Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sahabat blog Matawanita, pada kesempatan ini postingan ini akan berbagi jawaban atas pertanyaan: materi mengenai jurnalistik tentang produk jurnalistik dan teknik reportase menurut buku referensi ​. Buat sahabat yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita lihat rangkumannya. Di artikel ini ada beberapa alternatif jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan menelaah lebih jauh.

Pertanyaan

materi mengenai jurnalistik tentang produk jurnalistik dan teknik reportase menurut buku referensi ​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: materi mengenai jurnalistik tentang produk jurnalistik dan teknik reportase menurut buku referensi ​

Jawaban:

Jurnalistik adalah proses atau aktivitas pengumpulan, penulisan, penyuntingan, dan publikasi berita melalui media massa.

Yang dimaksud “pengumpulan” (collecting/gathering) adalah “berburu” (hunting) bahan berita dengan melakukan reportase (reportage) atau peliputan peristiwa.

Pengertian Reportase

Secara bahasa, reportase artinya pemberitaan, pelaporan, atau laporan kejadian.

reportase adalah aktivitas sekaligus cara wartawan dalam mengumpulkan data dan fakta guna menyajikan berita.

Data dan fakta yang berhasil dikumpulkan lalu disusun dalam sebuah naskah berupa “rekonstruksi peristiwa” dengan “jalan cerita” yang mengacu pada unsur berita.

What : Apa yang terjadi?

Who : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?

Why : Mengapa hal itu bisa terjadi?

When : Kapan peristiwa itu terjadi?

Where : Di mana peristiwa itu terjadi?

How : Bagaimana peristiwa itu terjadi?

Keenam unsur berita itulah yang harus diliput atau dicatat oleh wartawan sehingga memudahkannya dalam menulis berita.

Penjelasan:

Semoga membantu 😉

Nah itu dia beberapa jawaban atas pertanyaan: materi mengenai jurnalistik tentang produk jurnalistik dan teknik reportase menurut buku referensi ​. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Demikian tanya-jawab tentang materi mengenai jurnalistik tentang produk jurnalistik dan teknik reportase menurut buku referensi ​, semoga dengan jawaban dapat membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini