Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua pembaca matawanita.com, kali ini admin Matawanita akan membahas jawaban dari pertanyaan: perbedaan+utama+acara+hindu+dan+candi+budha+adalah+terletak+pada. Buat sahabat setia yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh mencari di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita lihat pembahasannya. Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan ini. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

perbedaan+utama+acara+hindu+dan+candi+budha+adalah+terletak+pada

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: perbedaan+utama+acara+hindu+dan+candi+budha+adalah+terletak+pada

Jawaban:

salah satu perbedaannya terdapat pada makna dari bagian candi.

Penjelasan:

Bangunan candi Hindu dibagi menjadi tiga bagian, bagian bawah disebut Bhuloka yang merupakan simbol dari kehidupan dunia yang fana, bagian tengah disebut Bhurvaloka yang merupakan lambang dari dunia pembersih atau pemurnian, dan bagian atas disebut Svarloka yang merupakan kehidupan para dewa yang ada di nirwana.

Sedangkan candi Budha dibagi tiga menjadi Kamadhatu (bagian dasar candi) yang melambangkan kehidupan manusia yang penuh dosa, Rupadhatu (bagian tengah candi) melambangkan kehidupan manusia di dunia yang hanya mementingkan nafsu, dan Arupadhatu (bagian atas candi) yang melambangkan manusia sudah mencapai nirwana.

Bentuk bangunan candi Hindu biasanya sederhana, tanpa hiasan, dan dibangun dalam kelompok namun masing-masing berdiri sendiri serta tidak beraturan letaknya. Bentuk candi seperti ini bisa dilihat pada Candi Prambanan, Dieng, dan Gedongsongo.

Sementara candi Budha bentuk bangunannya indah dan sarat dengan hiasan. Candi di wilayah utara ini umumnya dibangun dalam kelompok dengan pola yang sama, yaitu candi induk yang terletak di tengah dikelilingi oleh barisan candi perwara. Model candi seperti itu bisa dilihat pada Candi Borobudur, Mendut, Sewu, dan Kalasan.

Selain itu, candi Hindu umumnya mempunyai bentuk yang lebih tinggi dan menjulang, sedangkan candi Budha punya tampilan agak datar dan mempunyai stupa pada bagian puncak. Pada candi Hindu tak akan ditemui stupa karena punya bentuk yang lancip pada bagian atasnya.

Nah itu dia jawaban dari pertanyaan: perbedaan+utama+acara+hindu+dan+candi+budha+adalah+terletak+pada. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab tentang perbedaan+utama+acara+hindu+dan+candi+budha+adalah+terletak+pada, semoga dengan jawaban dapat membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini