Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sobat Matawanita, kali ini admin Matawanita akan membahas jawaban atas pertanyaan: jelaskan teknologi yang berkaitan dengan sistem peredaran darah berikut operasi bypass,angioplasti,d…. Buat sahabat yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya silahkan melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita bersama lihat pembahasannya. Di halaman ini ada beberapa jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan yang satu ini. Silakan menelaah lebih lanjut.

Pertanyaan

jelaskan teknologi yang berkaitan dengan sistem peredaran darah berikut operasi bypass,angioplasti,dan transplantasi jantung

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: jelaskan teknologi yang berkaitan dengan sistem peredaran darah berikut operasi bypass,angioplasti,dan transplantasi jantung

Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass jantung adalah tindakan untuk mengatasi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri koroner.

Prosedur Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass jantung berlangsung 3-6 jam dan pasien akan diberikan anestesi umum atau bius total, sehingga pasien tidak sadar selama tindakan. Dokter akan membuat sayatan sepanjang bagian tengah rongga dada dan membelah tulang dada, hingga jantung terlihat. Pasien akan diberikan obat-obatan untuk menghentikan kerja jantung. Setelah jantung berhenti, pembuluh darah besar akan disambungkan ke mesin jantung paru (heart lung machine) untuk menggantikan kerja jantung menjaga pasokan darah ke seluruh tubuh.

Selanjutnya, dokter akan mencangkok (graft) pembuluh darah dari bagian tubuh lainnya, biasanya diambil dari pembuluh darah vena di paha atau arteri di sekitar rongga dada, yang ditempelkan dari pembuluh darah arteri besar (aorta) ke pembuluh darah arteri koroner, yang sudah melewati daerah pembuluh darah yang menyempit, sehingga terbentuk jalur pintas baru yang tidak melewati arteri koroner yang tersumbat.

Setelah pencangkokan pembuluh darah yang baru selesai, dokter akan membuat jantung kembali berdenyut. Terkadang, kejutan listrik digunakan untuk membuat jantung kembali berdetak. Kemudian dokter akan menyatukan kembali tulang dada dengan kawat khusus yang akan permanen menempel di tulang dada, serta menutup sayatan di kulit dengan jahitan. Selang pernapasan yang dipasang sebelumnya, belum dilepas hingga pasien dapat bernapas sendiri dengan normal.

Teknik yang dijelaskan ini disebut dengan teknik konvensional. Terdapat juga teknik non konvensional, antara lain tanpa menghentikan denyut jantung, atau menggunakan bantuan robot yang memungkinkan operasi tanpa membelah tulang dada.

Angioplasti

Angioplasti koroner merupakan prosedur yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membuka penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung.

Prosedur Angioplasti

Mekanisme ini dilakukan dengan memasukan dan menggembungkan balon kecil di bagian pembuluh darah yang tersumbat untuk membantu memperluas salurannya. Angioplasti kerap dikombinasikan dengan penempatan tabung kawat kecil yang disebut dengan stent atau ring. Sebagian jenis ring dilapisi obat-obatan yang akan membantu menjaga aliran darah dalam pembuluh darah tetap terbuka. Pemasangan ring bertujuan membuka dinding pembuluh darah dan mencegahnya kembali menyempit.

Transplantasi jantung

Transplantasi jantung adalah proses mengganti jantung yang sudah tidak bekerja secara optimal dengan jantung yang lebih baik dari orang yang baru meninggal.

Prosedur Transplantasi jantung

Prosedur transolantasi jantung dilakukan dengan cara mengganti jantung pasien yang rusak dengan jantung dari donor yang sehat. Transplantasi jantung dibutuhkan ketika jantung tidak bisa lagi menjalankan fungsinya untuk memompa darah. Prosedur ini umumnya dilakukan pada penderita gagal jantung stadium akhir. Secara garis besar, berikut tahapan melakukan transplantasi jantung:  

  • Menemukan donor yang tepat  : Bukan perkara mudah menemukan donor yang tepat. Biasanya donor jantung berasal dari orang yang baru meninggal, namun kondisi jantungnya baik. Misalnya karena kecelakaan lalu lintas, atau karena kerusakan otak dimana organ-organ lain masih prima. Perpindahan jantung dari donor kepada penerima tidak boleh lebih dari enam jam. Meski sudah menemukan donor, banyak faktor yang harus dicocokkan. Golongan darah antibodi, hingga ukuran jantung akan dicocokkan oleh tim medis, termasuk risiko yang mungkin akan dihadapi penerima donor.
  • Mengangkat jantung pasien penerima donor  : Setelah donor yang tepat diperoleh, maka saatnya mengangkat jantung penerima donor. Kesulitan melaksanakan proses ini sangat tergantung kepada riwayat kesehatan jantung yang akan diangkat. Jantung yang sudah mengalami beberapa kali operasi akan lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama ditangani dibandingkan dengan jantung yang belum melalui operasi sama sekali.
  • Memasang jantung dari donor  : Proses implantasi jantung ke penerima mungkin adalah prosedur termudah dibandingkan proses-proses sebelumnya. Bahkan secara umum hanya dibutuhkan lima jahitan saja agar jantung dari donor bisa berfungsi dengan baik pada tubuh barunya. Proses ini pada dasarnya bertujuan menyambungkan pembuluh-pembuluh darah besar di jantung ke pembuluh darah yang akan mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Demikian beberapa jawaban atas pertanyaan: jelaskan teknologi yang berkaitan dengan sistem peredaran darah berikut operasi bypass,angioplasti,d…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog Matawanita di bawah ya. Thanks Demikian tanya-jawab mengenai jelaskan teknologi yang berkaitan dengan sistem peredaran darah berikut operasi bypass,angioplasti,d…, semoga dengan postingan ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini