Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua pembaca setia Matawanita, pada kesempatan ini postingan ini akan berbagi jawaban atas pertanyaan: apa perbedaan khutbah tabligh dan dakwah. Buat sahabat yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya boleh mencari di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita lihat rangkumannya. Di artikel ini ada beberapa pilihan jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan ini. Silakan menelusuri lebih jauh.

Pertanyaan

apa perbedaan khutbah tabligh dan dakwah

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: apa perbedaan khutbah tabligh dan dakwah

a. Khotbah
Khotbah adalah berpidato pada rangkaian shalat Jumat yang berisi menyampaikan pesan tentang bertakwa kepada Allah SWT. Dengan syarat-syarat tertentu.
b. Tablig
Menuruy bahasa Arab tablig berarti menyampaikan. Menurut istilah arinya menyampaikan perintah dan larangan Allah SWT. sebagai ajaran agama agar manusoa beriman kepadanya. Orang yang memiliki keahlian bertablig disebut muballig. Berikut adalah salah satu hadist yang membahas tentang tablig :
“Sampaikanlah dariku walau satu ayat”(HR Bukhari)

c. Dakwah
Dakwah dalam bahasa Arab berarti mngajak atau menyeru. Menurut istilah dakwah merupakan mengajak manusia untuk mengikuti kebenaran berdasarkan Al Quran dan hadist sebagai sumber ajaran Islam agar manusia mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Berikut adalah salah satu hadist yang membahas dakwa :
“Barang siapa yang mengajak orang ke jalan baik, maka akan mendapatkan pahala sebanyak pahala orang yang mengikutinya.” (HR Muslim).

Nah itu dia jawaban atas pertanyaan: apa perbedaan khutbah tabligh dan dakwah. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab tentang apa perbedaan khutbah tabligh dan dakwah, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini