Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua pembaca setia blog Matawanita, pada kesempatan ini postingan ini akan membahas jawaban dari pertanyaan: Struktur sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya. Buat sahabat yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya silahkan lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita lihat pembahasannya. Disini ada beberapa alternatif jawaban mengenai pertanyaan yang satu ini. Silakan baca lebih jauh.

Pertanyaan

Struktur sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Struktur sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya

1. Dinding selDinding sel tersusun atas selulosa yang kuat yang dapat memberikan sokongan, perlindungan dan untuk mengekalkan bentuk selDinding sel terdiri dari selulosa (sebagian besar), hemiselulosa, pektin, lignin, kitin, garam karbonat dan silikat dari Ca dan MgFungsi dinding sel :
Memberi bentuk selMelindungi bagian sebelah dalam dan mengatur transportasi zatMenyokong tumbuhan yang tidaka berkayu
2. Nukleus
Merupakan inti dari sel, berbentuk bulat, dibatasi oleh membran sehingga cairan sel bisa keluar masuk Secara kimia terdiri dari DNA, RNA dan protein (histon)Dalam nukleus terdapat kromosom yang berfungsi untuk pembelahan selFungsi nukleus :
Mengendalikan metabolisme selTempat penggandaan dan transkripsi DNAPengatur pembelahan sel dan pembawa informasi genetik3. Mitokondria (The Power House)
Benda bulat berbentuk tongkat mempunyai 2 lapis membranUkurannya 0,2–5 micrometerJumlahnya dalam sel berbeda-bedaTerdapat pada sel saraf dan sel ototRespirasi seluler menghasilkan energi melalui metabolisme aerobLapisan didalamnya berlekuk-lekuk dan dinamakan kristaFungsi mitokondria : 
Mengandung enzim-enzim yang melakukan oksidasi makanan dan mensintesa ATP untuk energi pada selTempat terjadinya respirasi sel menghasilkan energi4. Ribosom (Ergastoplasma)
Bagian paling kecil yang tersuspensi/tersebar di dlama sitoplasmaTerdapat dalam sel hati kurang lebih 25%Ada yang melekat di RE (sehingga menjadikan RE tersebut dinamakan RE kasar dan ada pula yang soliter)Fungsi ribosom :
Mensintesa protein, protein yang baru di sintesa dikemas dalam satu organel yang dibatasi membran5. Retikulum Endoplasama (RE)
Berbentuk tabung pipih berpasang-pasanganTerbagi dua : 1. RE kasar > retikulum yang pada membrannya menempel ribosom, berfungsi  
                                           untuk sintesa protein
                     2. RE halus > tanpa ribosom, berfungsi mensintesa lemak, fosfolipid dan steroidStruktur RE hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektronFungsi Retikulum Endoplasma :
Sebagai alat transportasi zat-zat didalam sel itu sendiri6. Badan Golgi (Apparatus Golgi = Diktiosom)
Terdapat pada semua sel tumbuhan dan hewanBerbentuk setumpuk saku pipih berkelok-kelok yang dibatasi membranDi hasilkan oleh RE halusPada sel tumbuhan badan golgi disebut diktiosomOrganel ini dihubungkan dengan fungsi ekresi selFungsi badan golgi :
Memodifikasi protein dengan menambahkan oligosakaridaMembentuk lisosomUntuk sekresi pada mukosa7. Lisosom
Berbentuk bulat, yang dibatasi oleh membran tunggalDihasilkan oleh apparat golgi yang penuh dengan proteinMempunyai enzim hidrolitik untuk pencernaan polisakarida, lipid, asam nukleat & proteinSalah satu enzimnya yaitu LisozymFungsi lisosom :
Berperan penting dalam matinya selMencerna makromolekul secara intraselulerSebagai penghasil dan penyimpan enzim pencernaan selulerMencerna materi yang di ambil secara endositosisMenghancurkan organel sel lain yang sudah tidak berfungsiMenghancurkan selnya sendiri (autolisis)8. Sentriol/Sentrosom
Terdapat dalam sitoplasma pada permukaan luar nukleus, yang terdiri dari sebaris silinder sebanyak 9 mikrotubuliSebelum sel membelah, sentriol akan berduplikasi untuk membentuk benda basal, silia, dan flagelaStruktur berbentuk bintang yang berfungsi dalam pembelahan sel (mitosis maupun meiosis)Fungsi sentrosom :
Mengatur pembelahan sel dan pemisahan kromosom selama pembelahan sel pada hewanMensintesis mikrotubul silia dan flagelaMenghasilkan gelendong pada sel hewanSebagai benda kutub dalam mitosis dan meiosis9. Membran Plasma
Tersusun atas karbohidrat, protein dan lemakFungsi membran plasma :
Pelindung bagi sel agar sel tidak keluarPengatur pertukaran zat yang keluar masuk ke dalam selMelakukan seleksi dalam atau luar sel (selektif permeabel)10. Sitoplasma
Merupakan cairan sel dalam sel (sitosol)Didalamnya terdapat berbagai organel selFungsi sitoplasma :
Sebagai tempat berlangsungnya metabolisme sel11. Vakuola (Rongga Sel)
Berisi garam-garam organik, glikosida, tanin (zat penyamak), minyak eteris, alkaloid, enzim, butir-butir patiFungsi vakuola :
Sebagai pengatur tekanan turgor Tempat menyimpan cadangan makanan, pigmen, minyak astiri dan sisa metabolisme12. Plastida
Mengandung pigmen dan menyimpan makananMacam-macam plastida : > Leukoplas : tidak berwarna sebagai gudang simpanan makanan, amiloplas (berisi amilum), proteinoplas (protein), elailoplas (berisi minyak dan lemak)
                                       > Kloroplas : berwarna hijau, mengandung klorofil, pigmen karotenoid, berfungsi untuk fotosintesis
                                       > Kromoplas : berwarna merah/kuning, mengandung karotenoid (karoten dan xantofil), non fotosintesis13. Peroksisom (Badan Mikro)
Bentuk dan ukuran sama seperti lisosomMengandung enzim, terutama katalase, yang mengkatalisisr perombakan H2O2 yang berbahaya pada metabolismeFungsi peroksisom :
Merubah lemak menjadi karbohidratMenghasilkan enzim oksidatif untuk membentuk H2O2 untuk merombak lemakMenghasilkan enzim katalase untuk mengubah H2Omenjadi H2O dan O2

Demikian beberapa jawaban atas pertanyaan: Struktur sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog kami di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai Struktur sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya, semoga dengan rangkuman pembahasan bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini