Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sahabat setia Matawanita, kali ini admin Matawanita akan berbagi jawaban atas pertanyaan: Dalam novel student hidjoo tuliskan contoh kritikkan dan pujian. Buat sahabat yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita bersama lihat pembahasannya. Di artikel ini ada sudut pandang yang berbeda atas jawaban tentang pertanyaan itu. Silakan menelusuri lebih lanjut.

Pertanyaan

Dalam novel student hidjoo tuliskan contoh kritikkan dan pujian

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Dalam novel student hidjoo tuliskan contoh kritikkan dan pujian

Jawaban:

Pujian dalam novel Student Hidjo adalah “Namun terlepas dari hal tersebut, upaya untuk memperkenalkan salah satu karya yang tidak hanya menarik. Akan tetapi, terasa begitu radikal pada zamannya dan patut dihargai. Sebagai pengarang, Marco Kartodikromo sangat pantas mendapat tempatdalam kanon kesastraan sebagai salah satu pendobrak dengan beberapa karya lainnya seperi “Matahariah” dan “Mata Gelap”.”

Penjelasan:

Kritikan dalam novel Student Hidjo adalah

“Dua buku dengan versi berbeda diterbitkan tahun 2000 berdasarkan naskah lama Student Hidjo. Namun sayang, penyesuaian ejaan maupun bahasa mengurangi cita rasa klasik roman Student Hidjo. Perubahan terparah dilakukan Penerbit Bentang Budaya sedemikian rupa hingga mendekati pemerkosaan naskah. Secara dokumentasi kedua versi tidak bisa digunakan sebagai buku sumber, source book. Bentang Budaya merusak gaya Mas Marco karena bahasa Hindia Belanda kala itu diusahakan sesuai dengan bahasa Indonesia terkini.

Sebagai salah satu contoh, dialog berikut cukup menjelaskan persoalan tersebut. Di naskah asli tertulis: …”Meneer Djepris,” kata Controleur kepada Sergeant jang hendak masoek sekolah Militair itoe, waktoe dia maki-maki kepada Djongos kapal orang Djawa, lantaran Djongos itoe koerang tjepat melajani permintaannja itoe DJEPRIS (hlm-111). Bentang Budaya mengubah menjadi: “Meneer Djepris!” kata Controleur kepada Sergeant yang hendak sekolah militer itu sewaktu dia sedang memaki-maki kepada orang Jawa yang menjadi jongos kapal, lantaran jongos itu kurang cepat melayaninya. (hlm 142-143).”

Pelajari lebih lanjut kritik utama penulis tentang novel student hidjo terbitan baru pada https://brainly.co.id/tugas/18098774

#BelajarBersamaBrainly

Nah itu dia pembahasan dari pertanyaan: Dalam novel student hidjoo tuliskan contoh kritikkan dan pujian. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai Dalam novel student hidjoo tuliskan contoh kritikkan dan pujian, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini