Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sobat matawanita.com, pada kesempatan ini blog ini akan mencoba merangkum jawaban dari pertanyaan: ciri khas jamur yang tampak dan dapat digunakan untuk membedakan dengan organisme lain di sekitarnya…. Buat sahabat yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya boleh melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita bersama simak rangkumannya. Di artikel ini ada sudut pandang yang berbeda atas jawaban tentang pertanyaan itu. Silakan menelusuri lebih lanjut.

Pertanyaan

ciri khas jamur yang tampak dan dapat digunakan untuk membedakan dengan organisme lain di sekitarnya adalah ​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: ciri khas jamur yang tampak dan dapat digunakan untuk membedakan dengan organisme lain di sekitarnya adalah ​

Jamur adalah organisme eukariotik karena sel penyusunnya telah memiliki membran inti.  Sebagian besar anggota kingdom Fungi hidup secara saprofit, mendapatkan makanan dari makhluk hidup yang telah mati atau bahan organik yang membusuk.

Pembahasan

Ciri-ciri yang dimiliki jamur adalah

  1. Sel penyusun jamur telah memiliki membran inti.
  2. Sel jamur memiliki dinding sel dari bahan kitin (chitine) yang merupakan polimer karbohidrat mengandung nitrogen.
  3. Jamur merupakan organisme bersel banyak (multiseluler), tetapi ada juga yang bersel tunggal (uniseluler).
  4. Tubuh jamur multiseluler terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa. Kumpulan hifa jamur membentuk anyaman yang disebut miselium.
  5. Bentuk jamur mirip dengan tumbuhan, tetapi jamur tidak memiliki daun dan akar sejati.
  6. Jamur tidak memiliki klorofil sehingga tidak mampu berfotosintesis. Sehingga jamur termasuk ke dalam organisme heterotrop, yaitu organisme yang cara memperoleh makanannya dengan mengabsorbsi nutrisi dari lingkungannya atau substratnya.
  7. Jamur ada yang hidup sebagai parasit, saprofit, dan ada juga yang bersimbiosis dengan organisme lain secara mutualisme.
  8. Jamur dapat berkembang biak secara aseksual dan seksual, tetapi didominasi secara seksual.

Jadi, ciri khas jamur yang tampak dan dapat digunakan untuk membedakan dengan organisme lain di sekitarnya adalah tubuh jamur yang terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa.

Pelajari lebih lanjut

Enam filum dari jamur, dapat dilihat di: https://brainly.co.id/tugas/7432341

————————–

Detil tambahan

Kelas: X

Mapel: Biologi

Bab: Kingdom Protista dan Kingdom Fungi (bab 3)

Kode: 10.4.3

Kata kunci: ciri jamur, ciri jamur yang tidak dimiliki tumbuhan dan hewan

Nah itu dia pembahasan dari pertanyaan: ciri khas jamur yang tampak dan dapat digunakan untuk membedakan dengan organisme lain di sekitarnya…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab tentang ciri khas jamur yang tampak dan dapat digunakan untuk membedakan dengan organisme lain di sekitarnya…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini