Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sobat Matawanita, pada kesempatan ini blog ini akan mencoba merangkum jawaban dari pertanyaan: suatu zat padat dilarutkan dalam air maka larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dan timbul g…. Buat sahabat yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya boleh lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita lihat rangkumannya. Disini ada sudut pandang yang berbeda atas jawaban mengenai pertanyaan yang satu ini. Silakan baca lebih jauh.

Pertanyaan

suatu zat padat dilarutkan dalam air maka larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dan timbul gelembung di elektrodenya pernyataan yang tepat untuk menjelaskan kejadian tersebut adalah dalam air terurai menjadi ion ion fe Dalam Air Disa tetap sebagai padatan C dalam air terurai menjadi molekul-molekul air menjadi mudah terionisasi bila dalam zat yang terlarut air yang menjadi konduktor listrik bila ada zat terlarut nya

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: suatu zat padat dilarutkan dalam air maka larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dan timbul gelembung di elektrodenya pernyataan yang tepat untuk menjelaskan kejadian tersebut adalah dalam air terurai menjadi ion ion fe Dalam Air Disa tetap sebagai padatan C dalam air terurai menjadi molekul-molekul air menjadi mudah terionisasi bila dalam zat yang terlarut air yang menjadi konduktor listrik bila ada zat terlarut nya

suatu zat padat dilarutkan dalam air maka larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dan timbul gelembung di elektrodenya pernyataan yang tepat untuk menjelaskan kejadian tersebut adalah

Zat tersebut di dalam air dapat terionisasi menjadi ion – ion nya yang dapat bergerak bebas.

Pembahasan

[tex]boxed{boxed{bold{ Larutan~Elektrolit~dan~Non~Elektrolit }}}[/tex]  

[tex]mathbf{A.~Larutan~elektrolit }[/tex]  

Larutan elektrolit adalah zat yang dapat membentuk ion-ion dalam pelarutnya sehingga larutannya dapat menghantarkan listrik. Hal ini dikarenakan larutan elektrolit terionisasi dalam pelarutnya.  

1. Larutan elektrolit kuat adalah elektrolit yang dapat terionisasi sempurna atau hampir sempurna menjadi ion-ion dalam pelarutnya dan umumnya menghasilkan larutan dengan daya hantar listrik yang baik.  

2. Larutan elektrolit lemah adalah elektrolit yang hanya terurai sebagian kecil menjadi ion-ion dalam pelarutnya dan menghasilkan larutan dengan daya hantar listrik yang buruk.  

[tex]mathbf{B.~Larutan~non~elektrolit }[/tex]  

Larutan non elektrolit adalah zat yang tidak dapat membentuk ion-ion dalam pelarutnya sehingga larutannya tidak dapat menghantarkan arus listrik.  

[tex]mathbf{Ciri~-~Ciri~Larutan~Elektrolit~Kuat, ~Lemah, ~dan~Non~Elektrolit }[/tex]  

Larutan Elektrolit Kuat  

1. Senyawa ion  

2. Sneyawa kovalen polar  

3. Larutan asam atau basa kuat  

4. Larutan garam (asam kuat + basa kuat)  

5. Terionisais sempurna  

6. Daya hantar listrik yang baik  

7. Derajat ionisasi (α) = 1

8. Ciri percobaan : nyala lampu terang dan banyak gelembung gas  

Contoh :  

Asam : HCl, H₂SO₄  

Basa: NaOH, Ca(OH)₂  

Garam : NaCl, CaSO₄  

Larutan Elektrolit Lemah  

1. Senyawa kovalen polar  

2. Larutan asam atau basa lemah  

3. Terionisasi sebagian  

4. Daya hantar listrik yang buruk  

5. Derajat ionisasi (α) sebesar 0 < α < 1

6. Ciri percobaan : nyala lampu redup, sedikit gelembung gas atau lampu tidak menyala, sedikit gelembung gas  

Contoh :  

Asam : H₂CO₃, CH₃COOH  

Basa : NH₃  

Larutan Non Elektrolit  

1. Senyawa kovalen non polar  

2. Tidak terionisasi  

3. Tidak menghantarkan arus listrik  

4. Derajat ionisasi (α) < 0

5. Ciri percobaan : lampu tidak menyala dan tidak ada gelembung gas  

Contoh :  

C₂H₅OH, C₆H₁₂O₆, C₁₂H₂₂O₁₁, CO(NH₂)₂  

[tex]mathbf{C.~Hubungan~Larutan~Elektrolit~dengan~Ikatan~Kimia }[/tex]  

1. Senyawa ion  

Untuk senyawa ion (ikatan ion) yaitu senyawa yang terbentuk dari logam dan non logam yang berikatan ion. Dalam bentuk padatan (solid), senyawa ion tidak dapat menghantarkan arus listrik karena ion – ionnya tidak dapat bergerak bebas disebabkan terperangkap dalam bentuk padatan atau kristal yang terikat kuat dan rapat. Sedangkan dalam bentuk lelehan (liquid) dapat menghantarkan listrik karena ion – ion nya dapat bergerak bebas. Begitu juga dengan dalam bentuk larutan (aq) dapat menghantarkan listrik karena ion – ion nya dapat bergerak bebas.

Contoh : NaOH, Ca(OH)₂ , NaCl, CaSO₄, MgCl₂, KBr  

2. Senyawa kovalen polar  

Untuk senyawa kovalen (iktan kovalen) yaitu senyawa yang terbentuk dari non logam dan non logam yang berikatan kovalen. Dalam bentuk pdatan (solid), tidak dapat menghantarkan listrik karena terdiri dari molekul – molekul netral yang tidak bermuatan. Sedangkan dalam bentuk lelehan (liquid) juga tidak dapat menghantarkan arus listrik karena juga terdiri dari molekul – molekul netral walaupun dapat bergerak. Tetapi berbeda jika dalam larutan (aq) molekul – molekulnya dapat terhidrolisis menjadi ion – ion yang dapat bergerak bebas.  

Contoh : HCl, H₂SO₄, HNO₃, CH₃COOH  

3. Senyawa kovalen non polar  

Baik dalam bentuk padatan, lelehan dan larutannya tidak dapat menghantarkan arus listrik karena terdiri dari molekul – molekul netral yang tidka bermuatan dan tidak dapat bergerak.  

Contoh : CH₄, CCl₄  

[tex]mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }[/tex]  

  • Pengelompokkan larutan elektrolit dan non elektrolit https://brainly.co.id/tugas/2030067
  • Elektrolit dalam kehidupan https://brainly.co.id/tugas/10921127
  • Uji nyala lampu dan gelembung gas https://brainly.co.id/tugas/9484469#, https://brainly.co.id/tugas/9016630
  • Derajat ionisasi larutan elektrolit https://brainly.co.id/tugas/21235224
  • Reaksi ionisasi senyawa elektrolit https://brainly.co.id/tugas/8873615#, https://brainly.co.id/tugas/20999102, https://brainly.co.id/tugas/9340130

              [tex]boxed{bigstar}boxed{bold{Semoga~Membantu}}boxed{bigstar}[/tex]              

              [tex]boxed{bigstar}boxed{bold{ionkovalen}}boxed{bigstar}[/tex]

[tex]mathbf{Detil~Jawaban }[/tex]  

Mapel : Kimia

Bab : Larutan elektrolit dan non elektrolit

Kelas : X

Semester : 2

Kode : 10.7.5

Kata kunci : elektrolit, non elektrolit, elektrolit lemah, elektrolit kuat, terionisasi, terurai, daya hantar listrik, arus listrik

Nah itu dia beberapa jawaban dari pertanyaan: suatu zat padat dilarutkan dalam air maka larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dan timbul g…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai suatu zat padat dilarutkan dalam air maka larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dan timbul g…, semoga dengan kumpulan jawaban ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini