Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua pembaca matawanita.com, kali ini admin Matawanita akan mencoba merangkum jawaban atas pertanyaan: bagaimana seharusnya dalam memahami suatu ilmu menurut imam abu Hanifah​. Buat pembaca yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya silahkan mencari di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita bersama simak pembahasannya. Di artikel ini ada sudut pandang yang berbeda atas jawaban tentang pertanyaan yang satu ini. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

bagaimana seharusnya dalam memahami suatu ilmu menurut imam abu Hanifah​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: bagaimana seharusnya dalam memahami suatu ilmu menurut imam abu Hanifah​

Imam Abu Hanifah adalah ulama besar pada masa tabi’in (generasi setelah sahabat Rasulullah Saw). Pendiri Madzhab Hanafi ini memiliki nama lengkap Abu Hanifah Nu’man bin Tsabit bin Zautha. Imam Abu Hanifah dilahirkan di kota Kufah pada 699 M dari keluarga pebisnis kaya yang taat. Maka tidak heran jika Imam Abu Hanifah juga menjadi pebisnis yang mengikuti darah ayahnya. Kakeknya masuk Islam pada zaman Umar bin Khattab lalu hijrah ke Kufah dan menetap di sana.

Imam Al-Dzahabi berkata, “Dia seorang Imam, faqihul millah (ahli fiqihnya millah ini), ulamanya Iraq, Abu Hanifah Nu’man bin tsabit bin Zautha, At-Taimi, Al-Kufi, Maula Bani Tayyimullah bin Tsa’labah. Disebutkan juga bahwa beliau keturunan Persia.”

Syaikh Al-Taqi Al-Ghazi berkata, “Dialah imamnya para imam, penerang bagi umat, lautan ilmu dan keutamaan, ulamanya Iraq, ahli fiqih dunia seluruhnya, orang setelahnya menjadi lemah di hadapannya, dan yang semasanya, belum pernah mata melihat yang semisalnya, belum ada seorang mujtahid mencapai derajat seperti kesempurnaan dirinya.

Memahami ilmu dalam belajar hukumnya ‘Wajib’ dan menurut imam abu Hanifah.untuk memahami ilmu dengan matang dan benar yaitu dengan memahami pokok pokok ilmu tersebut dengan benar,tidak gegabah saat memahaminya,bersabar dalam belajar

Nah itu dia pembahasan atas pertanyaan: bagaimana seharusnya dalam memahami suatu ilmu menurut imam abu Hanifah​. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai bagaimana seharusnya dalam memahami suatu ilmu menurut imam abu Hanifah​, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini