah kamu mengetahui tahapan kampanye di media sosial, langkah selanjutnya adalah kamu harus mengetahui jenis-jenis sosial media marketing yang bisa digunakan untuk kampenye produk atau brand yang kamu miliki.

Jenis-Jenis Sosial Media Marketing

Menerapkan Sosial Media Marketing sangatlah penting, karena ini dapat membantu suatu bisnis atau brand untuk bisa dikenal masyarakat luas dan meningkatkan penjualan. Secara umum melakukan Sosial Media Marketing memiliki beberapa manfaat yaitu :

  • Meningkatkan Brand Awareness
  • Meningkatkan User Engagement
  • Menentukan Target Pasar
  • Mengetahui Respon Pelanggan terhadap Produk

Setelah kamu mengetahui manfaat menggunakan sosial media marketing, berikut ini adalah jenis-jenis sosial media marketing yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan kampanye di media sosial. Berdasarkan peringkat pengguna aktif dan total pengguna di dunia yang dilansir dari website statista.com.

1. Facebook

Jika kamu ingin mencari media sosial dengan jumlah pengguna aktif harian terbanyak sekitar 1,9 miliar pengguna aktif harian di tahun 2021 dari total 2,850 miliar pengguna facebook. Di facebook kamu bisa menargetkan pengguna dengan rentang usia 19-45 tahun.

2. YouTube

Di peringkat kedua dengan jumlah pengguna aktif harian sampai 283.5 juta pengguna adalah Youtube. Untuk pengguna youtube paling banyak ada di rentang usia 18 sampai 55 tahun. Total pengguna youtube saat ini ada 2,290 miliar pengguna.

3. WhatsApp

Sosial media di peringkat ketiga terbaik untuk melakukan social media marketing adalah whatsapp. Saat ini pengguna aktif di whatsapp mencapai 2 miliar pengguna harian. Dan pengguna whatsapp ada di usia 15 tahun sampai 45 tahun.

4. Instagram

Peringkat keempat ada instagram dengan total pengguna 1,386 miliar di tahun 2021 dan pengguna aktif harian mencapai 500 juta pengguna. Untuk rentang usia pengguna instagram ada di usia 18 sampai 35 tahun.

5. Twitter

Peringkat terakhir dalam jenis-jenis sosial media marketing yang bisa kamu gunakan adalah Twitter. Twitter memiliki 1,3 miliar pengguna dan total pengguna aktif harian di tahun 2021 sampai 211 juta pengguna. Dan rentang usia pengguna twitter adalah di usia 18 tahun sampai 45 tahun.

Jadi itulah tadi tahapan kampanye di media sosial dan jenis-jenis sosial media marketing yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan adanya informasi ini kamu bisa lebih mengetahui cara melakukan teknik dan strategi marketing terbaik di sosial media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini