Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sahabat setia Matawanita, kali ini kami akan membahas jawaban dari pertanyaan: 2. Jelaskan perbedaan sel prokariotik dengan eukariotik! Jawab: … 3. Sebutkan organel yang tedapat…. Buat pembaca yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya silahkan lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita bersama lihat rangkumannya. Di halaman ini ada beberapa alternatif jawaban mengenai pertanyaan ini. Silakan baca lebih jauh.

Pertanyaan

2.
Jelaskan perbedaan sel prokariotik dengan eukariotik!
Jawab: …
3.
Sebutkan organel yang tedapat pada sitoplasma!
Jawab: ..
4.
Tuliskan urutan organisasi kehidupan!
Jawab: ….
5. Jelaskan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan?
Jawab: …..​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: 2.
Jelaskan perbedaan sel prokariotik dengan eukariotik!
Jawab: …
3.
Sebutkan organel yang tedapat pada sitoplasma!
Jawab: ..
4.
Tuliskan urutan organisasi kehidupan!
Jawab: ….
5. Jelaskan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan?
Jawab: …..​

Jawaban:

2. Sel Prokariotik tidak memiliki inti dan membran inti sel. Sedangkan Sel Eukariotik memiliki inti sel.

3. Bagian Sel yang terdapat pada Sitoplasma : Di dalam sitoplasma terdapat beberapa organel penting yang harus dijaga keamanannya, yaitu reticulum endoplasma, ribosom, apparatus golgi, mitokondria, lisosom, dan periksisom.

4. Urutan organisasi kehidupan dimulai dari Molekul, Organel, Sel, Jaringan, Organ, Organisme, Populasi, Komunitas, Ekosistem, Bioma dan Biosfer.

5. Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan :

1. Bentuk

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang pertama dilihat dari segi bentuknya. Sel tumbuhan memiliki bentuk yang tetap, sedangkan sel hewan tidak memiliki bentuk yang tetap. Sel pada hewan beda dengan sel lainnya karena tidak memiliki dinding sel sehingga dapat bermacam-macam bentuknya.

Selain itu, pada sel tumbuhan mempunyai bentuk yang lebih kuat dan keras, dan tentunya sangat berbeda dengan sel hewan.

2. Ukuran

Selanjutnya, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan ada pada ukurannya. Pada sel tumbuhan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan sel hewan. Sel tumbuhan memiliki bentuk yang lebih besar karena pada sel tumbuhan terdapat dinding sel sedangkan sel hewan tidak.

Tak hanya itu, vakuola yang terdapat pada sel tumbuhan jauh lebih besar ketimbang sel hewan. Hal tersebut yang membuat ukuran sel tumbuhan lebih besar daripada sel hewan.

3. Sitokinesis Sel

Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang terakhir, dibedakan karena adanya sitokinesis sel yang merupakan satu di antara bagian dari proses pembelahan sel.

Pada sel tumbuhan sintokinesis sel akan membentuk lempeng mitosis. Sedangkan pada sel hewan akan membentuk furrowing. Biasanya, pembelahan pada sel tumbuhan secara mitosis akan diikuti oleh sitokinesis dan sitoplasma.

4. Sentriol

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang selanjutnya bisa dilihat dari segi sentriol. Sel hewan memiliki sentriol, tetapi sel tumbuhan tidak punya.

Sentriol memiliki peran penting, yaitu sebagai pengatur pembelahan sel hewan. Sentriol juga memiliki fungsi sebagai pemisah kromosan ketika pembelahan terjadi.

5. Vakuola

Vakuola merupakan organ sel penting berupa rongga berisi cairan yang bisa ditemukan dalam sel hewan dan sel tumbuhan.

6. Plastida

Plastida terdapat dalam tumbuhan dan menjadi tempat fotosintesis. Plastida merupakan organel yang membrannya berupa butir-butir dan plastida juga mengandung pigmen.

7. Pembentukan Spindle

Sel hewan dan sel tumbuhan dapat dibedakan melalui pembentukan spindle. Spindle memiliki fungsi sebagai penggerak kromosom pada saat pembelahan sel, yang memiliki bentuk seperti benang.

Sel tumbuhan terbentuk secara anastral, yang pembentukannya tanpa adanya aster di kutub yang berlawanan. Sedangkan sel hewan terbentuk karena adanya amphiastral, yang pembentukannya menggunakan aster atau ester pada setiap kutub.

8. Lisosom

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dibedakan melalui lisosom. Lisosom adalah organel sel dengan bentuk kantong, yang memiliki fungsi sebagai sistem pencernaan intrasel.

Nah itu dia beberapa jawaban atas pertanyaan: 2. Jelaskan perbedaan sel prokariotik dengan eukariotik! Jawab: … 3. Sebutkan organel yang tedapat…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab tentang 2. Jelaskan perbedaan sel prokariotik dengan eukariotik! Jawab: … 3. Sebutkan organel yang tedapat…, semoga dengan jawaban bisa membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini