Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sahabat setia Matawanita, pada kesempatan ini blog ini akan berbagi jawaban dari pertanyaan: kebudayaan orang bugis dan makassar. Buat pembaca yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya boleh melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita bersama lihat rangkumannya. Di artikel ini ada pilihan jawaban tentang pertanyaan itu. Silakan menelaah lebih lanjut.

Pertanyaan

kebudayaan orang bugis dan makassar

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: kebudayaan orang bugis dan makassar

1.Upacara perkawinan dalam suku Bugis disebut Mappabotting sementara itu istilah perkawinan dalam suku bugis disebut siala yang mempunyai arti saling mengambil satu sama lain.
2.Rumah adat Bentuknya biasanya memanjang ke belakang, dengan tambahan disamping bangunan utama dan bagian depan (orang bugis menyebutnya lego-lego). Tiang utama (alliri). Biasanya terdiri dari 4 batang setiap barisnya. Jumlahnya tergantung jumlah ruangan yang akan dibuat. Tetapi pada umumnya, terdiri dari 3/4 baris alliri. Jadi totalnya ada 12 batang alliri.
3.Baju Bodo adalah pakaian adat suku Bugis dan diperkirakan sebagai salah satu busana tertua di dunia. Perkiraan itu didukung oleh sejarah kain Muslim yang menjadi bahan dasar baju bodo.
4.Kesenian dari suku Bugis yang terkenal adalah Tari Paduppa Bosara.
5.Peninggalan suku bugis yakni Bissu adalah pendeta agama Bugis kuno pra-Islam. Bissu dalam kebudayaan Bugis adalah manusia hermafrodit yang mana secara anatomis adalah laki-laki namun dalam berbusana merupakan kombinasi antara karakteristik laki-laki dan perempuan.
6.Salah satu makanan khas dari suku Bugis ialah Buras atau biasa disebut juga burasa. Buras sebenarnya tidak jauh berbeda juga dengan olahan berbahan dasar beras lainnya, seperti halnya Ketupat.

Nah itu dia jawaban atas pertanyaan: kebudayaan orang bugis dan makassar. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai kebudayaan orang bugis dan makassar, semoga dengan pembahasan ini dapat membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini