Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sobat Matawanita, kali ini blog ini akan membahas jawaban dari pertanyaan: berikut ini yang dapat kita temukan dalam sebuah peta Kecuali Kecuali​. Buat sobat yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya silahkan melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita bersama simak pembahasannya. Disini ada beberapa jawaban tentang pertanyaan yang satu ini. Silakan menelusuri lebih jauh.

Pertanyaan

berikut ini yang dapat kita temukan dalam sebuah peta Kecuali Kecuali​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: berikut ini yang dapat kita temukan dalam sebuah peta Kecuali Kecuali​

Jawaban:

Unsur unsur peta

a. Judul peta

Judul peta menunjukkan nama peta. Judul peta ditulis di bagian atas dengan huruf yang menonjol. Misalnya, PETA JAWA BARAT, PETA KALIMANTAN, PETA INDONESIA, dan sebagainya. Apa judul peta dalam Kegiatan 1 di atas?

b. Garis tepi peta

Garis tepi peta adalah batas-batas pinggir gambar peta. Fungsi garis tepi untuk menulis angka-angka derajat astronomis.

c. Legenda

Legenda adalah keterangan-keterangan yang menjelaskan simbol- simbol pada peta. Biasanya legenda terletak di bagian bawah sebelah kiri ataupun kanan. Sedangkan simbol ialah gambar yang digunakan untuk mewakili objek-objek dalam peta. Misalnya simbol untuk danau, sungai, jalan, rel kereta, ibukota provinsi, batas kabupaten, dan sebagainya. Pemakai peta bisa melihat keadaan suatu wilayah. Simbol-simbol peta berbentuk warna, garis, dan gambar.

1. Warna

Arti warna-warna dalam peta sebagai berikut.

– Warna hijau menunjukkan dataran rendah.

– Warna kuning menunjukkan dataran tinggi.

– Warna cokelat menunjukkan daerah pegunungan.

– Warna putih menunjukkan puncak pegunungan yang tertutup salju.

– Warna biru menunjukkan daerah perairan (laut, sungai, danau). Warna biru untuk laut, dibedakan ketajamannya. Gunanya untuk menunjukkan kedalaman laut. Warna biru tua untuk laut dalam dan biru muda untuk laut dangkal.

2. Garis

Arti simbol-simbol garis pada peta sebagai berikut.

3. Gambar

Ada banyak gambar simbol dalam peta.

d. Skala

Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang sesungguhnya. Sebuah peta selalu dibuat jauh lebih kecil dari keadaan yang sebenarnya. Akan tetapi, letak, jarak, dan arahnya seperti keadaan yang sebenarnya.

Ada dua macam jenis skala, yaitu skala angka dan skala garis.

1. Skala angka (skala numerik)

Skala angka disebut juga skala perbandingan. Skala biasanya ditulis di bagian bawah. Misalnya dalam sebuah peta kita menemukan Skala 1:10.000 (dibaca 1 berbanding 10.000). Ini berarti bahwa jarak 1 cm pada peta sama dengan 10.000 cm di permukaan bumi. Atau 1 cm pada peta sama dengan 100 m atau 0,1 km jarak yang sebenarnya.

Misalnya, jarak antara kota A ke kota B di peta adalah 5 cm. Ini berarti jarak yang sebenarnya dari kota A ke kota B adalah 5 cm X 10.000 cm = 50.000 cm. Kalau dinyatakan dalam meter berarti 500 meter. Kalau dinyatakan dalam kilometer berarti 0,5 km.

2. Skala garis

Skala ini ditunjukkan oleh garis lurus yang dibagi dalam bagianbagian yang sama. Panjang masing-masing ruas = 1 cm.

Skala garis di atas berarti bahwa 1 cm di peta sama dengan 1 km di tempat sebenarnya.

Bagaimana mengubah skala angka menjadi skala garis? Mari kita belajar dari contoh berikut. Misalnya dalam sebuah peta tertulis skala angka 1 : 5.000.000. Kamu tahu ini berarti 1 cm pada peta sama dengan 5.000.000 cm pada jarak yang sebenarnya (di muka bumi). Atau, 1 cm pada peta sama dengan 50 km pada jarak sesungguhnya.

Nah itu dia pembahasan atas pertanyaan: berikut ini yang dapat kita temukan dalam sebuah peta Kecuali Kecuali​. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai berikut ini yang dapat kita temukan dalam sebuah peta Kecuali Kecuali​, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini