Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua pembaca setia matawanita.com, kali ini admin akan berbagi jawaban dari pertanyaan: pidato singkat berjudul amalan amalan di bulan puasa​. Buat sobat yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya boleh lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita bersama simak pembahasannya. Di halaman ini ada pilihan jawaban mengenai pertanyaan yang satu ini. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

pidato singkat berjudul amalan amalan di bulan puasa​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: pidato singkat berjudul amalan amalan di bulan puasa​

Jawaban:

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Selain wajib menjalankan puasa sepanjang bulan, umat Islam juga dapat memperbanyak amalan sunah yang bisa dilakukan di bulan yang suci ini.

Kemuliaan bulan Ramadan terlukis dalam sabda Nabi Muhammad, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah wajibkan puasa Ramadan. Pintu langit dibuka, pintu neraka ditutup, setan dibelenggu. Di dalamnya (bulan Ramadan) ada lailatul qadar.” (H.R. Nasai)

Selain itu, tidak ada jaminan bagi seseorang untuk bisa mengalami bulan Ramadan pada tahun berikutnya. Mungkin saja di tahun depan masih bisa menikmati kenikmatan bulan Ramadan, namun dimungkinkan pula untuk tidak dapat merasakannya.

Demikian mulianya bulan Ramadan, berikut amalan-amalan yang juga dianjurkan dilakukan selama berpuasa di bulan yang penuh rahmah ini dikutip dari buku Tuntunan Ibadah Pada Bulan Ramadhan yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah (2019:25).

Pertama, salat tarawih. Diriwayatkan dari Abu Huraihah, Nabi Muhammad bersabda, “Barang siapa beribadah di malam Ramadan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka ia dihapus dosanya yang telah lampau.” (HR al-Bukhari). Ibadah saat malam ramadan dapat dilakukan dengan salat tarawih, zikir, doa, dan banyak membaca Alquran.

Kedua, mengakhirkan makan di waktu sahur. Dalam sebuah hadis, dijelaskan bahwa Abu Dzarr berkata bahwa Rasulullah bersabda “Umatku senantiasa dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka dan menta’khirkan sahur” [H.R. Ahmad].

Hadis ini menyebutkan bahwa salah satu amalan yang disunahkan adalah mengakhirkan makan di waktu sahur sebelum masuknya waktu menuju terbitnya fajar atau salat subuh.

Penjelasan:

semoga membantu y jadikan jawaban yg terbaik y dan follow aku y

Nah itu dia pembahasan dari pertanyaan: pidato singkat berjudul amalan amalan di bulan puasa​. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai pidato singkat berjudul amalan amalan di bulan puasa​, semoga dengan jawaban bisa membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini