Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua pembaca setia Matawanita, kali ini blog ini akan berbagi jawaban dari pertanyaan: Jelaskan bagaimana Anda akan membuat 1 L bufer CH3COONa 0,20 Ml CH3COOH 0,20 M dengan (a) mencampurk…. Buat sahabat setia yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita bersama simak rangkumannya. Di artikel ini ada sudut pandang yang berbeda atas jawaban mengenai pertanyaan itu. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana Anda akan membuat 1 L bufer CH3COONa 0,20 Ml CH3COOH 0,20 M dengan (a) mencampurkan larutan CH3COOH dengan larutan CH3COONa (b) mereaksikan larutan CH3COOH dengan larutan NaOH, dan (c) mereaksikan larutan CH3COONa dengan larutan HCl

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Jelaskan bagaimana Anda akan membuat 1 L bufer CH3COONa 0,20 Ml CH3COOH 0,20 M dengan (a) mencampurkan larutan CH3COOH dengan larutan CH3COONa (b) mereaksikan larutan CH3COOH dengan larutan NaOH, dan (c) mereaksikan larutan CH3COONa dengan larutan HCl

Membuat 1 L buffer CH3COOH 0.2 M + CH3COONa 0.2 M :

  • CH3COONa sebagai basa konjugasi dan CH3COOH sebagai asam lemah.
  • CH3COOH + NaOH ⇒ CH3COONa + H2O
  • CH3COONa + HCl ⇒ CH3COOH + NaCl

Pembahasan

Larutan penyangga adalah suatu sistem larutan yang dapat mempertahankan nilai pH larutan agar tidak terjadi perubahan pH yang berarti oleh karena penambahan asam atau basa maupun pengenceran. Larutan ini disebut juga dengan larutan buffer atau dapar.

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat berbagai reaksi kimia yang merupakan reaksi asam basa. Sebagai contoh, reaksi beberapa enzim pencernaan dalam sistem biologis. Enzim pepsin yang berfungsi memecah protein dalam lambung hanya dapat bekerja optimal dalam suasana asam, yakni pada sekitar pH 2. Dengan kata lain, jika enzim berada pada kondisi pH yang jauh berbeda dari pH optimal tersebut, maka enzim dapat menjadi tidak aktif bahkan rusak.

Larutan penyangga banyak digunakan dalam analisis kimia, biokimia dan mikrobiologi. Selain itu, dalam bidang industri, juga banyak digunakan pada proses seperti fotografi, electroplating (penyepuhan), pembuatan bir, penyamakan kulit, sintesis zat warna, sintesis obat-obatan, maupun penanganan limbah.

Larutan penyangga asam

Larutan buffer asam mempertahankan pH pada suasana asam (pH < 7). Larutan buffer asam terdiri dari komponen asam lemah (HA) dan basa konjugasinya (A−). Larutan seperti ini dapat diperoleh dengan:

  • mencampurkan asam lemah (HA) dengan garam basa konjugasinya (LA, yang dapat terionisasi menghasilkan ion A−)
  • mencampurkan suatu asam lemah dalam jumlah berlebih dengan suatu basa kuat sehingga bereaksi menghasilkan garam basa konjugasi dari asam lemah tersebut.

Contoh: larutan penyangga yang mengandung CH3COOH dan CH3COO−

Larutan penyangga basa

Larutan buffer basa mempertahankan pH pada suasana basa (pH > 7). Larutan buffer basa terdiri dari komponen basa lemah (B) dan basa konjugasinya (BH+). Larutan seperti ini dapat diperoleh dengan:

  • mencampurkan basa lemah (B) dengan garam asam konjugasinya (BHX, yang dapat terionisasi menghasilkan ion BH+)
  • mencampurkan suatu basa lemah dalam jumlah berlebih dengan suatu asam kuat sehingga bereaksi menghasilkan garam asam konjugasi dari basa lemah tersebut.

Contoh: larutan penyangga yang mengandung NH3 dan NH4+

Pelajari lebih lanjut

  • pH larutan buffer di link brainly.co.id/tugas/3809336
  • larutan penyangga asam di link brainly.co.id/tugas/14390774
  • larutan penyangga basa di link brainly.co.id/tugas/16082174

Detail tambahan

Kelas : XI SMA

Mapel : Kimia

Materi : Larutan Buffer

Kode : 11.7.8

Kata Kunci : larutan buffer, pH, larutan penyangga asam, larutan penyangga basa

Demikian beberapa jawaban dari pertanyaan: Jelaskan bagaimana Anda akan membuat 1 L bufer CH3COONa 0,20 Ml CH3COOH 0,20 M dengan (a) mencampurk…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai Jelaskan bagaimana Anda akan membuat 1 L bufer CH3COONa 0,20 Ml CH3COOH 0,20 M dengan (a) mencampurk…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini