Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sahabat setia Matawanita, pada kesempatan ini kami akan berbagi jawaban dari pertanyaan: Pada reaksi: zn(s) + 2mno2(s) + 2nh4+(aq) → zn2+(aq) + mn2o3(s) + 2nh3(aq) + h2o(l) manakah yang ber…. Buat pembaca yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita lihat rangkumannya. Di artikel ini ada beberapa alternatif jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih jauh.

Pertanyaan

Pada reaksi:
zn(s) + 2mno2(s) + 2nh4+(aq) → zn2+(aq) + mn2o3(s) + 2nh3(aq) + h2o(l)
manakah yang berperan sebagai reduktor dan mana yang oksidator?​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Pada reaksi:
zn(s) + 2mno2(s) + 2nh4+(aq) → zn2+(aq) + mn2o3(s) + 2nh3(aq) + h2o(l)
manakah yang berperan sebagai reduktor dan mana yang oksidator?​

Jawaban:

Yang berperan sebagai reduktor (zat yang mengalami oksidasi) = Zn, dan yang berperan sebagai oksidator (zat yang mengalami reduksi) = MnO2.

Penjelasan:

Reaksi reduksi adalah reaksi yang ditandai dengan penurunan biloks, sedangkan reaksi oksidasi ditandai dengan kenaikan biloks. Salah satu ciri yang bisa dilihat untuk mengetahui reaksi redoks adanya unsur bebas. Spesi yang mengalami oksidasi disebut reduktor, sedangkan spesi yang mengalami reduksi disebut oksidator.

Untuk mengetahui, perubahan bilangan oksidasi nya, maka perlu ditentukan biloks dari masing-masing unsur pada setiap senyawa. Bilangan oksidasi pada masing-masing senyawa ditentukan berdasarkan aturan berikut:

1. Biloks unsur bebas = 0

2. Dalam senyawa: biloks golongan IA = +1, IIA = +2, Al = +3, H = +1 (kecuali pada hidrida logam, biloks H = -1), F = -1, O = -2 (kecuali pada peroksida, biloks O = -1 dan superoksida, biloks O = −1/2)

3. Jumlah biloks ion = muatannya

4. Jumlah biloks pada senyawa netral = 0

Demikian beberapa jawaban atas pertanyaan: Pada reaksi: zn(s) + 2mno2(s) + 2nh4+(aq) → zn2+(aq) + mn2o3(s) + 2nh3(aq) + h2o(l) manakah yang ber…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai Pada reaksi: zn(s) + 2mno2(s) + 2nh4+(aq) → zn2+(aq) + mn2o3(s) + 2nh3(aq) + h2o(l) manakah yang ber…, semoga dengan kumpulan jawaban ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini