Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sahabat setia blog Matawanita, pada kesempatan ini postingan ini akan berbagi jawaban dari pertanyaan: Wiraga dalam seni tari terdiri dari unsur berikut, KECUALI…Ruang Musik Waktu Tenaga-tenaga​. Buat sahabat yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya silahkan mencari di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita bersama simak pembahasannya. Di halaman ini ada pilihan jawaban tentang pertanyaan tersebut. Silakan menelusuri lebih jauh.

Pertanyaan

Wiraga dalam seni tari terdiri dari unsur berikut, KECUALI…Ruang Musik Waktu Tenaga-tenaga​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Wiraga dalam seni tari terdiri dari unsur berikut, KECUALI…Ruang Musik Waktu Tenaga-tenaga​

[tex]hugemathfrakblue{Jawaban:}[/tex]

Seni tari adalah jenis kesenian yang dilakukan dengan menggerakkan tubuh secara berirama dengan mengikuti alunan musik.

Menurut Nur Ajizah Putri Jayaningtias dalam Buku Pembelajaran Seni Tari di Indonesia dan Mancanegara (2017), adanya berbagai unsur dalam kesenian tari akan membuat gerakan tari menjadi lebih ritmis dan indah.

Dalam kesenian tari, ada tiga unsur utama yang harus diketahui dan dipahami oleh para penari, yakni wiraga, wirama serta wirasa.

Wiraga

Wiraga atau raga berarti dalam sebuah kesenian tari, para penari harus menonjolkan gerak tubuh, dalam posisi berdiri dan atau duduk.

Dwi Maryani dalam jurnalnya berjudul Wiraga, Wirama, Wirasa dalam Tari Tradisi Gaya Surakarta menjelaskan, wiraga berarti para penari memiliki kemampuan serta keterampilan untuk menampilkan tiap gerakan.

Wiraga sangat erat kaitannya dengan hapalan koreografi tarian dan daya ingat para penari. Selain itu, wiraga juga berarti para penari harus menguasai berbagai teknik gerakan. Contohnya seperti arah hadap dan arah gerak.

Dalam wiraga, ketepatan waktu, ketepatan gerakan, tempo, dan perubahan gerak sangat penting untuk diperhatikan serta diperhitungkan.

Wirama

Wirama atau irama berarti dalam sebuah kesenian tari, para penari harus memiliki gerakan tubuh yang sesuai dengan irama musik yang digunakan.

Dalam kesenian tari, wirama meliputi irama dari gerakan tari dan iringan musik. Antara penari serta pengiring musik, haruslah saling berkaitan agar pesan yang ingin disampaikan kepada penonton dapat tertangkap dengan baik.

Contohnya jika pesan yang ingin disampaikan adalah tentang rasa sedih, maka gerakan, ekspresi penari serta iringan musik harus menunjukkan rasa sedih.

Wirama dalam seni tari sangat berkaitan dengan emosi. Karena melalui irama iringan musik serta gerakan tari dapat membangkitkan rasa atau emosi.

Wirasa

Wirasa atau rasa berarti dalam sebuah kesenian tari, para penari harus menyampaikan pesan melalui gerakan tari serta ekspresi dari para penari.

Dalam kesenian tari, wirasa didapat dari gerakan tari serta iringan musik. Agar bisa mendapatkan wirasa tersebut, para penari serta pengiring musik haruslah sering berlatih agar bisa mendapatkan wirasa yang diharapkan.

Unsur-unsur utama dalam seni tari ada tiga, yaitu wiraga, wirama, dan wirasa. Apa yang terjadi apabila salah satu dari unsur tersebut tidak ada?

Tarian akan menjadi tidak indah atau kurang harmonis. Karena tarian akan dikatakan indah jika mengandung ketiga unsur tersebut.

Ketiga unsur akan mempermudah penyampaian pesan kepada penonton. Wiraga, wirama serta wirasa merupakan satu kesatuan utuh yang tidak bisa dipisahkan.

Jawaban

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Wiraga dalam seni tari terdiri dari unsur berikut, KECUALI…Ruang Musik Waktu Tenaga-tenaga​

Jawaban:

Answer : Musik

Penjelasan :

Unsur tari terdiri dari wiraga,wirama,wirasa,dan wirupa. Pada wiraga atau gerak yg merupakan unsur utama terdapat tiga elemen yaitu ruang, waktu dan tenaga.

Berikut penjelasan Ruang, Waktu, dan Tenaga dalam Wiraga :

  • Ruang adalah tempat kita menggerakkan tarian.
  • Waktu adalah beberapa lama kita menggunakan tarian itu.
  • Tenaga adalah seberapa bisa kemampuan tubuh kita untuk mengeksplorasikan gerakan itu.

NOTE : Jangan Lupa Jadikan Jawaban Tercerdas, Love/Rantingnya, Dan Follow Aku Yaa! ><

Tolong Jangan Hapus Jawabanku, Aku Capee Ngejawabnya ^^

Demikian beberapa jawaban dari pertanyaan: Wiraga dalam seni tari terdiri dari unsur berikut, KECUALI…Ruang Musik Waktu Tenaga-tenaga​. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai Wiraga dalam seni tari terdiri dari unsur berikut, KECUALI…Ruang Musik Waktu Tenaga-tenaga​, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini