Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua pembaca setia Matawanita, kali ini blog Matawanita akan membahas jawaban atas pertanyaan: Jamur penisilin multatuli mengeluarkan zat antibiotik penisilin yang bersifat alelopat sehingga tida…. Buat sahabat setia yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita simak pembahasannya. Di artikel ini ada beberapa jawaban tentang pertanyaan ini. Silakan menelusuri lebih jauh.

Pertanyaan

Jamur penisilin multatuli mengeluarkan zat antibiotik penisilin yang bersifat alelopat sehingga tidak ada jamur lain yang dapat hidup dan tumbuh di sekitarnya merupakan bentuk interaksi apa

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Jamur penisilin multatuli mengeluarkan zat antibiotik penisilin yang bersifat alelopat sehingga tidak ada jamur lain yang dapat hidup dan tumbuh di sekitarnya merupakan bentuk interaksi apa

Jamur penisilin multatuli dengan lingkungannya merupakan bentuk interaksi antibiosis. Antibiosis adalah interaksi organisme yang menghambat pertumbuhan organisme lain. Contoh lainnya adalah pohon kamboja yang menghambat pertumbuhan tanaman sekitar.

Pembahasan

Interaksi merupakan hubungan antar dua komponen yang bisa saja saling menguntungkan, merugikan ataupun tidak keduanya. Interaksi dapat terjadi antara komponen hidup (biotik) dengan komponen biotik dan komponen biotik dengan komponen abiotik (benda mati)

Berikut ini macam-macam interaksi beserta contohnya adalah sebagai berikut:

Berikut ini penjelasannya masing-masing:

A. Simbiosis

Simbiosis merupakan interaksi antar organisme yang hidup berdampingan. Terdapat beberapa bentuk simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme, amensalisme, dan parasitisme.

1. Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan interaksi antara dua organisme yang saling menguntungkan. Simbiosis mutualisme disebut juga simbiosis obligat. Contohnya interaksi antara ganggang dengan jamur yang membentuk lumut kerak. Jamur menyediakan tempat yang lembab bagi ganggang, sedangkan ganggang menyediakan makanan hasil fotosintesis untuk jamur.

2. Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan interaksi antar organisme yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lainnya. Contohnya adalah hubungan antara tumbuhan paku dengan pohon mangga. Tumbuhan paku menempel pada pohon mangga sebagai tempat hidup, tetapi tidak merugikan pohon mangga yang ditempelinya.

3. Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisme merupakan interaksi antar organisme yang memberikan keuntungan salah satu pihak dan merugikan pihak lainnya. Pihak yang diuntungkan dinamakan parasit, sedangkan pihak yang dirugikan dinamakan inang atau hospes. Contohnya adalah interaksi antara pohon jambu dengan benalu. Benalu mengambil unsur hara dari pohon jambu, sedangkan pohon jambu dirugikan karena unsur hara diambil oleh benalu.

B. Kompetisi

Kompetisi merupakan bentuk interaksi antar organisme yang dapat merugikan kedua belah pihak. Kompetisi terjadi pada individu-individu yang berada pada satu komunitas atau habitat. Kompetisi terjadi dalam hal perebutan sumber makanan, habitat, maupun pasangan. Apabila sumber makanan tidak sebanding dengan jumlah individu yang menempati wilayah tersebut, maka kompetisi semakin besar. Begitupun dengan wilayah yang sempit juga akan memperbesar tingkat kompetisi antar individu dalam mempertahankan habitatnya. Tidak seimbangnya perbandingan antara individu jantan dan betina dapat memicu terjadinya kompetisi, karena kepentingan biologis setiap organisme dan juga pentingnya mempertahankan jenis atau reproduksi.

C. Predasi

Predasi merupakan bentuk interaksi antar organisme yang salah satu berperan sebagai pemangsa (predator) dan yang lainnya sebagai mangsa (pre). Predasi dapat dilihat pada rantai makanan maupun jaring-jaring makanan yaitu peristiwa makan dan dimakan antara konsumen I dan konsumen II, konsumen II dan konsumen III, dan seterusnya.

D. Antibiosis

Jenis interaksi ini merupakan hubungan organisme yang menghambat pertumbuhan organisme lainnya. Interaksu ini merupakan cara untuk melindungi diri dari ancaman dari organisme maupun populasi lain. Misalnya dengan menghasilkan senyawa asam, racun, maupun antibiotik. Contohnya adalah jamur Penicilium menghasilkan senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Pohon kamboja menghasilkan senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman lain yang ada disekitarnya.

E. Netralisme

Netralisme adalah interaksi makhluk hidup yang tidak saling mempengaruhi satu sama lain. Contohnya adalah sapu dengan kupu-kupu.

Pelajari lebih lanjut

1. simbiosis parasitisme: brainly.co.id/tugas/14228669

2. macam-macam interaksi makhlukhidup: brainly.co.id/tugas/14626754

3. contoh simbiosis komensalisme: brainly.co.id/tugas/6105024

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Biologi

Bab: Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kode: 7.4.8

Kata kunci: interaksi makhluk hidup, antibiosis

Demikian beberapa jawaban dari pertanyaan: Jamur penisilin multatuli mengeluarkan zat antibiotik penisilin yang bersifat alelopat sehingga tida…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Demikian tanya-jawab mengenai Jamur penisilin multatuli mengeluarkan zat antibiotik penisilin yang bersifat alelopat sehingga tida…, semoga dengan postingan ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini