Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sobat Matawanita, kali ini matawanita.com akan mencoba merangkum jawaban dari pertanyaan: jelaskan subsektor ekonomi kreatif. Buat sahabat setia yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya silahkan lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita lihat rangkumannya. Disini ada beberapa pilihan jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan yang satu ini. Silakan menelaah lebih jauh.

Pertanyaan

jelaskan subsektor ekonomi kreatif

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: jelaskan subsektor ekonomi kreatif

Mengutip dari situs resmi Badan Ekonomi Kreatif, ekonomi kreatif adalah sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi. Hal ini berarti kreativitas akan menjadi modal utama dalam meningkatkan nilai tambah ekonomi dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusianya. Ekonomi keatif merupakan babak baru atau modernisasi dari ekonomi pertanian, ekonomi industri, dan ekonomi informasi yang telah berjalan sebelumnya.

Ada 16 subsektor ekonomi kreatif yang tengah dikembangkan, antara lain :

1. Aplikasi dan pengembangan permainan

Di tengah kendalanya perihal sedikitnya minat investor pada sektor ini sampai belum adanya kebijakan proteksi yang memihak pada kepentingan developer domestik, penggemar game di Indonesia tidak berkurang sedikitpun, sehingga semakin maraknya penetrasi smartphone di Indonesia akan selalu dibarengi dengan munculnya game – game baru.

2. Arsitektur  

Arsitektur merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang memiliki peranan penting di mana arsitektur mampu menunjukkan karakter budaya bangsa Indonesia yang beraneka ragam sekaligus berperan dalam perancangan pembangunan sebuah kota.  

3. Desain Produk

Tangan – tangan terampil dari desainer produk yang mengkreasikan sebuah produk dengan menggabungkan unsur fungsi dan estetika membuat barang – barang lokal kita memiliki nilai tambah bagi masyarakat.  

4. Fashion

Fashion merupakan subsektor industri kreatif yang berjalan sangat dinamis  karena inovasi dan produktivitas desainer yang terus dikembangkan.

5. Desain Interior

Selama dua dekade terakhir ini, sektor desain interior menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Penggunaan jasa desainer untuk merancang interior properti, hotel hingga perkantoran pun semakin banyak.  

6. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual merupakan ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dengan memanfaatkan elemen visual sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu dan memiliki peranan yang penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis swasta, pemilik merek, bahkan program-program pemerintah.  

7. Seni Pertunjukan

Kesenian ini hadir sejak lama bahkan saat Indonesia masih terjajah bangsa asing. Seni pertunjukan biasanya dalam bentuk wayang, teater, ludruk, tari dan masih banyak lagi.

8. Film, Animasi dan Video

Industri perfilman saat ini sedang mengalami perkembangan yang positif dilihat dari berbagai judul film silih berganti menghiasi layar bioskop Indonesia. Animasi juga menunjukkan perkembangan yang positif.

9. Fotografi

Perkembangan industri fotografi didukung oleh minat anak muda sekarang yang semakin tinggi terhadap dunia fotografi karena semakin berkembangnya sosial media dan harga kamera yang semakin terjangkau.  

10. Kriya

Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan kerajinan seni kriya. Hasil kerajinan tersebut selain untuk pasar domestik, banyak juga yang ekspor ke luar negeri.  

11. Kuliner

Sektor ini menyumbang kontribusi 30% dari total sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Beberapa hal yang masih menjadi perhatian pemerintah yaitu akses perizinan satu pintu, panduan bisnis dan perizinan, hingga pendampingan hukum dalam proses pendirian usaha.  

12. Musik

Musik merupakan industri yang sangat dinamis. Inovasi terbaru saat ini di dunia musik adalah semakin banyaknya platform pembelian musik digital yang aksesnya mudah dan murah sehingga mengurangi aksi pembajakan.  

13. Penerbitan

Industri penerbitan berperan dalam membangun kekuatan intelektualitas bangsa. Meskipun pangsa pasar industri ini tidak sebesar sektor yang lain, namun industri ini punya potensi yang tidak kalah kuat dengan terus berupaya untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman melalui hadirnya produk penerbitan seperti buku dan majalah dalam bentuk digital (paperless).

14. Periklanan

Periklanan merupakan suatu penyajian materi yang berisi pesan persuasif kepada masyarakat untuk mempromosikan produk atau jasa. Konten-konten iklan biasanya dibuat khusus oleh sekelompok orang yang biasanya disebut sebagai agensi iklan.  

15. Seni rupa

Tercatat ada beberapa acara pameran seni rupa rutin diselenggarakan seperti Jogja Biennale, Jakarta Biennale, Art Jog, dan OK Video Festival.  Dan hal  itu menjadi bukti bahwa seni rupa di Indonesia juga sudah diakui perkembangannya.

16. Televisi dan Radio

Di tengah arus informasi digital yang kian masif, televisi dan radio masih menunjukkan eksistensinya dan masih dicintai para penonton dan pendengarnya. Peranan kedua industri ini pun cukup besar dengan nilai mencapai 3,17% dari Produk Domestik Bruto (PDB) .  

Pelajari lebih lanjut : https://brainly.co.id/tugas/18714756

DETAIL JAWABAN

MAPEL : EKONOMI

KELAS : XI

MATERI : PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

KATA KUNCI : EKONOMI KREATIF, SUBSEKTOR

KODE SOAL : 12

KODE KATEGORISASI : 11.12.2

Demikian beberapa jawaban atas pertanyaan: jelaskan subsektor ekonomi kreatif. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog kami di bawah ya. Thanks Demikian tanya-jawab tentang jelaskan subsektor ekonomi kreatif, semoga dengan pembahasan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini