Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sobat blog Matawanita, kali ini postingan ini akan mencoba merangkum jawaban dari pertanyaan: Suhu tiga mol gas ideal 373 k .berapakah besar usaha yg dilakukan gas dalam pemuaian secara isoterma…. Buat sobat yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya boleh mencari di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita bersama lihat rangkumannya. Di artikel ini ada sudut pandang yang berbeda atas jawaban tentang pertanyaan yang satu ini. Silakan menelaah lebih lanjut.

Pertanyaan

Suhu tiga mol gas ideal 373 k .berapakah besar usaha yg dilakukan gas dalam pemuaian secara isotermal untuk mencapai empat kali volume awalnya

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Suhu tiga mol gas ideal 373 k .berapakah besar usaha yg dilakukan gas dalam pemuaian secara isotermal untuk mencapai empat kali volume awalnya

W = 12 894 J

Penjelasan

Dasar Teori

USAHA GAS

Dalam proses gas ideal adanya usaha ditandai dengan perubahan volume. Jika volume gas bertambah (ekspansi) itu berarti gas melakukan usaha dan dalam perhitungan bertanda positif. Sedangkan jika volume gas berkurang (kompresi) itu artinya gas dikenai usaha dan dalam perhitungan bertanda negatif. Untuk menghitung usaha gas kita menggunakan persamaan :

1.Isobar

Proses pada tekanan tetap

W = P ΔV

dimana :

P= tekanan gas (Pa)

ΔV = perubahan volume (m3)

= V2 – V1

2.Isotermis

Proses pada suhu tetap

W = n R T ln V2/V1

Dimana

n = jumlah mol gas

R =tetapan gas universal

= 8,314 J/mol K

T = Suhu mutlak gas (K)

V1= Volume gas mula mula (m3)

V2 = Volume gas akhir (m3)

3.Isokhorik

Proses pada volume tetap

ΔV = 0

P = 0

4.Adiabtais

Proses dimana Q = 0

W = 1/(γ-1) (P2.V2 – P1.V1)

dimana

γ = konstanta laplace

= Cp/Cv

Diketahui

Proses isotermal

n = 3 mol

T = 373 K

V1 = V

V2 = 4 V

Ditanya

Usaha gas

Penyelesaian

W = n R T ln V2/ V1

= 3 × 8,314 × 373 ln 4V/V

W = 12 894 J

Nah itu dia beberapa jawaban atas pertanyaan: Suhu tiga mol gas ideal 373 k .berapakah besar usaha yg dilakukan gas dalam pemuaian secara isoterma…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog kami di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab tentang Suhu tiga mol gas ideal 373 k .berapakah besar usaha yg dilakukan gas dalam pemuaian secara isoterma…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini