Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sobat blog Matawanita, kali ini kami akan berbagi jawaban dari pertanyaan: Apa yang terjadi bila manusia tidak menggunakan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi?. Buat sahabat yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita lihat pembahasannya. Disini ada beberapa jawaban tentang pertanyaan ini. Silakan menelusuri lebih lanjut.

Pertanyaan

Apa yang terjadi bila manusia tidak menggunakan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi?

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Apa yang terjadi bila manusia tidak menggunakan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi?

manusia akan ketinggalan jaman dan penghasilan tidak meningkat
maaf jikan salah

Jawaban

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Apa yang terjadi bila manusia tidak menggunakan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi?

Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia”
Pengertian teknologi secara umum adalah:
· proses yang meningkatkan nilai tambah
· produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
· Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu . Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia. 
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.
Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia

Demikian jawaban dari pertanyaan: Apa yang terjadi bila manusia tidak menggunakan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi?. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai Apa yang terjadi bila manusia tidak menggunakan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi?, semoga dengan rangkuman pembahasan dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini