Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sahabat setia blog Matawanita, pada kesempatan ini matawanita.com akan mencoba merangkum jawaban dari pertanyaan: pidato dari abu Musa al Asy’ari pada peristiwa tahkim​. Buat sobat yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya silahkan mencari di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita simak rangkumannya. Di artikel ini ada pilihan jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan itu. Silakan menelusuri lebih jauh.

Pertanyaan

pidato dari abu Musa al Asy’ari pada peristiwa tahkim​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: pidato dari abu Musa al Asy’ari pada peristiwa tahkim​

Jawaban

Peristiwa Tahkim atau Arbitrase (bahasa Arab: التحكيم أو تحكيم القرآن) adalah sebuah istilah untuk sebuah kejadian sejarah yang berhubungan dengan Perang Shiffin. Dalam kejadian ini Abu Musa al-Asy’ari merupakan perwakilan dan juri bagi pasukan Kufah (pasukan Imam Ali as) dan Amru bin ‘Ash merupakan perwakilan dari pihak pasukan Syam (pasukan Muawiyah). Kedua perwakilan ini melakukan perundingan untuk menyelesaikan perbedaan antara kaum muslimin satu dengan lainnya dan kedua pihak sepakat untuk memberikan pendapat sesuai dengan Alquran dan hadis. Usulan perundingan diajukan dengan tipu daya Amru bin ‘Ash dan Muawiyah dalam rangka menyelamatkan pasukan mereka dari pasukan Imam Ali as. Sebenarnya Imam Ali as dari awal sudah menentang perundingan ini. Pasukan Syam ketika melihat mereka mulai terdesak dan hampir mengalami kekalahan, mereka menancapkan Alquran di ujung tombak dan meneriakkan syiar-syiar; bahwa hendaklah Alquran harus menjadi hakim bagi kedua pihak. Mengingat Amru bin ‘Ash perwakilan dari Syam berhasil dan mampu mengelabui Abu Musa al-Asy’ari serta melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kesepakatan dengan memperkenalkan Muawiyah sebagai khalifah, maka perundingan pun tidak memberikan hasil dan hanya bisa menyelamatkan pasukan Syam dari kekalahan.

Nah itu dia pembahasan dari pertanyaan: pidato dari abu Musa al Asy’ari pada peristiwa tahkim​. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab tentang pidato dari abu Musa al Asy’ari pada peristiwa tahkim​, semoga dengan kumpulan jawaban ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini