Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sobat Matawanita, kali ini matawanita.com akan mencoba merangkum jawaban dari pertanyaan: Sebutkan pelanggaran HAM berat yang terjadi dalam kasus Tanjung Priok! HELP!!!. Buat sahabat setia yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya boleh mencari di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita lihat rangkumannya. Di halaman ini ada beberapa alternatif jawaban tentang pertanyaan tersebut. Silakan menelusuri lebih jauh.

Pertanyaan

Sebutkan pelanggaran HAM berat yang terjadi dalam kasus Tanjung Priok!

HELP!!!

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Sebutkan pelanggaran HAM berat yang terjadi dalam kasus Tanjung Priok!

HELP!!!

Pelanggaran HAM berat yang terjadi dalam kasus Tanjung Priok adalah pembunuhan massal, penangkapan sepihak, penyiksaan, dan penculikan.

Pembahasan :

HAM (Hak Asasi Manusia) dimiliki oleh setiap manusia saat mereka lahir, diantaranya hak untuk hidup, hak untuk berumah tangga secara sah, hak untuk berpendapat, dan hak untuk berorganisasi. Di Indonesia, pernah terjadi beberapa pelanggaran hak asasi manusia salah satunya pelanggaran HAM berat dalam kasus Tanjung Priok (1984) yang terjadi pada masa orde baru dan banyak memakan korban. Pelanggaran yang terjadi, yaitu sebagai berikut :

  • Pembunuhan massal

Pembunuhan massal yang juga diadakan secara mendadak ini diakibatkan oleh tindakan berlebihan dari aparat penjaga yang terjadi yang mengakibatkan tewasnya puluhan jiwa. Pembunuhan massal adalah termasuk dalam pelanggaran yang sangat berat.

  • Penangkapan sepihak

Penangkapan sepihak tanpa adanya kepastian dan hanya didasarkan keterkaitan pihak-pihak dalam kasus Tanjung Priok ini juga merupakan pelanggaran hak asasi karena korban penangkapan tidak dibiarkan berpendapat.

  • Penyiksaan

Penyiksaan yang terjadi dalam kejadian ini yaitu penyiksaan rakyat yang terlibat ataupun hanya terduga sebagai pelaku kasus Tanjung Priok.

  • Penculikan

Penculikan ini juga dilakukan dengan menghilangkan jejak korban-korban peristiwa Tanjung Priok serta penyembunyian identitas dari publik bahkan keluarga korban sendiri.

Pelajari Lebih Lanjut :

  • Contoh soal serupa dan pembahasan mengenai jenis hak asasi yang dimiliki manusia https://brainly.co.id/tugas/17796674
  • Contoh pelanggaran HAM lainnya di masa orde baru https://brainly.co.id/tugas/713971
  • Peraturan perundang-undangan yang secara eksplisit mengatur hak asasi manusia https://brainly.co.id/tugas/810410

Detail Soal :

Mapel : PPKN

Kelas : X SMA

Materi : Bab 3 – Perkembangan Hak Asasi Manusia

Kata Kunci : HAM, kasus Tanjung Priok.

Kode Kategorisasi : 10.9.3

#TingkatkanPrestasimu

Demikian beberapa jawaban dari pertanyaan: Sebutkan pelanggaran HAM berat yang terjadi dalam kasus Tanjung Priok! HELP!!!. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai Sebutkan pelanggaran HAM berat yang terjadi dalam kasus Tanjung Priok! HELP!!!, semoga dengan pembahasan ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini