Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sobat matawanita.com, kali ini admin akan mencoba merangkum jawaban atas pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan sains mengapa biologi merupakan bagian dari sains. Buat sobat yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya silahkan melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita bersama simak rangkumannya. Disini ada beberapa jawaban tentang pertanyaan tersebut. Silakan menelaah lebih jauh.

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan sains mengapa biologi merupakan bagian dari sains

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan sains mengapa biologi merupakan bagian dari sains

Sains  berasal dari bahasa latin yaitu “scientia” yang artinya pengetahuan. Jadi definisi sains ialah suatu cara untuk mempelajari berbagai aspek-aspek tertentu dari alam secara terorganisir, sistematik & melalui berbagai metode saintifik yang terbakukan. Biologi berasal dari dua kata yaitu kata bios yang artinya hidup dan logos yang artinya ilmu. Biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup dengan segala permasalahannya. Inilah alasan mengapa biologi tergolong ke dalam sains.

Pembahasan:

Ruang Lingkup Sains

Ruang lingkup sains terbatas pada berbagai hal yang dapat dipahami oleh indera (penglihatan, sentuhan, pendengaran, rabaan & pengecapan). Dengan kata lain, sains dipelajari dengan melalui pembuktian.

Definisi sains seperti yang telah dijelaskan di atas disebut dengan sains murni, untuk dapat membedakannya dengan sains terapan, yang merupakan aplikasi dari sains yang ditujukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Ilmu sains pada di klasifikasikan menjadi 2 (dua), diantaranya yaitu : Natural sains (ilmu pengetahuan Alam) dan Sosial sains (ilmu pengetahuan sosial).

Pengertian Biologi sebagai Sains

Biologi berasal dari dua kata yaitu kata bios yang artinya hidup dan logos yang artinya ilmu. Biologi merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahannya. Sebagai sains, biologi terlahir dan berkembang melalui pengataman dan eksperimen yang merupakan langkah-langkah dalam kerja ilmiah. Teknologi juga berperan sangat penting dalam perkembangan keilmuan biologi. Perkembangan biologi dapat dilihat dari banyaknya objek yang diamati serta semakin banyaknya permasalahan yang perlu ditinjau menggunakan eksperimen / percobaan.

Karakteristik Biologi

Biologi dikatakan sebagai ilmu karena memiliki objek yang jelas, menggunakan metode ilmiah, menggunakan langkah-langkah sistematis, dan menggunakan cara berpikir logis. Berikut ini adalah penjelasan mengenai karakteristik biologi.

1. Memiliki objek yang jelas

Karakteristik biologi adalah memiliki objek yang jelas untuk dipelajari (dalam hal ini yaitu mahluk hidup). Objek dalam kajian biologi berupa benda konkret dan dapat ditangkap dengan indera.

2. Menggunakan metode ilmiah

Karakteristik biologi adalah dalam mempelajari obyek kajian biologi menggunakan metode ilmiah untuk menemukan kebenaran. Sebelum materi biologi dipublikasikan atau disebarluaskan, perlu adanya langkah-langkah metode ilmiah yang diawali dengan identifikasi masalah, perumusan masalah, perumusan hipotesis, rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, analisis, kesimpulan, dan pelaporan atau publikasi. Biologi harus berpatokan pada metode ilmiah yang ditetapkan (bersifat sains), dimana setiap teori dari materi belajar biologi harus melalui eksperimen. Kesimpulan yang diperoleh merupakan hasil yang sesuai dengan fakta yang didapatkan.

3. Menggunakan langkah-langkah sistematis

Karakteristik biologi tersusun mulai yang sederhana menuju yang lebih kompleks, dengan kata lain tersusun secara sistematis. Dalam biologi disajikan konsep sel, jaringan, organ, sistem organ dan individu yang menunjukkan adanya hierarki hubungan yang saling memperkuat objek kajian. Susunan hierarki tersebut merupakan langkah-langkah sistematis.

4. Menggunakan cara berpikir logis

Karakteristik biologi yaitu dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris (pengalaman nyata). Dimana suatu kajian atau teori didukung dengan fakta dan pembahasan yang logis (masuk akal). Pembelajaran biologi menggunakan cara berfikir logis yang bersifat deduktif. Bersifat deduktif artinya berfikir dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang umum menjadi ketentuan khusus. Hasilnya bersifat obyektif atau apa adanya, terhindar dari kepentingan pelaku (subyektif).

Makhluk hidup mempunyai struktur yang sangat terorganisir. Struktur kehidupan tersusun mulai dari yang paling sederhana, yaitu molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, hingga yang paling luas dan kompleks yaitu bioma. Oleh karena itu, kajian terhadap makhluk hidup dilakukan secara hierarkis, mulai dari tingkat molekul hingga tingkat bioma.

Kawasan kajian dalam biologi meliputi 9 tema permasalahan, yaitu:

  • Biologi (sains) sebagai proses inkuiri (penyelidikan).
  • Sejarah konsep biologi.
  • Evolusi.
  • Keanekaragaman dan keseragaman.
  • Genetika dan kelangsungan hidup.
  • Organisme dan lingkungan.
  • Perilaku.
  • Struktur dan Fungsi.
  • Regulasi.

Pelajari Lebih Lanjut :

Materi tentang metode ilmiah https://brainly.co.id/tugas/20007302

Detail Jawaban :

Kelas : X

Mapel : Biologi

Bab  : Ruang Lingkup Biologi

Kode : 10.4.1

Kata Kunci: Biologi, Metode ilmiah, Logis, Sistematis

Demikian pembahasan dari pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan sains mengapa biologi merupakan bagian dari sains. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share matawanita.com di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab tentang Apa yang dimaksud dengan sains mengapa biologi merupakan bagian dari sains, semoga dengan kumpulan jawaban ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini