Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sahabat matawanita.com, kali ini blog Matawanita akan mencoba merangkum jawaban dari pertanyaan: Jelaskan jenis – jenis kekuasaan yang berlaku dalam penyelenggaraan negara di Republik Indonesia !. Buat sahabat setia yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita bersama lihat pembahasannya. Disini ada beberapa pilihan jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan yang satu ini. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Jelaskan jenis – jenis kekuasaan yang berlaku dalam penyelenggaraan negara di Republik Indonesia !

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Jelaskan jenis – jenis kekuasaan yang berlaku dalam penyelenggaraan negara di Republik Indonesia !

jenis – jenis kekuasaan yang berlaku dalam penyelenggaraan negara di Republik Indonesia :

1. Kekuasaan legislative merupakan kekuasaan untuk membuat atau membentuk undang-undang

2. Kekuasaan eksekutif merupakan kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pealnggaran undang-undang.

3. Kekuasaan yudikatif merupakan kekuasaan untuk mempertahankan undangundang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pelanggaran terhadap undang-undang

#semogamembantu

#folowrap121221

Jawaban

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Jelaskan jenis – jenis kekuasaan yang berlaku dalam penyelenggaraan negara di Republik Indonesia !

Jawaban:

  • Kekuasaan legislative merupakan kekuasaan untuk membuat atau membentuk undang-undang

  • Kekuasaan eksekutif merupakan kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pealnggaran undang-undang.

  • Kekuasaan yudikatif merupakan kekuasaan untuk mempertahankan undangundang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pelanggaran terhadap undang-undang.


Pembahasan
:

Setiap Negara pada dasarnya memiliki kekuasaan, tidak terkecuali Indonesia karena merupakan organisasi kekuasaan. Dengan kata lain, negara memiliki banyak sekali kekuasaan. Kekuasaan negara adalah kewenangan negara untuk mengatur seluruh rakyatnya untuk mencapai keadilan, kemakmuran, serta keteraturan.

Pembagian Kekuasaan yang ada Negara di Indonesia

1. Kekuasaan Horizontal

Kekuasaan secara horizontal adalah pembagian kekuasaan menurut fungsi lembaga-lembaga tertentu contohnya : legislatif, eksekutif dan yudikatif.


2. Kekuasaan Konstitutif

Kekuasaan konstitutif adalah kekuasaan untuk mengubah dan menetapkan UUD.

3. Kekuasaan eksekutif

Kekuasaan eksekutif adalah kekuasaan yang digunakan untuk menjalankan undang-undang dan penyelenggaraan pemerintahan Negara.

4. Kekuasaan legislative

Kekuasaan Legislatif adalah kekuasaan yang memiliki wewenang untuk membentuk/menyusun undang-undang.

5. Kekuasaan yudikatif

Kekuasaan yudikatif atau biasa disebut dengan kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan  yang berwewenang untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.


6. Kekuasaan eksaminatif/inspektif

Kekuasaan eksaminatif atau inspektif adalah kekuasaan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara.

7. Kekuasaan moneter


Kekuasaan moneter adalah kekuasaan untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter dan juga memelihara kestabilan nilai rupiah.

8. Kekuasaan vertikal


Kekuasaan secara vertikal yaitu pembagian kekuasaan yang diatur menurut tingkatnya yaitu pembagian kekuasaan menurut tingkatan yang ada di pemerintahan.

Penjelasan:

SEMOGA BERMAFAAT ^_^  ^_^  ^_^

Jikalau ada salah saya mohon maaf

             ^_^ ^_^ ^_^                    

Demikian pembahasan dari pertanyaan: Jelaskan jenis – jenis kekuasaan yang berlaku dalam penyelenggaraan negara di Republik Indonesia !. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog kami di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab tentang Jelaskan jenis – jenis kekuasaan yang berlaku dalam penyelenggaraan negara di Republik Indonesia !, semoga dengan postingan ini dapat membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini